The Beast (CNN)

Demi pamer limosin kepresidenannya kepada Kim Jong Un, Donald Trump melanggar protokoler. Dia mengambil jalan memutar yang tidak terjadwal untuk memamerkan kepada Kim mobil limo Cadillac yang dikenal sebagai “The Beast” tersebut. Apakah Kim terkesan?

Tidak diketahui apa maksud Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memamerkan limo kepresidenannya kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Namun seperti diketahui, Kim adalah penggemar berat budaya Amerika dan barang-barang mewah.

Associated Press (AP) melaporkan, ketika kedua pemimpin itu berjalan di sekitar hotel mewah Capella di Singapura, Trump membawa Kim ke mobilnya. Dia memberi isyarat kepada agen Secret Service untuk membuka pintu, memungkinkan pemimpin Korut tersebut mengintip ke dalam mobil.
Kim tampak tersenyum. Entah karena benar-benar terkesan atau sekadar sopan santun.

Ketika di satu sisi The Beast adalah limosin mewah, di sisi lain dia bagaikan tank. Mobil produksi Cadillac ini dibangun pada platform truk tugas-menengah.

Dilansir The Hill, kendaraan ini memiliki kemampuan ofensif dan defensif, termasuk peluncur gas air mata, tangki bahan bakar berlapis baja, ban baja-berbingkai dan senapan pompa-tindakan yang tersimpan di dalam.

Mobil itu juga menyimpan peralatan medis yang berpotensi menyelamatkan jiwa jika sang presiden terluka, termasuk kantong darah yang cocok untuk golongan darah presiden, dan kotak pertolongan pertama.

Bagian dalam mobil tertutup rapat dan memiliki sistem lingkungan sendiri di kapal, dengan pasokan oksigen darurat yang dapat digunakan dalam kasus serangan kimia.

Tidak Memiliki Lubang Kunci
Pintu mobil tidak memiliki lubang kunci. Hanya agen Secret Service yang menyertai presiden yang tahu cara membukanya. Satu-satunya jendela yang berfungsi adalah jendela di bagian pintu samping pengemudi, jika agen perlu membayar tol.

Pembangunan The Beast saat ini diyakini menelan biaya lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar 1,5 miliar) per unit, dan merupakan salah satu dari 12 armada yang digunakan untuk mengangkut presiden. Dengan berat hampir 9 ton, pintu besi setebal 8 inci memiliki bobot yang sama dengan yang ada pada jet penumpang Boeing 757.

Untuk semua persenjataannya yang menakutkan, armada The Beast telah menghadapi beberapa permasalahan. Pada 2013, salah satu mobil mogok ketika Presiden Barrack Obama sedang dalam perjalanan ke Israel.

Kegagalan itu disebabkan oleh pengemudi yang salah menempatkan jenis bahan bakar di dalamnya. Dua tahun sebelumnya, ketika Obama mengunjungi Irlandia, kendaraan ini terjebak di sebuah polisi tidur di luar Kedutaan Besar AS di Dublin.(***/newsweek)

Share the knowledge