Internasional

Bonsai Senilai Miliaran Rupiah Dicuri, Pemilik Instruksikan Perawatan “Anak-anak”-nya Itu

Share the knowledge

 

Salah satu jenis bonsai shimpaku. Harganya bisa mencapai miliaran rupiah (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=cTFSJuPeT9g)

Salah satu jenis bonsai shimpaku. Harganya bisa mencapai miliaran rupiah (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=cTFSJuPeT9g)

Dua penggemar Bonsai telah meluncurkan permohonan emosional kepada pencuri yang mencuri tujuh pohon bonsai mereka. Saking cemaskan pada kesehatan bonsai-bonsainya, mereka menginstruksikan perawatan untuk “anak-anak” mereka itu.

Seiji Iimura dan istrinya Fuyumi mengatakan, pohon-pohon mini berharga itu diambil dari kebun mereka di Saitama, dekat Tokyo. “Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan bagaimana perasaan kita,” tulis Mr Iimura. “Mereka berharga (bagi kita).”

Pohon-pohon kecil itu bernilai setidaknya 13 juta yen (sekitar Rp 1,6 miliar),  lapor CNN. Berasal dari Asia Timur dan sering dikaitkan dengan Jepang, Bonsai adalah bentuk seni yang halus berdasarkan teknik budidaya spesialis.

Postcomended   Gelombang Panas hingga Topan yang Menerjang Jepang Bukan Bencana Biasa

Tanaman miniatur ini ditanam dalam pot dengan meniru bentuk pohon berukuran penuh, dan membutuhkan perawatan khusus. Salah satu pohon yang dicuri adalah Shimpaku Juniper, salah satu jenis Bonsai yang paling dicari di kalangan kolektor dan penggemar.

Bonsai ini dikatakan bernilai lebih dari 10 juta yen (setara Rp 1,2 miliar). “Shimpaku hidup selama 400 tahun, butuh perawatan dan tidak bisa bertahan seminggu tanpa air,” kata Nyonya Iimura kepada CNN. “(Bonsai) ini bisa hidup selamanya, bahkan setelah kita tidak ada. Aku ingin siapa pun yang mengambilnya untuk memastikan bahwa bonsai ini disiram dengan benar.”

Dia mengkonfirmasi kepada BBC News pada hari Selasa bahwa pohon mereka masih hilang. “Kami sedih, tetapi kami akan terus melindungi Bonsai kami,” tulis Iimura di Facebook. “Sementara itu, kami akan terus menanam pohon yang layak dipuji semua orang ini.”

Postcomended   Jangan Kaget Melihat Hal Ini Kalau ke Jepang

Rekan-rekan tukang kebun dan pengumpul bonsai mengekspresikan simpati dan solidaritas mereka di postingan Iimura. “Tidak bisa dimaafkan,” komentar seseorang. “Pencuri-pencuri ini tidak tahu apa artinya mencuri bonsai, apalagi tujuh. Semua perawatan penuh kasih sayang dibayar dengan pencurian.”

“Bonsai dimaksudkan untuk dihormati dan dirayakan dan harus melampaui keserakahan manusia. Saya sedih membaca ini,” tulis yang lain.***

昨夜、この盆栽と他の盆栽も何点か盗難されました。私にも園にも思いの深い大事な盆栽です。その思いは盆栽が好きな方はお分かりになると思います。皆様、もしどこかでこの盆栽をお見かけになりましたら、是非ご連絡を下さい。宜しくお願い致します!お手数をおかけして申し訳ございませんが、宜しければ拡散をお願い致します。

Dikirim oleh Seiji Iimura pada Sabtu, 12 Januari 2019

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top