Pangeran Alwaleed Ditangkap KPK Arab Saudi, Mohammed bin Salman ... Economy Okezone800 × 450Search by image https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 06 320 1809097 pangeran

Pangeran Alwaleed Ditangkap KPK Arab Saudi, Mohammed bin Salman … Economy Okezone800 × 450Search by image https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 06 320 1809097 pangeran

Arab bergegas menyambut era baru. Perempuan boleh menyetir, anggota keluarga yang berbuat kriminal ditahan, imam-imam masjid radikal dipecat, “seorang” robot dijadikan sebagai warga negaranya, hingga berencana membangun kota modern di Laut Merah. Teranyar, sejumlah pangeran, menteri, dan mantan menteri, ditangkap dengan tuduhan korupsi. Yang mengejutkan, pangeran “media darling”, Alwaleed bin Talal, ada di antara pangeran yang ditangkap.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud pada Sabtu malam (4/11/2017) mengumumkan pembentukan komisi pemberantasan korupsi. Malam itu juga KPK Saudi ini menangkap para tersangka. 

Pengumuman ini disampaikan stasiun televisi Al Arabiya. Televisi terafiliasi pemerintah ini mewartakan bahwa badan tersebut telah menahan sebelas pangeran, empat menteri dan puluhan mantan menteri.

Namun ada yang mengganjal, KPK Saudi ini dipimpin putra Raja sendiri, Putra Mahkota Muhammad bin Salman (32). Tak heran jika muncul spekulasi bahwa ada motif politik di balik penangkapan ini.

Salah seorang di antara yang ditangkap adalah pengusaha kondang global sekaligus seorang filantropis yang telah mengharumkan nama Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal bin Abdul-Aziz al-Saud (62).

KORUPSI ARAB SAUDI : Pejabat Saudi Konfirmasi Penahanan Pangeran ... Kabar24 - Bisnis Indonesia600 × 400Search by image KORUPSI ARAB SAUDI : Pejabat Saudi Konfirmasi Penahanan Pangeran Alwaleed

KORUPSI ARAB SAUDI : Pejabat Saudi Konfirmasi Penahanan Pangeran … Kabar24 – Bisnis Indonesia600 × 400Search by image KORUPSI ARAB SAUDI : Pejabat Saudi Konfirmasi Penahanan Pangeran Alwaleed

Seorang pejabat tinggi Arab Saudi, hari berikutnya menyebutkan, Pangeran Alwaleed –juga mantan menteri keuangan Ibrahim al-Assaf– sudah ditahan.

Postcomended   Minyak Menipis, Arab Saudi Mulai Longgarkan Sejumlah Norma

Alwaleed adalah pemilik perusahaan permodalan Kingdom Holding. Dua juga salah satu pemegang saham terbesar di Citigroup. Kingdom memiliki saham di Rupert Murdoch News (pemilik CNN), Twitter, dan Apple. Forbes menaksir kekayaan bersih Pangeran Alwaleed mencapai 17 miliar dolar AS (sekitar 230 triliun).

Alwaleed, lulusan Amerika Serikat (AS) dan lebih sering hidup di negeri itu, adalah pangeran Saudi yang berpikiran liberal. Dia jugalah salah seorang pengusul pencabutan larangan perempuan mengemudi mobil.

Postcomended   Takut Dibunuh, PM Lebanon Undur Diri, Meninggalkan Parlemen dalam Kebingungan

Putra mahkota Muhammad bin Salman sejak beberapa bulan ini mempelopori program reformasi ekonomi ambisius yang bertujuan menarik lebih banyak investasi sektor asing dan swasta ke dalam Kerajaan Saudi; negara eksportir minyak utama dunia dan negara paling kuat di kawasan Teluk Arab. Dia disebut populer di kalangan muda tapi tak disukai generasi tua dan konservatif.

Raja Salman pada Sabtu juga menunjuk dua menteri baru untuk pos keamanan dalam negeri dan ekonomi, dan memecat salah satu anggota keluarga kerajaan yang paling menonjol sebagai kepala Garda Nasional.

WOW, Punya Harta Rp 229 Triliun, Pangeran Waleed Ditangkap KPK ... Kaltim Post - PROKAL.co510 × 294Search by image Alwaleed

WOW, Punya Harta Rp 229 Triliun, Pangeran Waleed Ditangkap KPK … Kaltim Post – PROKAL.co510 × 294Search by image Alwaleed

Pangeran Miteb bin Abdullah digantikan Khaled bin Ayyaf sebagai Menteri Garda Nasional, sementara Menteri Perekonomian Adel Fakieh telah digantikan oleh wakilnya Mohammed al-Tuwaijri menurut sebuah keputusan kerajaan yang diumumkan oleh media pemerintah.

Postcomended   Dr Zakir Naik Kehilangan Kewarganegaraan dalam Pelariannya

Pangeran Miteb, anak kesayangan almarhum Raja Abdullah, pernah dianggap sebagai pesaing utama takhta sebelum kenaikan pangkat Pangeran Muhammad yang tak terduga dua tahun lalu.

Perombakan Kabinet tersebut membantu mengonsolidasikan kendali Pangeran Muhammad terhadap institusi keamanan kerajaan, yang telah lama dipimpin oleh cabang-cabang kuat dari keluarga penguasa.

Pangeran Muhammad berjanji akan memburu kasus penyuapan di tingkat tertinggi. Sebagai pimpinan KPK, dia diberi wewenang luas untuk menyelidiki kasus, mengeluarkan surat perintah penangkapan dan pembatasan perjalanan, serta membekukan aset.

“Tanah Air tidak akan ada kecuali korupsi diberantas hingga akarnya dan pelaku korupsi dimintai pertanggungjawaban,” demikian keputusan kerajaan yang dikutip kantor berita Reuters.***