5 Jenis Anjing yang Dilarang Ditangkarkan di Dunia Caping480 × 263Search by image ... Pit bull, sehingga menyebabkan adanya pelarangan penangkaran dan pemeliharan anjing sejenis Pit Bull. Pada tahun 1991, Parlemen Inggris bahkan melarang ...

5 Jenis Anjing yang Dilarang Ditangkarkan di Dunia Caping480 × 263Search by image … Pit bull, sehingga menyebabkan adanya pelarangan penangkaran dan pemeliharan anjing sejenis Pit Bull. Pada tahun 1991, Parlemen Inggris bahkan melarang …

Malang menimpa bocah Malang berusia 8 tahun. Bermaksud mengambil bonekanya yang jatuh ke kandang anjing pitbull peliharaan orang tuanya, gadis kecil ini malah digigit anjing tersebut hingga tewas. Pitbull adalah jenis anjing yang bahkan dilarang dipelihara di Inggris. Anjing jenis ini bertanggung jawab pada sejumlah kejadian yang menewaskan korbannya di seluruh dunia.

Anjing yang menewaskan bocah bernama Ramisya Bazigha ini, diketahui dari jenis pitbull classic. Peristiwa ini terjadi di kediaman korban di Lowokwaru, Kota Malang, pada Minggu petang (6/8/2017).

Saat kejadian, bocah kelas dua SD ini sedang bersama neneknya di rumah. Sang nenek berusaha menolong korban namun gagal, hingga warga dan aparat kepolisian datang ke rumah.

Saat kejadian, anjing bernama Julio Cesar itu dalam keadaan dirantai. Ayah Ramisya, Wisnu, sudah memelihara anjing itu sejak empat tahun lalu. Berdasarkan keterangannya, Ramisya biasa bercengkerama dengan anjing itu.

Inspektur Polisi Satu, Imam Muhson Ridho, Kepala Unit K-9 Polres Kota Malang, Senin (7/8/2017), mengatakan, pihaknya sudah mengamankan anjing itu di Polresta Malang, dan rencananya akan dicarikan bapak asuh. Kepolisian berencana memanggil saksi-saksi termasuk orang tua Ramisya untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian, dll.

Postcomended   Seruan Boikot: Starbucks Tegaskan Lagi Dukungan Kepada LGBT

Anjing berjenis pitbull classic, kata Imam, adalah anjing berkarakter one man; hanya patuh pada satu majikan. Jadi, orang lain harus berhati-hati saat mendekatinya.

Situs Petlogue.com menyebutkan, manusia sebaiknya menghindari memelihara sejumlah anjing ras berbahaya jika tanpa pengetahuan apalagi kalau sekadar untuk lucu-lucuan. Salah satu yang harus dihindari adalah jenis pitbull.

Petlogue menulis, tingkat kematian yang disebabkan anjing pitbull jauh lebih tinggi dibandingkan anjing jenis lain. Karena sifat alaminya yang agresif, beberapa negara melarang mengembangbiakkan pitbull. Ia bahkan bisa menyerang dan menggigit manusia tanpa diprovokasi.

Postcomended   Miyabi dan Lelakinya

Untuk menghilangkan sifat agresifnya, anjing ini membutuhkan pelatihan yang cukup lama dan hanya bisa dilakukan para ahli. Saking agresifnya, anjing ini malah banyak yang sengaja melatihnya untuk menjadi anjing petarung pada kegiatan tarung anjing ilegal. Jenis anjing lainnya yang berbahaya dipelihara di rumah-rumah adalah rottweiler, german shepherd, boxer, dan doberman.

Pada 2016, polisi Inggris menyita hampir 5.000 ekor anjing yang diduga dari jenis terlarang, bahkan sebagian dimusnahkan. Jenis anjing yang dilarang UU tahun 1991 ini termasuk pitbull terrier, tosa Jepang, dan mastiff Argentina.

Anjing jenis pitbull pada umumnya, tergolong anjing yang paling sering dilaporkan menyerang manusia bahkan menewaskan majikannya. Pada Agustus 2011 di San Fransisco, AS, seorang perempuan hamil berusia 32 tahun, tewas diserang dua anjing pitbull miliknya sendiri.

Seorang petugas polisi menceritakan, korban ditemukan oleh suaminya dengan kondisi luka parah di tubuh bagian atas. Satu anjing pitbull penuh darah berada di atas tubuh perempuan itu, satu lagi berada di pojok rumah.

Postcomended   Jangan takut bermain harmoni

Februari 2012, seorang bayi 11 bulan di Blackburn, Inggris, tewas diserang anjing saat tidur di rumahnya. Ibu si bayi, Chloe King (20) dan kekasihnya Lee Wright (26) yang merupakan pemilik anjing tersebut, ditangkap polisi.**(ra)

 

Share the knowledge