Kenali Tanda dan Bahaya Anak Kecanduan Gadget - Kompas.com Lifestyle Kompas780 × 390Search by image

Kenali Tanda dan Bahaya Anak Kecanduan Gadget – Kompas.com Lifestyle Kompas780 × 390Search by image

Di era teknologi seperti saat ini, tak asing melihat balita bermain dengan tablet yang seukuran badannya. Dan meskipun hal ini telah dikritik oleh pakar anak-anak dan periset remaja, ratusan aplikasi untuk anak balita yang tersedia di toko aplikasi, membuktikan banyak orang tua –dan pengembang aplikasi– tidak memedulikan peringatan. Namun penelitian menyebutkan, sejauh tanda-tanda kecanduan tak muncul, bermain tablet berjam-jam pun tak masalah.

Aplikasi di tablet menjadi sumber hiburan yang cepat dan mudah. Bahkan ada aplikasi yang mampu mengajari keterampilan motorik dan koordinasi antara mata dan tangan.

Postcomended   Trauma Emosional dan Pengabaian di Masa Kecil Bikin Otak Tumbuh Kecil dan Buram

Maka bisa dipahami mengapa orang tua menerima atau bahkan bergantung pada aplikasi untuk anak-anak tersebut.

Namun perlu diketahui, keterpaparan masa kecil terhadap layar, termasuk permainan video, televisi, komputer, dan tablet, mungkin bertanggung jawab atas kecenderungan kecanduan baru yang meningkat: kecanduan layar.

Dilansir Independent, bukan masalah berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak di depan layar, menurut penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Psychology of Popular Media Culture, adalah, bagaimana anak-anak menggunakan perangkat.

Ini adalah prediktor terkuat masalah emosional atau sosial yang terkait dengan kecanduan layar.

“Jadi bagaimana tepatnya cara mengetahui apakah anak-anak kecanduan layar? Perhatikan tanda-tanda ini: yakni jika waktu mereka di depan layar mengganggu aktivitas sehari-hari, menyebabkan konflik bagi anak atau keluarga, atau menjadi satu-satunya aktivitas yang membuat anak senang.

Postcomended   Anak-anak Rentan Tiru Adegan Kekerasan di Televisi

Jika tanda-tanda ini sudah terlihat, mungkin sudah waktunya orang tua untuk bertindak, karena kecanduan pada layar akan terkait dengan masalah hubungan, perilaku, dan emosi.

Kabar baiknya adalah, selama anak tidak menunjukkan tanda-tanda kecanduan layar, kemungkinan besar permainan di tablet selama berjam-jam benar-benar baik untuk menghibur mereka.***

 

Share the knowledge