Internasional

Astronom Temukan Lubang Hitam yang Sangat Rakus

newsCO.com.au | Dr Christian Wolf explains how looking at the black ... newsCO.com.au newsCO.com.au | Dr Christian Wolf explains how looking at the black hole is looking back in time

newsCO.com.au | Dr Christian Wolf explains how looking at the black … newsCO.com.au newsCO.com.au | Dr Christian Wolf explains how looking at the black hole is looking back in time

Para astronom saat ini tengah mengamati satu lubang hitam yang tumbuh sangat cepat dari yang perah mereka lihat selama ini. Nafsu makannya yang luar biasa membuatnya bersinar dalam skala yang hampir tak terbayangkan. Lubang hitam adalah objek paling gelap di alam semesta. Tarikan gravitasinya dapat menghisap semua benda langit di sekitarnya, termasuk planet dan cahaya.

“Lubang hitam ini tumbuh sangat cepat sehingga bersinar ribuan kali lebih terang daripada seluruh galaksi, karena semua gas yang disedot setiap hari yang menyebabkan banyak gesekan dan panas,” kata Christian Wolf, dari Australian National University Research, Sekolah Astronomi dan Astrofisika, dalam siaran pers Selasa (15/5/2018).

“Jika monster ini duduk di pusat galaksi Bima Sakti kita, dia akan muncul 10 kali lebih terang dari bulan purnama,” kata Wolf. “Dia akan muncul sebagai bintang pin-point yang sangat terang yang hampir akan membasuh semua bintang di langit.”

Postcomended   Langit Bandung Segera "Dihiasi" Cable Car

Wolf memperkirakan, ukuran lubang hitam ini 20 miliar matahari dan mampu menghisap massa sama dengan matahari kita setiap beberapa hari. Pada tingkat itu, dia akan tumbuh 1 persen setiap sejuta tahun.

Lubang hitam supermasif seperti ini, juga disebut quasar, sebenarnya dapat memancarkan energi. Dalam kasus kekosongan “ultra-cahaya” yang baru ditemukan ini, yang memiliki nama SMSS J215728.21-360215.1 yang luar biasa berat, ia mengeluarkan sinar ultraviolet dan radiasi sinar X.

“Jika monster ini berada di pusat Bima Sakti, dia akan membuat kehidupan di Bumi menjadi tidak mungkin dengan sejumlah besar sinar-X yang memancar darinya,” kata Wolf.

Scientists discover fastest-growing black hole of the universe - The ... The Financial Express black hole, fastest grwoing black hole, universe, galaxy, skymapper telescope,

Scientists discover fastest-growing black hole of the universe – The … The Financial Express black hole, fastest grwoing black hole, universe, galaxy, skymapper telescope,

Perlu diingat bahwa pusat Bima Sakti berjarak sekitar 26.000 tahun cahaya dari Bumi. Jadi jika Wolf benar, lubang hitam gila ini mengirimkan sejumlah radiasi sterilisasi yang hampir tidak dapat dimengerti yang pada dasarnya menjadikan seluruh sudut kosmos tidak ramah bagi kehidupan seperti yang kita ketahui.

Postcomended   Studi: Resep Antibiotik Penderita Infeksi Sinus Terlalu Lama, dan Ini Berbahaya

Untungnya, Wolf menunjukkan, lubang hitam yang sangat besar dan berkembang pesat itu tampaknya pbyek yang sangat langka. Dan yang satu ini berjarak 12 miliar tahun cahaya dan berasal dari hari-hari awal alam semesta tercipta.

Makalah oleh Wolf dan timnya tentang penemuan ini akan dipublikasikan dalam Publikasi Masyarakat Astronomi Australia.

Postcomended   Taman Nasional Kaziranga Laporkan Kenaikan Populasi Badak Cula Satu

“Kami tidak tahu bagaimana lubang hitam ini tumbuh begitu besar, sangat cepat pada hari-hari awal alam semesta,” kata Wolf. Dia mengatakan, perburuan terus berlangsung untuk menemukan lubang hitam yang tumbuh lebih cepat.(***/CNET)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top