Protes Aung San Suu Kyi, Bob Geldof kembalikan penghargaan - BBC ... Tempo.co976 × 548Search by image EPA Musisi dan aktivis Irlandia Bob Geldof mengatakan bahwa dia merasa 'malu' memiliki penghargaan yang sama dengan Suu Kyi.

Protes Aung San Suu Kyi, Bob Geldof kembalikan penghargaan – BBC … Tempo.co976 × 548Search by image EPA Musisi dan aktivis Irlandia Bob Geldof mengatakan bahwa dia merasa ‘malu’ memiliki penghargaan yang sama dengan Suu Kyi.

Bob Geldof konsisten sebal pada Aung San Suu Kyi. Sejumlah media melaporkan Senin (13/11/2017), penyanyi dan aktivis gaek ini mengembalikan penghargaan “Freedom of the City” dari kota Dublin, Irlandia, dan mengatakan bahwa dia tak sudi dikaitkan dengan penghargaan yang juga dipegang oleh Suu Kyi. “Hubungannya dengan kota kita membuat kita semua malu,” ujar Geldof.

Seperti diketahui, peraih Nobel Perdamaian asal Burma (Myanmar), Aung San Suu Kyi, telah mendapat kritik luas mengenai perlakuannya terhadap minoritas Muslim Rohingya. Sikap tegas Geldof ini menyusul kritik pedasnya 5 Oktober lalu saat berpidato di acara pembukaan konferensi One Young World, di Bogota, Kolombia, 

Waktu itu, Geldof tanpa menyebut nama Suu Kyi secara langsung, mengatakan, Suu Kyi adalah salah satu pelaku pembersih etnis paling hebat di muka Bumi. “Satu (pemenang Nobel) di Myanmar, menghina mereka semua,” ujarnya waktu itu.

Postcomended   Myanmar Takut Negaranya Jadi Muslim Seperti Indonesia

 

Tertanggal 18 Juni 2012, Suu Kyi rupanya juga memperoleh penghargaan Freedom of the City dari pemerintah kota Dublin. Geldof mengatakan, dia akan mengembalikan penghargaan sama dengan yang diterima Suu Kyi tersebut pada Senin pagi (13/11/2017).

Protes Aung San Suu Kyi, Bob Geldof kembalikan penghargaan - BBC ... Tempo.co976 × 549Search by image Aung San Suu Kyi

Protes Aung San Suu Kyi, Bob Geldof kembalikan penghargaan – BBC … Tempo.co976 × 549Search by image Aung San Suu Kyi

Dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip situs Foxnews, Geldof berkata, “Hubungannya dengan kota kita membuat kita semua malu dan kita seharusnya tidak memiliki keterkaitan dengan hal ini. Kami menghormatinya, tapi sekarang dia mengerikan dan memalukan kami.”

Postcomended   Riz Ahmed, Muslim dan Asia Pertama yang Memenangkan Emmy Awards

Geldof, kelahiran Irlandia yang juga menerima gelar ksatria kehormatan dari Ratu Inggris untuk kegiatan amalnya, mengatakan bahwa dia adalah seorang “warga Dublin yang bangga” namun tidak dapat terus memegang penghargaan Freedom tersebut sementara Suu Kyi juga mempertahankannya.

Dia menambahkan: “Singkatnya, saya tidak ingin dikaitkan dengan cara apapun dengan individu yang saat ini terlibat dalam pembersihan etnis massal orang Rohingya di Burma barat laut. “Saya adalah pelindung dari pendiri The Aegis Trust, yang peduli dengan pencegahan dan riset mengenai genosida.”

Protes Situasi Rohingya, Geldof Akan Kembalikan Penghargaan Dublin VOA Indonesia256 × 144Search by image Reformasi Pajak AS Tak Menentu, Bursa Saham Asia Rontok

Protes Situasi Rohingya, Geldof Akan Kembalikan Penghargaan Dublin VOA Indonesia256 × 144Search by image Reformasi Pajak AS Tak Menentu, Bursa Saham Asia Rontok

 

Postcomended   Serat, Susu, dan Air, Satukan Islam dan Yahudi

Dari Wikipedia, Freedom of the City adalah penghargaan yang diberikan oleh Dewan Kota Dublin. Para penerimanya adalah orang-orang yang dipilih atau ditunjuk oleh Wali Kota Dublin.

Hingga saat ini telah ada 82 orang yang menerima penghargaan ini sejak pertama diberikan pada 1876. Para penerimanya dianggap telah memberikan kontribusi pada kehidupan kota atau Irlandia pada umumnya, termasuk politisi, pegawai negeri, aktivis kemanusiaan, seniman dan penghibur. Penghargaan juga diberikan kepada anggota terhormat diaspora Irlandia dan pemimpin asing yang pernah mengunjungi Dublin. ***