Ekonomi

“Bohemian Rhapsody” Puncaki Box Office di Setiap Negara yang Memutarnya, Brian May Berterimakasih #HariAyahNasional

Share the knowledge

Brian May, Rami Malek (pemeran Freddie Mercury) dan Roger Taylor, berfoto Bersama saat peluncuran "Bohemian Rhapsody" di London (Kredit: By Mike Marsland/WireImage --via Vanity Fair)

Brian May (gitaris Queen), Rami Malek (pemeran Freddie Mercury) dan Roger Taylor (drummer Queen), berfoto bersama saat peluncuran “Bohemian Rhapsody” di London (Kredit: By Mike Marsland/WireImage –via Vanity Fair)

Ulasan-ulasan negatif terhadap film biopik “Bohemian Rhapsody”, gagal membuat film dengan tokoh sentral vokalis grup band rock Queen ini, Freddie Mercury, menjauh dari puncak box office. Pesona grup band asal Inggris ini telah membuat para penggemarnya mengabaikan komentar-komentar buruk para kritikus. Secara mengesankan, film tentang “pahlawan” musik ini –bukan pahlawan ala komik DC yang langganan box office– berhasil memuncaki box office dunia, termasuk di Indonesia. Gitaris Queen, di akun Instagram-nya, mengaku terkesan atas sambutan penonton.

Ulasan negatif atas film ini: kontroversi mengenai keakuratan sejarah dan isu-isu sensitif seperti sosok Mercury yang biseksual dan meninggal akibat AIDS, tampaknya diabaikan penonton. Film ini dibuka dengan 50 juta dollar AS secara domestik (di Amerika Serikat) dan 141 juta dollar AS di seluruh dunia akhir pekan lalu.

Forbes menyebut, itu jumlah yang sangat besar untuk film semacam ini di era Netflix. Bahkan dengan menghitung inflasi, ini adalah debut domestik terbesar kedua untuk film biografi musik.

Turun hanya 11% dari sesi pembukaannya, Bohemian Rhapsody menghasilkan pendapatan sebesar 5,75 juta poundsterling (sekitar Rp 85 miliar) pada akhir pekan kedua pemutarannya di Inggris, negeri asal Queen dan Mercury. Menurut ulasan The Guardian, hanya lima film lain tahun ini yang berhasil mendapatkan 5 juta pound di akhir pekan kedua pemutarannya di bioskop Inggris: Black Panther, Avengers: Infinity War, Jurassic World: Fallen Kingdom, Incredibles 2, dan Mamma Mia! Baiklah, kita lanjut lagi.

Postcomended   Siswi Inggris Pendukung ISIS yang Hamil Ingin Pulang

Di antara judul-judul itu, hanya sekuel Jurassic World yang gagal merobohkan perolehan total 50 juta pound di bioskop-bioskop Inggris. Film yang dibintangi Rami Malek sebagai Freddie Mercury ini dibuka di AS pada akhir pekan dengan 51 juta dollar AS. Penghitungan global mencapai 94 juta dollar AS.

Di Indonesia, film yang menceritakan perjalanan hidup Freddie Mercury dan Queen ini telah ditayangkan sejak 31 Oktober lalu, dan menjadi box office domestik. Informasi ini bahkan disampaikan sang gitaris Queen, Brian May, melalui tabel yang dipostingnya di akun Instagram-nya Selasa (6/11/2018).

Di table tersebut terlihat bahwa dalam minggu perdana penayangannya di Indonesia, Bohemian Rhapsody meraup lebi dari 1 juta dollar AS (sekitar Rp 15,2 miliar) dan ditayangkan di 402 layar. Namun jumlah itu kalah dari Korea Selatan yang berhasil meraup 5,7 dollar AS. Korea Selatan dan Indonesia adalah dua kota di Asia yang mewakili daftar negara-negara yang diposting May yang tekah menayangkan film tersebut. Berada di puncak perolehan terbesar adalah Prancis dengan 7,7 dollar AS.

Postcomended   Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2018 Versi Skytrax: Garuda Ada di...

May menulis kepsyen pada postingannya itu: “Saya biasanya tidak mempublikasikan hal-hal seperti ini. Tetapi ini adalah momen yang sangat menarik. Film Freddie kami langsung ke nomor 1 di Inggris minggu lalu, dan akhir pekan ini diputar di 4.000 layar di Amerika Serikat, menjadi film teratas di sana. Sekarang kita melihat ringkasan dari belahan dunia lain. BOHEMIAN RHAPSODY adalah Nomor Satu di setiap wilayah yang dibuka sejauh ini. Luar biasa.”

May juga berterimakasih kepada kepada para penonton yang telah bergegas keluar rumah untuk menonton film ini, tertawa dan menangis menyaksikannya. May menulis, “Aku sungguh senang dengan komentar kalian –mulai (komentar) “Ini film terbaik yang pernah kutonton”, sampai “Aku menangis 50 kali”…Yang kami inginkan adalah film ini bisa menyentuh dan menginspirasi mereka.”***

View this post on Instagram

I don’t usually publish stuff like this. But this is a uniquely thrilling moment. Our Freddie film went straight to number 1 in the UK last week, and this weekend it played on 4,000 screens in the USA, becoming easily the top film there. Now we see this summary of the rest of the world. BOHEMIAN RHAPSODY is Number One in every territory it’s opened in so far. Incredible. The most interesting bits are the comments to the extreme right if you zoom in. A million thanks to all of you who have rushed out to see it and laughed and cried and whooped with joy with us, as you’ve told us. I’m bowled over by your comments – from “It’s the best film I’ve ever seen” to “I cried 50 times”… What we always wanted was for the film to touch people and inspire them. You’re telling us that is what it does. That’s good enough. Good night and sweet dreams all. Some dreams do come true. Here’s hoping yours do. But be careful what you wish for !!! Bri

A post shared by Brian Harold May (@brianmayforreal) on

 

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top