Beragam Destinasi Probolinggo yang Bikin Pemudik Happy - GenPI.co GenPI.co Bromo. (Foto: Pesona Indo.com)

Beragam Destinasi Probolinggo yang Bikin Pemudik Happy – GenPI.co GenPI.co Bromo. (Foto: Pesona Indo.com)

Jawa Timur itu gudangnya destinasi wisata. Setiap kota dan kabupaten di provinsi itu menawarkan suguhan wisata yang khas. Tidak kecuali di Probolinggo. Luas daerah Probolinggo boleh saja hanya seperempatnya Jakarta. Tapi soal destinasi wiasta, kamu nggak akan kehabisan pilihan. Banyak dan menarik untuk dikunjungi dalam #PesonaMudik2018.

Menteri Pariwisata juga mengamini beragam potensi pariwisata di Probolinggo. “Banyak pilihan. Mau sensasi gunung, hutan, lembah, danau, dan pantai, semua berada di Probolinggo,’’ ujar Menpar Arief di Jakarta, Kamis (31/5)

Menpar pun mengajak kita mengunjungi #PesonaDestinasiLebaran2018di Probolinggo untuk mengisi liburan panjang. “Dijamin Anda semua tak akan menyesal dengan suguhan pariwisata Probolinggo,” Menpar Arief berpromosi.

Kalau mau menerima ajakan Pak Menpar untuk mengeksplorasi Probolinggo, berikut #Top10DestinasiLebaran2018 yang nggak boleh dilewatkan.

1. Gunung Bromo

Probolinggo menempati puncak rekomendasi. Wajar saja, ikon Pariwisata Jawa Timur ini pesonanya udah nggak perlu dibantah lagi. Salah satu Destinasi Unggulan Indonesia ini sebagian berada di Probolinggo. Selain itu, destinasi kece ini juga manjadi wilayah Malang, Pasuruan, dan Lumajang.

Suguhan lautan pasir adalah kawah raksasa dalam suguhan khas Bromo. Makin kaya, kearifan lokal masyarakat setempst yang hidup bertalian dengan gunung itu. Selain yan sudah disebutkan, kawasan Bromo juga punya padang rumput, danau dan bahkan air terjun. Jadi kalau berlebaran di Probolinggo wajib kunjungi Bromo yah, guys. Kalau nggak, sia-sia deh.

Postcomended   Ingatkan Kepala Daerah, Presiden: Jangan Ada yang Main Uang Apalagi APBD

2. Gunung Argopuro

Gunung argopuro menyuguhkan dua obyek penting. Selain daya tarik puncak-puncaknya, di tempat ini kamu bisa melihat bangunan peninggalan jaman purbakala. Ada teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang terdapat di dalamnya.

3. Danau Agung

Tempat paling damai di Probolinggo adalah Agung. Oleh masyarakat sekitar danau ini disebut Ranu Agung. Ranu adalah bahasa setempat yang berarti danau. Nuansa damai dan sejuk bagai di negeri dongeng akan terasa saat kamu sampai di tempat ini. Apa lagi di waktu pagi hari. Cahaya keemasan matahari menambah indah pemandangan danau itu.

4. Danau Taman Hidup

Danau lain yang bisa kamu kunjungi di Probolinggo adalah Danau Taman Hidup. Letaknya di lembah pegunungan Argopuro. Konon, danau ini adalah tempat pemandian Dewi Rengganis beserta dayang-dayangnya. Tempat ini juga menjadi rumah dai beberapa hewan eksotik. Merak Hijau, Lutung Merah, Lutung Jawa, Kijang, babi hutan, kancil serta hewan liar lainnya, hidup nyaman di tempat ini.

5. Ranu Segaran

Destinasi yang satu ini adalah bekas kawah yang terisi oleh air sehingga menjadi danau. Selain danau, pesona lainnya adalah hutan dan pegunungan yang asri dengan udara sejuk. Ranu Segaran berada di Desa Segaran, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo. Jaraknyta hanya 30 menit dari pusat kota Probolinggo.

Postcomended   Harimau Sumatra Bonita Akhirnya Ditembak Petugas

6. Air Terjun Madakaripura

Berada di Kecamatan Lumbang, air terjun ini masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura ini berbentuk ceruk dengan perbukitan setinggi 200 meter yang mengelilinginya. Air terjun Madakaripura dinobatkan sebagai salah satu air terjun paling indah di Indonesia. Lokasinya di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

7. Air Terjun Umbulan

Tak jauh dari Air Terjun Madakaripura, ada air terjun Umbulan. Letaknya di Desa Sukapura, Probolinggo. Tebing kehijauan yang berada di sekitar air terjun ini akan memberikan suasana buat kamu yang mengunjugi tempat ini.

8. Air Terjun Kali Pedati

Air terjun lagi, guys! Tapi yang ini ada di lereng Argopuro. Tepatnya di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Keindahan air terjun dengan ketinggian 20 meter ini dijamin bakal membuat kamu sadar akan kekayaan negeri kita sebagai kemurahan Sang Khalik.

9. Beejay Bakau Resort

Mangrove Beejay Bakau Resort lebih dikenal dengan sebutan BJBR. Destinasi wisata favorit di Probolinggo ini merupakan kawasan wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang letaknya berada di pesisir pantai Mayangan.

Postcomended   Tentang #GantiPresiden2019

Aktivitas paling asyik di sini adalah jalan-jalan di hutan bakau. Hawanya adem karena limpahan angin laut. Paling ke tempat ini adalah mengajak keluarga. Bisa sekalian piknik.

10. Gili Ketapang

Sekiatar 8 km dari bibir pantai Probolinggo, ada sebuah pulau mungil di Selat Madura. Namanya Gili Ketapang. Pulau ini menyuguhkan pemandangan laut yang indah dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepinya. Pulau Gili Ketapang juga memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, sehingga menjadi spot yang cocok untuk snorkling maupun diving.

Share the knowledge