Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga ... Tribun Jakarta - Tribunnews.com tribunjakarta

Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga … Tribun Jakarta – Tribunnews.com tribunjakarta

Meskipun populer di dunia, namun di Indonesia mainan bebek karet berwarna kuning mungkin tidak terlalu umum digunakan untuk menemani anak-anak mandi. Satu studi oleh peneliti Amerika dan Swiss menemukan bahwa bebek mainan tampaknya menjadi tempat berkembang biak bagi mikroba.

Para ilmuwan mengatakan, sesuatu yang mencurigakan kemungkinan berada di dalam mainan itu: “bakteri patogen yang potensial” yang dapat menyebabkan infeksi mata, telinga dan perut.

Air keruh yang dilepaskan oleh empat dari lima bebek karet, diuji kandungan bakterinya, termasuk pengujian bakteri Legionella bersama dengan bakteri Pseudomonas aeruginosa, yang sering dikaitkan dengan infeksi yang didapat di rumah sakit, kata para penulis studi tersebut.

Laporan, yang dilakukan oleh Institut Sains dan Teknologi Perairan Swiss, ETH Zurich dan Universitas Illinois, diterbitkan pada Selasa (27/3/2018) di jurnal NPJ Biofilms and Microbiomes.

Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga ... Tribun Jakarta - Tribunnews.com Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga Akibatkan Kematian

Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga … Tribun Jakarta – Tribunnews.com Ternyata Bebek Karet Teman Mandi Anak Ini Sangat Berbahaya, Hingga Akibatkan Kematian

Para peneliti menguji berbagai mainan teman mandi, dan dari 19 mainan berbeda ditemukan 75 juta sel bakteri per sentimeter persegi di bebek karet; tingkat yang sangat tinggi yang dikatakan para ilmuwan adalah hasil dari bahan polimer yang melepaskan karbon, yang bertindak sebagai nutrisi bagi bakteri. .

“Selain pasokan nutrisi, air mandi kotor juga berfungsi sebagai sumber lebih lanjut dari pembibitan mikroba untuk berbagai mainan teman mandi,” para peneliti mencatat. Mereka lalu menyarankan, menggunakan polimer berkualitas lebih tinggi untuk membuat bebek karet mungkin dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Sama dengan Kotoran Manusia

Bebek karet bukan satu-satunya alat rumah tangga yang ditemukan sebagai tempat berlindung bagi bakteri. Tahun lalu, sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa spons dapur adalah sarang kuman. Lebih dari 350 spesies bakteri yang berbeda ditemukan di 14 spons dapur kotor yang diambil dari rumah tangga pribadi.

“Itu adalah kepadatan bakteri yang sama yang dapat Anda temukan dalam sampel kotoran manusia,” kata Markus Egert, seorang ahli mikrobiologi di Furtwangen University di Jerman.

Di Balik Keimutannya, Bebek Karet Ternyata Sarang Bakteri ... Sains Kompas Bebek karet

Di Balik Keimutannya, Bebek Karet Ternyata Sarang Bakteri … Sains Kompas Bebek karet

Item lain yang menyimpan banyak bakteri adalah sesuatu yang kita cenderung paling dekat: ponsel. Penelitian menunjukkan hasil bervariasi pada jumlah kuman yang ditemukan pada ponsel. Namun Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, menemukan pada 2012 bahwa rata-rata ponsel membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kebanyakan kursi toilet.(***/independent/newyorktimes)

Share the knowledge