UKC Articles - WINNERS - Win a Sherpa Lakpa Rita Jacket UKC Sherpa Lakpa Rita Jacket 1, 159 kb

UKC Articles – WINNERS – Win a Sherpa Lakpa Rita Jacket UKC Sherpa Lakpa Rita Jacket 1, 159 kb

Saat ini, rekor memuncaki Gunung Everest dipegang tiga orang. Namun ketika dua orang lainnya memilih “pensiun”, tinggallah Kami Rita Sherpa (48). Pria Nepal ini berniat menciptakan rekornya sendiri menjadi yang ke-22 kali mencapai atap dunia itu. Rencananya, Kami akan berangkat Minggu (1/3/2018).

Sherpa adalah kelompok etnis Tibet yang berasal dari daerah pegunungan Nepal, Cina, Bhutan dan India, sekitar Himalaya. Mereka dikenal sebagai pemandu andal para pendaki Himalaya. Sherpa yang namanya paling dikenal dunia selama ini adalah yang menemani Sir Edmund Hillary menjadi orang pertama yang menaklukan puncak Everest (8.848 m dari permukaan laut), yakni Tenzing Norgay.

Rekor saat ini, yakni sebanyak 21 kali memuncaki dengan sukses gunung tertinggi di dunia tersebut, dipegang Kami bersama dua pendaki Nepal lainnya. Tapi dua rekan senegaranya itu telah memilih pensiun. Dengan begitu jika Kami berhasil, maka dia akan mengokohkan posisinya sebagai pendaki Everest paling berpengalaman di dunia.

Everest season: successes, records, deaths and more - Mount ... DW Blogs Kami Rita Sherpa on the summit

Everest season: successes, records, deaths and more – Mount … DW Blogs Kami Rita Sherpa on the summit

“Saya sedang membuat upaya lain untuk menciptakan sejarah untuk membuat seluruh komunitas Sherpa dan negara saya bangga,” kata Kami kepada kantor berita Efe awal pekan ini.

Postcomended   Jelajahi Jakabaring Sport City (JSC), OCA Puas

Kami pertama kali mendaki Everest pada 1994 dan menyelesaikan pendakian terakhirnya Mei lalu. Pendaki asing biasanya mengandalkan bantuan dari pemandu Sherpa berpengalaman seperti dia. Para Sherpa ini dibayar untuk melakukan hal-hal seperti menyiapkan rute, memperbaiki tali di tempat, dan membawa peralatan mendaki yang diperlukan.

Dalam upayanya memecahkan rekor ini, Kami akan memimpin tim dengan 29 pendaki dari seluruh dunia. Tim ini, termasuk pendaki gunung Amerika dan Jepang, akan berangkat ke kamp dasar Minggu dan akan memulai pendakian penuh dua minggu kemudian. “Jika semua sesuai rencana, saya akan membuat pertemuan puncak terakhir pada 29 Mei,” kata Kami kepada The Kathmundu Post, seperti dilansir BBC, Sabtu (31/3/2018).

Snow Leopard' Ang Rita Sherpa receives Guinness certificate The Himalayan Times 'Snow Leopard' Ang Rita Sherpa receives Guinness certificate

Snow Leopard’ Ang Rita Sherpa receives Guinness certificate The Himalayan Times ‘Snow Leopard’ Ang Rita Sherpa receives Guinness certificate

“Saya akan terus mendaki Everest bahkan jika saya mencatat (rekor) tahun ini,” katanya kepada Efe, seraya menegaskan bahwa dia memiliki target mencapai puncak 25 kali. “Aku ingin membuat sejarah,” katanya.

Share the knowledge