Sistem Autonomous Gagal Deteksi, Pengemudi Tesla Ini Tewas ... OtoDriver400 × 289Search by image Sistem Autonomous Gagal Deteksi, Pengemudi Tesla Ini Tewas Menabrak Traktor!

Sistem Autonomous Gagal Deteksi, Pengemudi Tesla Ini Tewas … OtoDriver400 × 289Search by image Sistem Autonomous Gagal Deteksi, Pengemudi Tesla Ini Tewas Menabrak Traktor!

Seorang pria dilaporkan tewas setelah mengaktifkan model autopilot pada mobil Tesla yg dikendarainya. Mungkinkah fitur autopilot tidak pernah bisa aman diaplikasikan di jalan raya terlebih untuk mobil berkecepatan tinggi? Boss produsen Tesla toh selalu mewanti-wanti bahwa saat fitur autopilot diaktifkan, pengemudi harus tetap memegang kendali.

Saat mengendarainya Mei silam, Joshua Brown (40), dikabarkan memasang mobil dari perusahaan Elon Musk ini dalam mode self-driving alias otonomos.

Mobil Tesla S yang dikendarai Brown bertabrakan dengan truk trailer di satu ruas jalan di Florida. Bukannya terhenti, mobil tersebut malah akhirnya menabrak tiang dan menewaskan Brown.

Postcomended   6 Hutan Terangker di Indonesia yang Cerita Bikin Merinding

Dikutip dari laman The Independent, Rabu (5/7/2017), NHTSA, lembaga keselamatan lalu lintas jalan raya Amerika Serikat (AS), telah memulai investigasi terhadap sistem autopilot yang digunakan pada 25 ribu unit mobil Tesla S.

Pihak Tesla berdalih, saat autopilot aktif, ada pemberitahuan bahwa autopilot merupakan sebuah fitur yang mengharuskan pengguna tetap memegang kemudi.

Mobil listrik Tesla S, masuk Indonesia pada Februari 2015. Sumber daya listriknya merupakan baterai Lithium ion berkapasitas 85 KWH yang mampu menjelajah hingga 400 km. Waktu pengisian yang dibutuhkan agar baterai kembali penuh dari kondisi habis adalah sekitar 8 jam.

Sedan premium empat pintu berkapasitas lima penumpang ini memiliki tingkat keamanan bintang lima di segala aspek crash test dari NHTSA.

Ada tiga varian Tesla  S yang dipasarkan di Indonesia. Salah duanya adalah Tesla S tipe S P100D yang dibandrol dengan harga Rp 4.4 Miliar, dan Tesla S tipe P 60D dihargai Rp 2.2 miliar. Keduanya off the road.

Mengenai fitur autopilot/otonomos pada Tesla S, Kepala Tesla Motors, Elon Musk, pernah mengecam seseorang yang memamerkan rekaman video aksinya di Youtube, saat menjajal fitur autopilot di jalan tol.

Postcomended   Mobil-mobil James Bond: Semua Mobil yang Hancur dalam "Diamonds are Forever" Bermerek Ford (2)

Dilaporkan Worldcarfans, Rabu (11/11/2015), Musk menyebut tindakan tersebut sebagai perilaku tak elok dan membahayakan. Tesla selalu mewanti-wanti agar pengemudi tetap waspada pada setang kemudi meski memasang autopilot.

Beberapa orang mengakui teknologi otonomos Tesla S cukup aman digunakan saat mobil melaju dengan kecepatan 83 kilometer per jam tanpa keterlibatan sopir; pengemudi bisa duduk manis di jok belakang.

Postcomended   Korea Utara-Selatan Damai! Asian Games 2018 Bakal Diuntungkan!

Mereaksi hal ini Musk menyatakan akan menempatkan beberapa kendala tambahan pada saat autopilot diaktifkan untuk meminimalkan kemungkinan orang yang melakukan hal-hal gila. ***(ra)