Ekonomi

Begini Modus Daimler Akali Emisi Gas Buangnya

Share the knowledge

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=SOKY3fl2ZKY)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=SOKY3fl2ZKY)

Daimler belum mau banyak berkomentar terkait laporan pihak berwenang Jerman yang disebut telah menemukan sejenis software (perangkat lunak) yang dapat mengakali emisi gas buang. Raksasa mobil Jerman ini diduga memasang perangkat lunak tersebut saat pengujian.

Pada Jumat (5/4/2019), pihak berwenang Uni Eropa (UE) mengatakan, Daimler, BMW, dan Volkswagen, berkolusi membatasi pengembangan teknologi pembersihan emisi pada mobil-mobil produksi mereka. Minggu (14/4/2019) Daimler mengakui pihaknya menghadapi penyelidikan atas tuduhan kecurangan itu.

Dalam tuduhan itu, Daimler disebut memasang sejenis perangkat lunak tipu daya pencemaran yang sebelumnya tidak diketahui yang diduga dipasang oleh raksasa mobil ini di beberapa kendaraan produksinya.

Perangkat lunak tersebut diduga mengurangi emisi nitrogen oksida selama pengujian. Namun di jalan, kendaraan yang terkena memuntahkan jumlah gas berbahaya yang berada di atas batas peraturan.

Postcomended   13 September dalam Sejarah: IBM Bidani Kelahiran Komputer Pertama Seberat Satu Ton

Otoritas Transportasi Motor Federal (KBA) tahun lalu telah memerintahkan Daimler untuk menarik kembali 700.000 kendaraan di seluruh dunia, termasuk 280.000 kendaraan di Jerman, atas perangkat lunak ilegal itu; suatu keputusan yang diajukan produsen mobil itu.

Daimler juga berpotensi menghadapi denda besar atas penipuan diesel. Investigasi diesel telah berjalan di Jerman sejak 2015. Temuan kecurangan ini menambah kesengsaraan industri mobil Jerman setelah Volkswagen pada 2015 mengakui kecurangan pada tes emisi di Amerika Serikat (AS), yang menyebabkan evaluasi ulang di seluruh dunia tentang bagaimana mobil diuji dan bagaimana membatasi emisi untuk membuat udara lebih bersih dan melawan perubahan iklim.

Regulator antitrust UE mengatakan bahwa setelah penyelidikan mendalam, ditemukan bahwa BMW, Daimler dan Volkswagen, termasuk unit Audi dan Porsche-nya, melanggar undang-undang UE dari 2006 hingga 2014 dengan secara ilegal menyetujui di antara mereka sendiri untuk membatasi peluncuran teknologi ramah lingkungan.

Postcomended   30 September dalam Sejarah: Nazi Bantai Ribuan Orang di Babi Yar

Tindakan ini diduga akan membatasi orang Eropa untuk memilih mobil-mobil yang dapat mengurangi polusi yang disebabkan emisi gas buang mobil, tetapi tidak pada harganya. Penyelidikan terpisah dari prosedur hukum lain terhadap para produsen mobil karena diduga melanggar undang-undang lingkungan atau menggunakan perangkat lunak ilegal di mesin mobil.

Menurut surat kabar Bild am Sonntag, seperti dilansir AFP, Minggu (14/4/2019), KBA telah memulai prosedur dengar pendapat formal. Pembuat mobil yang berbasis di Stuttgart ini telah mengonfirmasi prosedur dengar pendapat tersebut.

“Kami sepenuhnya bekerja sama dengan Otoritas Transportasi Motor Federal dan sedang mengkaji fakta,” kata Daimler dalam sebuah pernyataan. “Dalam proses persidangan, kami akan menyajikan pandangan kami kepada KBA.”

Menurut laporan Bild, tuduhan ini melibatkan sekitar 60.000 kendaraan model Mercedes-Benz GLK 220 CDI yang diproduksi antara 2012 dan 2015.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top