Ekonomi

Bangkrut, Devisa Melemah, Perekonomian Memburuk Karena Teroris

Indonesia Terancam Jadi Negara Bangkrut Jika Telat Bertindak ... Tribunnews.com Indonesia Terancam Jadi Negara Bangkrut Jika Telat Bertindak

Indonesia Terancam Jadi Negara Bangkrut Jika Telat Bertindak … Tribunnews.com Indonesia Terancam Jadi Negara Bangkrut Jika Telat Bertindak

Bukan hal yang tabu lagi jika efek terorisme terhadap perekonomian akan semakin memburuk. Ini dikarenakan tingginya rasa waspada dan takut. Perasaan yang tidak tenang secara berkepanjangan, sehingga menutupi kreativitas dan akal sehat. Bekerja menjadi kurang maksimal, imbasnya pendapatan pun menurun. Inilah yang menjadi efek awal dari kelakuan para teroris.

Teroris adalah orang-orang yang egois. Mereka orang-orang cerdas yang keblinger. Tanpa berpikir panjang, mereka telah merugikan banyak orang. Satu kali bertindak, dunia menangis. Tangisan Indonesia karena bom Surabaya yang baru saja terjadi bukan hanya dipikul sendiri, melainkan dunia pun ikut menangis.

Dibuktikan dengan menarinya kurva pada Global Terorism Index(GTI). Di mana GTI ini mengukur akibat atau dampak terorisme dari semua negara di dunia karena buhan hanya Indonesia saja yang mengalami. Namun dari efek yang diakibatkan, yang menjadi fokus adalah pengukuran terhadap sektor ekonominya.

Postcomended   Mark Zuckerberg Akui Peran Facebook dalam Propaganda Anti-Rohingya #FacebookDown

Sektor perekonomian sendiri adalah sektor terpenting di sebuah negara. Semua lini sektor kenegaraan dikendalikan oleh sektor ini sebagai pendukungnya. Devisa negara menjadi menurun karena negara memiliki keamanan yang kurang. Apalagi di Indonesia sangat banyak tempat wisata dan berhasil menarik ribuan wisatawan baru per tahunnya.

Sekali terdengar ada teroris di Indonesia, maka wisatawan manca akan takut untuk berkunjung ke Indonesia. Terbukti dengan turunnya jumlah wisatawan pasca bom Bali di tahun 2001. Terus menurun, sehingga membuat perekonomian Bali memburuk. Ditambah lagi untuk menyembuhkan luka trauma masyarakat Bali pun memerlukan waktu bertahun-tahun. Apalagi wisatawan yang hanya berniat berkunjung, rasa sangat takut sudah pasti menggelayuti.

Banyak memakan korban jiwa adalah efek utama dari teror bom ini, namun terus merembet ke sektor perekonomian, karena akan banyak fasilitas publik yang rusak, bangunan publik, korban manusia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Negara akan mengganti semua kerusakan dengan yang baru demi kenyamanan masyarakat.

Postcomended   Surat Gandhi Yang Memuji Yesus Ditawarkan US$ 50.000

Negara pun akan mengeluarkan asuransi untuk korban manusia yang terkena bom. Ini menjadikan efek terorisme terhadap perekonomian semakin tinggi dan semakin tinggi. Jumlahnya bukan hanya jutaan saja, melainkan triliunan. Seperti aksi terorisme di Prancis.

Sudah mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki fasilitas publik, namun negara belum mendapat pulihan dengan segera. Ini dikarenakan melemahnya sektor perekonomian negara. Sebuah efek terorisme terhadap perekonomian yang saling berhubungan sebab akibat. Akhirnya kesejahteraan rakyat pun dipertanyakan.

Untuk Surabaya, yang menjadi tempat teroris teraktual pun juga merasakan efek terorisme terhadap perekonomian. Arus perdagangan menjadi sepi, karena banyak orang yang pilih belanja di tukang sayur keliling. Mereka enggan keluar rumah, bahkan untuk bekerja sekalipun. Pendapatan dari sektor wisata pun menurun drastis. Mereka takut dan wisatawan takut.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top