Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Review dan Update ICO774 × 580Search by image

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Review dan Update ICO774 × 580Search by image

Ada 51 taman nasional di Indonesia. Tersebar hampir di seluruh provinsi di negeri ini, dengan luas lebih dari 16 juta hektare. Dua di antaranya berstatus sebagai cagar biosfer dan warisan dunia, masing-masing adalah Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Komodo.

Nah, Anda sudah berkunjung ke mana saja dari 51 taman nasional itu? Atau malah belum satu pun? Sekaranglah saatnya berwisata ke taman nasional. Setidaknya, sekali seumur hidup.

Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional dalam buku Atlas Nasional Indonesia (2008), taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena dilindungi, dalam hal ini pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Di dunia, taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi oleh World Conservation Union Kategori II.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Liburan Paling Asyik ... Gedangsari.com471 × 313Search by image taman-nasional-gunung-halimun-salak-liburan-paling-asyik

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Liburan Paling Asyik … Gedangsari.com471 × 313Search by image taman-nasional-gunung-halimun-salak-liburan-paling-asyik

Saya sendiri telah berkesempatan mengunjungi 12 di antara 51 taman nasional di Indonesia. Jika dihitung persentase, baru 24 persen.

Keduabelas taman nasional yang pernah saya kunjungi antara lain:

  1. Taman Nasional Gede-Pangrango, Jawa Barat;
  2. Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Jawa Barat;
  3. Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah;
  4. Taman Nasional Gunung Merapi, Jawa Tengah;
  5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
  6. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur;
  7. Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur;
  8. Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur.
  9. Taman Nasional Bali Barat, Bali;
  10. Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat;
  11. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Sulawesi Selatan;
  12. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
Postcomended   Boss Leica: Semua Ponsel Kamera Tidak Betul

Itu pun tidak seluruhnya dijelajahi hingga ke titik-titik terpencilnya. Selama sebulan magang di salah satu taman nasional pun tak akan cukup. Jika tak ingin berkilah tentang keterbatasan waktu dan biaya, memang Indonesia yang terlalu luas.

Taman Nasional Gunung Merbabu : Menapaki Keindahan Senja Di Puncak ... Nusapedia.com608 × 401Search by image Taman Nasional Gunung Merbabu. Gunung yang terletak di Jawa Tengah ...

Taman Nasional Gunung Merbabu : Menapaki Keindahan Senja Di Puncak … Nusapedia.com608 × 401Search by image Taman Nasional Gunung Merbabu. Gunung yang terletak di Jawa Tengah …

Dari 12 taman nasional yang pernah saya kunjungi, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah yang pertama, paling favorit dan sering dikunjungi.

Bukan tanpa alasan, selama berkuliah di Malang, TNBTS yang wilayahnya mencakup empat kabupaten, Malang, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan, menjadi wisata alam andalan karena jaraknya yang paling dekat. Dari pintu Malang, bisa menuju ke Bromo atau berbelok ke Ranu Pani, Lumajang, untuk mendaki Gunung Semeru.

Jelas, yang terkenal dari Bromo adalah golden sunrise-nya, jika beruntung (saat cuaca cerah). Menyaksikan matahari terbit dari anjungan pandang Pananjakan 1 di TNBTS adalah pengalaman pertama saya piknik ke luar kota. Naik motor, lewat jalur Probolinggo, melalui jalan menanjak ke Cemoro Lawang, terseok di lautan pasir saat dinihari, dan kembali menanjak ke Pananjakan 1.

Postcomended   Teknologi “Augmented Reality” Bikin Rivalitas Apple dan Google Memanas

Tapi, pagi pada bulan April 2011 saat itu tidak pernah saya lupakan. Bonus fajar yang merekah, menjingga keemasan, membuat saya ketagihan berburu momen matahari terbit di waktu-waktu berikutnya.

Taman Nasional Gunung Merapi Identifikasi Jenis Anggrek Merapi ... Travel - Tempo.co620 × 354Search by image Taman Nasional Gunung Merapi Identifikasi Jenis Anggrek Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi Identifikasi Jenis Anggrek Merapi … Travel – Tempo.co620 × 354Search by image Taman Nasional Gunung Merapi Identifikasi Jenis Anggrek Merapi

Kemudian, rasa penasaran saya pada benda berkerucut di kejauhan, Gunung Semeru di sisi selatan Bromo, terjawab saat saya berkesempatan menjejakkan kaki di puncaknya pada November 2012.

Dari pendakian permulaan saya saat itu, saya mendapatkan banyak pelajaran. Tentang manajemen pendakian, mencakup di dalamnya perencanaan perjalanan, logistik, waktu, pembagian tugas.

Pelajaran yang tak kalah penting adalah soal mental. Dan yang menjadi tujuan utama adalah tumbuhnya kecintaan saya pada alam, kepedulian pada ekosistem, dan rasa penghormatan pada makhluk hidup selain kita, manusia.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru TripTrus747 × 498Search by image

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru TripTrus747 × 498Search by image

Dari TNBTS, jejak langkah terus berlanjut ke taman nasional yang lain. Seakan menjadi daftar impian yang harus dipenuhi semasa hidup.

* * *

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) juga telah berperan aktif dalam mengkampanyekan wisata ke taman nasional.

Gerakan yang dilakukan oleh Kementerian LHK yaitu meresmikan peluncuran promosi taman nasional serta logo Ayo Ke Taman Nasional di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, pada 16 Desember 2015 lalu.

Peluncuran yang dilakukan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya tersebut sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2015.

Postcomended   Perang Diskon sedang Meletus, Saatnya Beli Mobil!

Kita, sebagai warga negara yang baik tentu harus menyambut baik gerakan tersebut. Hal ini tak lain sebagai upaya meningkatkan minat wisata yang sarat edukasi, khususnya ke taman nasional. Sekali ada kesempatan piknik, sekalian ke taman nasional, yang akan memberikan banyak wawasan dan pelajaran baru.

Taman Nasional Bali Barat – Nyegara Gunung Nyegara Gunung960 × 720Search by image Salah satu sisi dari Taman Nasional Bali Barat (Foto oleh: Kartika Dewi Suardana)

Taman Nasional Bali Barat – Nyegara Gunung Nyegara Gunung960 × 720Search by image Salah satu sisi dari Taman Nasional Bali Barat (Foto oleh: Kartika Dewi Suardana)

Mengapa kita harus berwisata ke taman nasional? Karena kita bisa belajar.

Belajar dari kearifan alam dan lokal. Belajar peran alam dalam keseimbangan ekosistem. Indonesia, sudah sangat kaya akan sumber daya alamnya. Dan taman nasional adalah gerbang untuk mempelajari dan menjaganya.

Setiap taman nasional memiliki karakteristik masing-masing. Memiliki kekhasan flora, fauna, dan budaya yang dinaunginya. Seperti legenda suku Tengger yang mendiami kaldera Bromo purba hingga sang Mahameru yang dipaku para dewa dari India, menjadi bumbu penyedap TNBTS.

Di Nusa Tenggara Timur, legenda sang naga endemik dan keindahan bawah lautnya menggoda siapa pun bagi yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Atau setidaknya, cobalah. Sesekali seumur hidup lihatlah matahari terbit dari tepi kaldera purba Bromo berdiameter 8 km itu. Berbasah ria di curug-curug yang berserakan di dalam Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Menjadi tamu kehormatan di kerajaan kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Dan lainnya. Dan taman nasional-taman nasional lainnya.

Share the knowledge