Bakal Bikin Chip 5G Sendiri, iPhone Beli Mayoritas Bisnis Modem Intel

Ekonomi
Share the knowledge

  Setelah kesepakatan dengan Apple, Intel akan memiliki hak mengembangkan modem untuk aplikasi non-smartphone, seperti PC (personal computer), peralatan industri, hingga mobil swakemudi (https://www.youtube.com/watch?v=aDm4o8_2ETA)
Setelah kesepakatan dengan Apple, Intel akan memiliki hak mengembangkan modem untuk aplikasi non-smartphone, seperti PC (personal computer), peralatan industri, hingga mobil swakemudi (https://www.youtube.com/watch?v=aDm4o8_2ETA)

Apple yang belum terdengar memroduksi ponsel 5G, dikabarkan telah membeli sebagian besar bisnis modem Intel. Kesepakatan 1 miliar dollar AS ini merupakan langkah besar Apple untuk membuat semua chip smartphone sendiri, termasuk chip 5G.

Seperti diketahui, tidak seperti rival-rival Asia-nya yang sudah mulai meluncurkan ponsel-ponsel 5G, Apple masih menahan diri hingga 2020.  Model ponsel 5G Apple diperkirakan akan diperkenalkan tahun depan. Dengan membeli modem Intel, Apple mungkin akan mengandalkan chip modem buatan Qualcomm, The Independent melaporkan.

Dengan pembelian mayoritas bisnis modem Intel, Apple diharapkan akan menggunakan orang-orang dan paten yang diperolehnya melalui akuisisi tersebut, untuk menciptakan jenis-jenis modem baru untuk iPhone-nya sendiri, sejalan dengan apa yang telah menjadi komitmen sentral bagi perusahaan.

Berdasarkan kesepakatan itu, sekitar 2.200 karyawan Intel akan bergabung dengan Apple, bersama dengan properti intelektual, peralatan, dan sewa. Apple kemudian akan memiliki 17.000 paten teknologi nirkabel, mulai dari standar komunikasi seluler hingga modem.

Hal tersebut menjadikan Apple sebagai pemain yang lebih kuat dalam pembicaraan perizinan global yang kemungkinan akan dipegang oleh pemegang paten 5G utama seperti Huawei Technologies.

Setelah pemberitaan ini, harga saham Intel naik 5,7% menjadi 55,05 dollar AS setelah berita dipublikasikan dan perusahaan melaporkan bahwa labanya mengalahkan ekspektasi analis. Saham Apple naik tipis 0,1% menjadi  207,29 dollar AS.

Postcomended   Catat Laba Mengesankan, Perusahaan Berbagi Rumah Airbnb Berencana "Go Public"

Setelah kesepakatan, Intel akan memiliki hak untuk mengembangkan modem untuk aplikasi non-smartphone, seperti PC (personal computer), peralatan industri, hingga mobil swakemudi.

Chip modem menghubungkan perangkat seperti iPhone ke jaringan data nirkabel, tetapi selama ini Apple selalu mengandalkan pemasok luar untuk komponen tersebut. Intel telah memosisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber chip modem iPhone selama setahun terakhir setelah Apple terlibat dalam perkelahian hukum yang berkepanjangan dengan pemasok sebelumnya Qualcomm mengenai praktik lisensi paten.

Apple, yang berbasis di Cupertino, California, mencapai penyelesaian mengejutkan pada April lalu yang menyerukan iPhone untuk sekali lagi menggunakan chip modem Qualcomm. Dalam beberapa jam, Intel mengatakan akan keluar dari bisnis modem ponsel pintar.

Akuisisi Apple sebagian besar merupakan perusahaan yang jauh lebih kecil, menjadikan Intel menangani yang terbesar kedua setelah pembelian Beats Electronics sebesar 3,2 miliar dola AS pada 2014.

Postcomended   Giliran Grup Mitsubishi Nyatakan Komitmennya Berinvestasi di GoJek

Kesepakatan dengan Intel akan mendukung tujuan Apple untuk membuat chip modem sendiri. Dua dari saingan global Apple terbesar, Samsung Electronics dan Huawei, sudah memiliki kemampuan untuk memasok sendiri chip modemnya.

Publikasi berita teknologi, The Information, tahun lalu melaporkan upaya Apple mengembangkan modem sendiri, tetapi pembuat iPhone ini tidak pernah secara resmi mengakuinya. Pada Februari, Reuters melaporkan bahwa Apple memindahkan upaya rekayasa modemnya ke unit desain chip yang sama yang membuat prosesor khusus untuk perangkatnya, menandakan semakin berlipat ganda dalam mengejar chip modem yang dirancang sendiri.

Kepala eksekutif Apple, Tim Cook, juga telah lama mengatakan perusahaan ingin mengendalikan nasib teknologinya sendiri. Analis menyebut ini sebagai “Cook Doctrine”. “Kami percaya bahwa kami perlu memiliki dan mengendalikan teknologi utama di balik produk yang kami buat,” kata Tim Cook kepada investor pada tahun 2009.

Pembelian aset Intel dapat membantu Apple memenuhi timeline agresifnya untuk memproduksi modem.
Seseorang yang akrab dengan masalah ini mengatakan Apple berencana untuk menggunakan teknologi modem Qualcomm untuk iPhone 5G pada tahun 2020 tetapi ingin memiliki chip sendiri untuk digunakan pada tahun 2021.***

Postcomended   Lima Besar Bandara Terbaik Dunia Diduduki Asia

 

 

 

 

 


Share the knowledge

Leave a Reply