Sidang Ahok: saksi-saksi dihadirkan - BBC Indonesia BBC1024 × 576Search by image Sidang Ahok: saksi-saksi dihadirkan

Sidang Ahok: saksi-saksi dihadirkan – BBC Indonesia BBC1024 × 576Search by image Sidang Ahok: saksi-saksi dihadirkan

Hari ini, 9 Mei 2017, sidang vonis Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai terdakwa penodaan agama akan dilangsungkan. Diperkirakan, ada 5 ribu orang massa kontra-Ahok yang akan mendatangi auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Pasar Minggu, Jaksel.

Selain pengawalan aparat keamanan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyatakan kepada detik.com bahwa pihaknya sudah menyiapkan rencana penyekatan.

“Karena mungkin yang akan aksi itu tidak hanya massa kontra, tetapi juga massa yang pro,” tandasnya.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menyatakan bahwa kepolisian berharap unjuk rasa tidak berujung anarkistis. Menurut Setyo, unjuk rasa memang dilindungi oleh undang-undang, tetapi unjuk rasa bukan sarana untuk bertingkah anarkistis.

Postcomended   Sail Sabang 2017 Jadi Event Sail Terbesar di Tanah Air

Demi mengamankan sidang nanti, polisi menjamin keamanan majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU), dan terdakwa dari segala bentuk ancaman.

“Kita harapkan beliau-beliau yang mengawali sidang ini, majelis hakim dan yang lain-lain itu tidak ada masalah untuk mengambil keputusan dalam sidang tersebut,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto.

Polisi akan menyiagakan sejumlah kendaraan taktis, salah satunya mobil Barracuda. Barracuda kelak akan digunakan untuk mengevakuasi majelis hakim, jaksa, hingga terdakwa dari berbagai ancaman yang ada.

Postcomended   Sekali Dayung, Jack "Alibaba" Ma Dapat Tokopedia dan Digaet Pemerintah Indonesia

“Memang (Barracuda) itu SOP… Kalau emergency ada rencana untuk escape. Tapi tidak kita sampaikan, teknisnya dari pihak keamanan sendiri,” ucap Rikwanto.

Barracuda adalah kendaraan tempur lapis baja. Selama ini, Barracuda digunakan untuk penanggulangan terorisme, hingga menghindari kerusuhan antar-pendukung tim sepakbola.

Beritagar.id menyebutkan, Barracuda sangat tahan banting. Bodinya dilapisi pelat baja setebal 8 mm yang diklaim dapat menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm. Itu sebabnya Barracuda dapat melindungi penumpang dan awaknya dari pecahan granat.

Postcomended   Karnaval Sigale-gale Samosir 2017

Sementara itu, kaca bagian depan dan samping punya kekuatan balistik dengan tebal 4 mm. Kaca depan juga dapat dipasangi pelat baja untuk menahan serangan dari senjata berat.

Setiap kali ada perkumpulan massa yang banyak, potensi ricuh itu ada. Tinggal pemicunya apa dan siapa. Kepolisian merasa masyarakat dan aparat tidak boleh lengah. Namun sebagaimana diharapkan Irjen Setyo Wasisto, sidang nanti diharapkan berlangsung tenang.

“Kalau sudah perusakan, bukan unjuk rasa lagi itu, tetapi sudah tindak pidana,” kata Setyo.***