Ekonomi

Berharap, Perekonomian Indonesia Tumbuh Tahun 2019. Bisakah itu?

PERTUMBUHAN EKONOMI TINGGI: Mungkin Indonesia Perlu Menunggu Hingga 2019 Finansial - Bisnis.com

PERTUMBUHAN EKONOMI TINGGI: Mungkin Indonesia Perlu Menunggu Hingga 2019 Finansial – Bisnis.com

Indonesia berdiri dengan berjuta permasalahan hidup bangsanya yang pelik. Dibalik kekayaan alamnya, masalah ekonomi masih menghampiri Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Masalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kurang mencapai target membuat anak kemiskinan semakin tinggi. Pemerintah harus memeras otak lebih keras lagi.

Menteri keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, adalah sosok menteri wanita Indonesia yang sangat berpengaruh dalam prospek perekonomian Indonesia. Wanita tangguh ini selalu menyatakan targetnya yang tidak abal-abal. Selalu direalisasikan. Peraturan akan kebijakan pajak yang ketat pun juga menjadi inisiatifnya dan berhasil dilakukan, terbukti dengan naiknya presentase pajak Indonesia, sehingga masih memiliki sisa untuk kas negara.

Kini Bu Menteri memberikan statement rencananya akan target pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara umum di tahun depan. Sebuah tantangan besar bagi beliau, mengingat selama ini perekonomian Indonesia selalu terpuruk. Berat untuk naik namun ringan untuk turun. Bahkan untuk stabil pun sangat sudah.

Postcomended   4 Mei dalam Sejarah: Angela Bowie Bongkar Hubungan Intim David Bowie dan Mick Jagger

Prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia belum membaik. Terbukti dengan masih banyaknya fasilitas umum yang belum lengkap dan belum diperbaiki. Bahkan kesejahteraan masyarakat pun semakin tidak merata. Bukan hanya itu saja, pengangguran semakin banyak dan rakyat perbatasan yang pindah negara pun semakin banyak. Untuk itulah salah satu dari tujuan target kenaikan ekonomi Indonesia adalah untuk mengatasi kesenjangan sosial tersebut.

Sri Mulyani menyatakan dan yakin bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 akan naik mencapai 5,8%. Sebuah pencapaian yang tergolong tinggi, karena sudah hampir mendekati 6%. Lagi pula untuk ukuran target ekonomi, angka kenaikan 5% adalah angka yang berani. Target yang diutarakan itu pun sudah melalui perhitungan dan pertimbangan yang matang.

Adapun target 5,8% tersebut dijabarkan secara detail oleh Menteri Keuangan Indonesia ini. Penjabarannya adalah berupa tindakan atau actionnya. Di mana pemerintahan akan memberikan bimbingan RNA pengarahan secara intensif kepada rakyat baik secara individu maupun kelompok untuk meningkatkan Sumber Daya Manusianya, sehingga bisa mengelola Sumber Daya Alam dengan baik. Hal ini penting dan menjadi kunci yang harus direalisasikan dalam mencapai rentang angka target 5,4% sampai dengan 5,8% tersebut. Kekayaan alam yang melimpah di Indonesia harus dikelola oleh bangsanya sendiri namun harus diimbangi dengan enggan keunggulan kualitas SDMnya.

Postcomended   Thai Airways Larang Penumpang Gemuk Duduk di Kelas Bisnis

Dengan tingginya SDM, maka kesempatan kerja akan lebih banyak, karena pada domestik dan mancanegara akan lebih ramai. Semua aspek berbaur menjadi satu, sehingga kemudian kesejahteraan tercipta.

Selain itu, alasan lain dari Sri Mulyani dalam menyatakan target kenaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019 adalah untuk memanfaatkan momentum. Momentum tentang tingginya lalu lintas investasi. Banyak orang yang tergila-gila dengan investasi kini, sehingga bukan tidak mungkin jika dengan investasi jugalah perekonomian Indonesia bisa membaik.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top