Seperti Milenials lainnya, kamu mungkin sulit lepas dari ponselkesayangan. Wajar, karena hampir semua kehidupanmu ada di dalam ponsel. Mulai dari pekerjaan, permainan, dan juga hiburan. Makanya, tak heran kalau kamu bawa ponselmu ke mana-mana, termasuk ke toilet saat BAB. 

Tapi nih ya, kebiasaan membawa HP ke mana-mana itu sebenarnya nggak baik. lho. Selain nggak sedap dipandang karena ketergantungan, HP yang selalu kamu genggam setiap saat nyatanya ngaruh banget sama kesehatan. Apalagi nih, kalau sampai sering kamu bawa masuk juga ke dalam toilet saat kamu sedang buang air besar (BAB).

Sebuah studi yang pernah dilakukan Universitas Arizona menyebutkan bawa 9 dari 10 smartphone berpotensi membawa virus penyakit yang disebabkan mikroba dan 16% dinyatakan positif dari kotoran.

Postcomended   Takut Sesat di Jalan? Unduh Aplikasi Moovit!

Bakteri yang ditemukan di HP juga termasuk kuman yang bisa mengirimkan virus novo, salmonella, shigella, hepatitis A, MRSA, flu perut dan e-coli.

Nah, jadi penasaran kan? Berikut beberapa alasan kenapa kamu nggak boleh bawa masuk HP-mu ke dalam kamar mandi, terutama yang hobi banget masih mainin HP-nya saat sedang BAB, seperti dihimpun brilio.net dari Times of India, Senin (12/2):

Ketika kamu membawa HP ke dalam toilet sama saja membuat HP-mu tertempel kuman dan bakteri. Banyak ahli kesehatan mengatakan saat kamu membersihkan bokong dan tangan sesudah BAB, lalu langsung menggenggam HP sama saja membuat cuci tanganmu sia-sia. Sebab pada saat itu kuman yang masih menempel di tangan (tak terbilas dengan baik) langsung menempel di HP-mu.

Postcomended   Rusia Bagai Punya Amunisi Ketika Babi Guinea dan Kucing Sergei Skripal Dilaporkan Mati

oilet rumahmu aja sebenarnya masih banyak kuman dan bakteri. Lalu apa jadinya dengan toilet umum? Bisa bayangin, kan?

Ya, toilet umum yang digunakan banyak orang itu jelas mempunyai kadar kontaminasi bakteri yang sangat kompleks.

Yakin HP yang kamu bawa ke toilet nggak ketempelan sama ribuan bakteri bekas orang-orang yang memakai toilet?

Poin ini akan menjelaskan masalah utama kenapa HP nggak boleh dibawa ke dalam toilet. Beberapa peneliti mengatakan bahwa HP menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal para bakteri.

Alasannya adalah HP adalah benda yang sering memanas dan bisa memberikan lingkungan yang hangat untuk bakteri bertahan dan tumbuh.