Keluarga

Bocah Amerika Curang, Tanyakan PR Matematikanya kepada Perangkat “Kecerdasan Buatan” Amazon

Share the knowledge

 

Jared (6) tepergok ibunya menanyakan soal matematika yang menjadi PR-nya kepada Alexa (gambar dari: http://www.rightthisminute.com/post/kid-gets-busted-asking-alexa-homework-answers)

Jared (6) tepergok ibunya menanyakan soal matematika yang menjadi PR-nya kepada Alexa (gambar dari: rightthisminute.com)

Mungkinkah terjadi suatu masa ketika murid sekolah mengerjakan pekerjaan rumah (PR) hanya “ditemani” aplikasi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI)? Setidaknya ini telah dilakukan seorang bocah kelas awal sekolah dasar di Amerika Serikat (AS) yang meminta “Alexa” menjawab PR-nya. Siapa Alexa? 

Seorang anak berusia enam di negara bagian New Jersey, AS, tertangkap basah oleh ibunya ketika dia meminta Alexa untuk menjawab pekerjaan rumahnya. Si bocah mencatat di ponselnya sebelum berteriak pada Alexa. Siapa Alexa? Nama baby sitter si bocah, atau nama guru lesnya?

Alexa adalah satu produk teknologi keluaran Amazon, satu perusahaan pengecer daring terbesar di dunia, sekaligus perusahaan yang kini juga bergerak di dunia teknologi digital.

Jika dijelaskan lebih lanjut, Alexa adalah suatu asisten digital berbasis teknologi AI. Dia ditempatkan di dalam perangkat buatan Amazon bernama Echo, speaker yang terhubung dengan wifi. Echo dilengkapi mikrofon sehingga Alexa bisa diajak bicara oleh penggunanya.

Alexa bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi dasar, sehingga tidak heran dia bisa menjawab pertanyaan berhitung sederhana si bocah bernama Jariel ini. Namun pihak Amazon terus berupaya meningkatkan kecerdasan si Alexa  agar bisa lebih banyak menerima perintah.

Postcomended   "Kekhalifahan" ISIS Tinggal Tersisa Beberapa Ratus Meter Saja

Melihat kelakuan anaknya, ibu si bocah, Yerelyn Cueva (24), membagikan video klip pendek putranya ini ke akun Twitter-nya. Para orang tua tentu berharap anak-anaknya mengerjakan PR dengan kemampuan dirinya sendiri.

Di dalam video itu, Jariel bertanya, “Alexa, berapa lima minus tiga?” Amazon Echo dengan cepat menjawab dengan jawaban yang benar, sebelum Anda kemudian mendengar sang ibu masuk ke ruangan dan berteriak pada anaknya yang curang: “Boy!” Video milik Cueva ini terliat telah dilihat oleh lebih dari 8 juta warganet.

Postcomended   Mantan Karyawan Apple Asal Cina Dituduh Curi Rahasia Dagang Apple

Kepada New York Post, Cueva menjelaskan bahwa yang terjadi di video yang dibagikannya itu sekadar hari-hari biasa seorang anak mengerjakan pekerjaan rumahnya. “Aku di ruang tamu, dan aku mendengar dia menanyakan kepada Alexa beberapa soal matematika, dan aku tidak bisa mempercayainya! Yang tidak Anda lihat adalah setelah dia (anaknya) berkata, ”terima kasih Alexa telah membantu saya mengerjakan pekerjaan rumah saya’,” Cueva mengatakan.

Menurut Cueva, Alexa baru berada di rumahnya selama seminggu sebelum dia menangkap basah Jariel menggunakannya untuk curang pada pekerjaan rumah musim dingin kelas satunya. “Yang lucu adalah matematika itu sebenarnya pelajaran favoritnya,” kata Cueva. “Saya terkejut karena dia tahu hal ini. Dia hanya malas. Mengambil jalan pintas,” jelas Cueva.

Cueva mengatakan, Alexa adalah perangkat yang hebat. Namun dia tampaknya harus memutuskan menyimpannya dulu. Dia mengatakan bahwa Jariel sangat cerdas dan di kelas dia selalu mengajukan pertanyaan yang berbeda dari anak-anak lain, dan selalu sangat matang secara mental. Tapi sekarang, Cueva mengatakan harus mematikannya. “Supaya dia tidak terus-menerus berbuat curang,” tambahnya.***

Postcomended   "Feminisme" Dinobatkan sebagai Kata Tahun Ini, Kata "Dottard" Membuntuti

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top