Setiap sehabis sahur sepanjang Juni 2017, setitik cahaya terang akan terlihat di langit tenggara. Banyak yang menduga itu bintang, padahal dia adalah Planet Venus. Karena terangnya melebihi bintang, maka manusia di Bumi menyebutnya bintang: “bintang kejora”.

Langitselatan.com menulis, dia akan tampak di sepanjang bulan Juni 2017. Dia akan menjadi bintang fajar yang terbit 3 jam sebelum Matahari terbit, karenanya dia disebut juga Bintang Fajar. Posisi ini merupakan kesempatan yang baik untuk melihat Venus yang sedang membentuk sudut setara 45º dari Matahari.

Postcomended   500 Juta Tahun Setelah "Ledakan Besar", Bintang Pertama Mulai Berkedip

Namun pada periodenya, Venus juga bisa muncul setelah matahari terbenam, karenanya sering juga disebut Bintang Senja.

Saat Merkurius mencapai titik terjauh dari Bumi tanggal 21 Juni, planet Venus akan tampak berpasangan dengan Bulan sebelum Matahari terbit. (https://langitselatan.com/2017/06/01/fenomena-langit-bulan-juni-2017/).

Apa perbedaan mendasar antara bintang dan planet? Selama ini kita terbiasa dengan analogi bahwa bintang berkelap-kelip. Tak salah, karena itulah yang membedakan bintang dengan planet: bintang, sekecil apapun yang terlihat, akan tampak berkelap-kelip. Sementara planet tidak.

Postcomended   20 November dalam Sejarah: SETI Didirikan untuk Menemukan Kecerdasan Lain di Luar Bumi