Kapolri: Bom Panci Presto Seperti Kejadian Boston Maraton ... Konspirasinews350 × 200Search by image Dituding Bom Kampung Melayu Pengalihan Isu, Aktivis HMI: Penyebar Fitnah Hatinya Terbuat dari Apa

Kapolri: Bom Panci Presto Seperti Kejadian Boston Maraton … Konspirasinews350 × 200Search by image Dituding Bom Kampung Melayu Pengalihan Isu, Aktivis HMI: Penyebar Fitnah Hatinya Terbuat dari Apa

Sabtu, 8 Juli 2017, satu ledakan terjadi di rumah kontrakan di Kampung Kubang Beureum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Bandung. Ledakan itu diduga dari bom panci yang meledak tidak sesuai rencana si perakitnya, Agus Wiguna (22). Bom tersebut dibuat Agus melalui tutorial yang ada di internet bahkan di Twitter, dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Wakapolda Jabar, Brigjen Bambang Purwanto, mengatakan, dari tulisan-tulisan Agus yang ditemukan, pria yang disebut berprofesi sebagai pedagang bakso itu berencana meledakkan bom panci buatannya itu di tiga lokasi: di gereja di kawasan Buahbatu, di satu rumah makan di Astana Anyar, dan di sebuah kafe di Jalan Braga.

Agus kata Bambang, belajar membuat bom panci dari Internet. Bahan-bahannya pun dicari Agus sendiri.

Postcomended   Kilauea Tak Berhenti Meletus Sejak 1983

Saat bom bunuh diri meledak di Kampung Melayu, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris, Jenderal Syafruddin, mengatakan, Polri tengah mengawasi penyebaran informasi cara pembuatan bom panci di internet.

Syafruddin mengatakan, bahan pembuat bom ini mudah didapatkan. Oleh karena itu, Polri melakukan langkah preventif dengan mengantisipasi penjualan materinya dan penyebaran cara merakit bahan pembuat bomnya.

Di lokasi kejadian di Kampungmelayu, ditemukan serpihan kain, lempengan alumunium, serpihan ransel, gotri, dan material yang diduga bahan rakitan bom.

Kepala Bagian Mitra Divisi Humas Polri, Kombes Pol Awi Setiyono, menyebutkan, material bom di Kampung Melayu lebih lengkap jika dibanding bom panci yang gagal meledak di Cicendo, Bandung.

Postcomended   Cina Membuat Kim Jong Un Berjanji Melakukan Denuklirisasi

Dari hasil Laboratorium Forensik Mabes Polri, Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Bom Kampung Melayu menggunakan jenis bom panci dengan bahan peledak TaTp (triacetone triperoxide).

Bahan dasar TaTP adalah aseton atau tinner yang biasa digunakan untuk membersihkan kutek dan dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya yang menghasilkan serbuk putih sehingga sangat berbahaya

TaTP disebut juga the mother of satan karena bahannya yang tidak stabil. Jika terkena panas atau goncangan bisa meledak.

Sementara itu dari kasus Agus, polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti 1 buah panci, 5 buah baterai, kabel-kabel, H2O2, 5 liter pemutih pakaian, 30 liter acetone, 3 buah pembersih lantai, parafin, termometer, tas ransel, dan 12 kg triacetone triperoxide.

Postcomended   #deletefacebook Pendiri WhatsApp Sarankan Hapus Facebook

Menurut Staf Ahli Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT), Wawan Hari Purwanto, pada 2015, BNPT telah mendata setidaknya terdapat 46 ribu akun Twitter dan 4.800 situs yang mengajarkan cara membuat bom.***(ra)