Bom Sisa Perang Dunia II | dunia | DW | 31.08.2012 DW Operasi penjinakan bom biasanya berjalan dengan baik. Namun setelah 70 tahun terpendam di tanah, kekutaan yang ditunjukkan bom-bom tersebut masih membuat ...

Bom Sisa Perang Dunia II | dunia | DW | 31.08.2012 DW Operasi penjinakan bom biasanya berjalan dengan baik. Namun setelah 70 tahun terpendam di tanah, kekutaan yang ditunjukkan bom-bom tersebut masih membuat …

Ribuan orang dievakuasi dari distrik sibuk Berlin, Jerman, pada Jumat (20/4/2108), termasuk dari kantor Kedutaan Besar RI (KBRI) yang berada di sana, setelah sebuah bom sisa Perang Dunia (PD) II yang belum meledak seberat 500 kg, ditemukan di dekat stasiun kereta api pusat kota. Temuan bom di kota-kota sibuk di Jerman telah seringkali terjadi. Bahkan pada 2014, bom sisa PD II yang tergilas buldoser meledak dan menewaskan sopir buldoser. Bom yang beratnya 500 kg ini juga belum seberapa dibanding bom temuan pada Natal 2016.

Temuan bom itu memaksa polisi melakukan evakuasi dalam radius 800 meter dari TKP mulai pukul 9 pagi. The Independent melaporkan, satu rumah sakit militer, sejumlah kantor pemerintahan, kedutaan asing, museum, serta rumah-rumah susun, berada dalam radius yang dibersihkan untuk memungkinkan pihak berwenang melakukan tindakan pencegahan.

Sebanyak sekitar 10.000 orang yang terpaksa meninggalkan rumah-rumah mereka, dievakuasi sementara ke tempat penampungan. Bom diketahui ditemukan selama pekerjaan konstruksi dekat stasiun kereta api pusat kota. Polisi mengatakan, temuan bom tersebut tidak akan menimbulkan bahaya segera, kecuali sedikit kekacauan lalu lintas.

Postcomended   Kasus Perkosaan dan Pembunuhan Asifa Bano: Jurnalis dan Aktivis India Geram

Lebih dari tujuh dekade setelah berakhirnya perang, ratusan bom hidup dan amunisi masih ditemukan di Jerman setiap tahun. Jerman boleh jadi bagai “ladang bom” yang dimulai ketika pada 1 September 1939 negara ini menginvasi Polandia yang memicu pecahnya PD II di Eropa.

Postcomended   Bahaya! Temuan Geng Teroris di Mako Brimob ini Bikin Ngeri

Pada Januari 2014, sebuah buldoser menggilas apa yang diyakini pihak berwenang sebagai bom era Perang Dunia II di Euskirchen, 30 km dari kota Clogne. Bom meledak, yang menewaskan sopir buldoser dan melukai 13 orang lainnya, serta merusak rumah-rumah.

September tahun lalu, sebuah bom seberat 1.400 kilogram ditemukan di Frankfurt menyebabkan hampir 60.000 orang dievakuasi sementara para ahli menjinakkan bom tersebut.

Mei tahun yang sama, lebih dari 50.000 orang dievakuasi dari Hanover setelah sebuah bom ditemukan selama pekerjaan pra-konstruksi di sebuah situs di distrik Vahrenwald.

Pada Hari Natal 2016, 50.000 lainnya dipaksa meninggalkan Augsburg di Jerman selatan setelah bom 1.800 kg ditemukan di bawah garasi parkir bawah tanah. Bom udara buatan Rusia seberat 100 kilogram ditemukan di dekat rel kereta api yang mengarah ke stasiun utama Berlin pada 2013.