Ingin Terhindar dari Bea Cukai Indonesia? Ini Tipsnya ... KreditGoGo.com500 × 333Search by image Bila membawa barang dari luar negeri (bukan barang dagangan), Anda bebas biaya bila:

Ingin Terhindar dari Bea Cukai Indonesia? Ini Tipsnya … KreditGoGo.com500 × 333Search by image Bila membawa barang dari luar negeri (bukan barang dagangan), Anda bebas biaya bila:

Peraturan tidak boleh membawa oleh-oleh melebihi 250 dolar AS per orang sudah ada sejak 2010. Namun tampaknya masih banyak yang tidak mengerti peraturan tersebut, setidaknya dari dua video yang sepekan terakhir viral di media sosial mengenai penumpang yang ditodong pajak hingga jutaan bahkan puluhan juta oleh bea cukai bandara. Penyebabnya, mereka kedapatan membawa oleh-oleh yang nilainya melebihi batas maksimum bebas bea masuk.

Dua penumpang warga negara Indonesia asal Singapura yang baru mendarat di Bandara Soekarno Hatta, diperiksa petugas bea cukai bandara. Mereka rupanya membawa oleh-oleh sebuah tas bermerek.

Setelah diperiksa, harga tas tersebut tampaknya melebihi batas maksimum bea masuk 250 dolar AS per penumpang (dan 1.000 dolar AS per keluarga). Meski sempat memprotes, si penumpang terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk tas branded-nya itu hingga Rp 5,4 juta. Angka ini berasal dari bea masuk 15%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%, dan Pajak Penghasilan (Pph) 10%.

Postcomended   Pesawat Ukraina Angkut Senjata Impor Buatan Bulgaria Pesanan Polri

Selanjutnya, sepasang suami istri beserta dua anak dan seorang orang tua, juga diperiksa petugas. Mereka juga membawa oleh-oleh tas bermerek yang harganya mencapai 7.000 dolar singapura (lebih dari 1.000 dolar AS).

Keluarga inipun terpaksa menjebol tabungannya hingga mencapai total Rp 27,8 juta. Angka ini keluar karena rupanya mereka juga tidak membawa NPWP sehingga mereka ditagih dobel untuk membayar pajak dan biaya masuk.

Cara Membawa Barang dari Luar Negeri agar Terhindar dari Bea Cukai ... Jalanjajanmurah.com550 × 381Search by image Cara Membawa Barang dari Luar Negeri

Cara Membawa Barang dari Luar Negeri agar Terhindar dari Bea Cukai … Jalanjajanmurah.com550 × 381Search by image Cara Membawa Barang dari Luar Negeri

Kedua kisah di atas merupakan deskripsi Bisnis.com dari kedua video yang viral tersebut. Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi, mengatakan, aturan ini yakni yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 188/PMK.04/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, sudah lama ada.

Bahkan kata dia, sosialisasi mengenai cara menghitung bea masuk untuk barang penumpang, sudah dilakukan melalui radio, televisi, penjelasan melalui media sosial, hingga aplikasi di Android.

Postcomended   Google Akhirnya Bertekuk Lutut pada Indonesia

Heru mengungkapkan, angka 250 dolar AS dan 1.000 dolar AS itu untuk melindungi industri dalam negeri yang produksi barang sejenis yang bayar pajak. Dia mengakui ada usulan menaikkan ambang batas misalnya menjadi 2.500 dolar AS per orang atau naik 10 kali lipat. “Usulan akan jadi masukan bagi kita, tapi ya tidak setinggi itu juga,” ujarnya.

Arrival Advice: Passport Control and Immigration - Backpacker Guide New Zealand backpackerguide.nz660 × 429Search by image Passing through passport control and immigration in New Zealand airports.

Arrival Advice: Passport Control and Immigration – Backpacker Guide New Zealand backpackerguide.nz660 × 429Search by image Passing through passport control and immigration in New Zealand airports.

 

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan akan memeriksa dan mengawasi barang bawaan penumpang dari luar negeri. Karena itu, penumpang perlu mencermati aturan DJBC untuk barang bawaan impor supaya tak terkena bea masuk maupun pajak.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Robert Leonard Marbun, seperti dikutip dari Liputan6, mengakui masih banyak penumpang belum mengetahui ketentuan ini.

Ketentuan tersebut adalah pembebasan bea masuk atas barang bawaan penumpang sebesar maksimal 250 dolar AS per orang atau sekitar Rp 3,37 juta  dan 1.000 dolar AS per keluarga atau Rp 13,3 juta (kurs Rp 13.500 per dolar AS).

Postcomended   Ditolak Bicara di Kampus Unla, Nurul Arifin: Ini Pelecehan Intelektual

Peraturan lainnya adalah, tidak boleh membawa lebih dari 200 batang sigaret (rokok), 25 batang cerutu, 100 gram tembakau iris atau hasil tembakau lainnya, dan 1 liter minuman mengandung etil alkohol.

Selain itu, jika penumpang membawa barang dagangan dengan jenis, sifat, dan jumlah yang tidak wajar untuk pemakaian pribadi, ia harus mengisi formulir pemberitahuan impor barang khusus dan menyelesaikan kewajiban pabean.

Untuk lebih jelasnya mengenai aturan ini, dapat mengakses www.beacukai.go.id atau menghubungi contact center Bravo Bea Cukai 1500225.***

Ingin Terhindar dari Bea Cukai Indonesia? Ini Tipsnya ... KreditGoGo.com620 × 325Search by image Kebanyakan orang merasa takut membawa barang dari luar negeri ke Indonesia. Mereka khawatir barang akan ditahan oleh bea cukai atau harus membayar pajak ...

Ingin Terhindar dari Bea Cukai Indonesia? Ini Tipsnya … KreditGoGo.com620 × 325Search by image Kebanyakan orang merasa takut membawa barang dari luar negeri ke Indonesia. Mereka khawatir barang akan ditahan oleh bea cukai atau harus membayar pajak …