Gagak dilatih punguti puntung rokok (foto: AFP)

Satu taman di Prancis yang bersejarah, memiliki enam pekerja baru: burung gagak yang akan terbang mengelilingi taman dan mengumpulkan puntung rokok dan potongan-potongan kecil sampah lainnya. Mereka dibayar untuk melakukan itu.

Jika seekor gagak menyetorkan sepotong sampah ke dalam kotak kecil yang ditempatkan di taman Prancis, Puy du Fou, makanan burung akan bermunculan. Keenam burung ini adalah dari jenis burung gagak yang “sangat cerdas,” menurut presiden taman.

Nicolas de Villiers dari taman Puy du Fou, di wilayah Vendee barat, mengatakan kepada Agence France Presse, tujuan melatih gagak memungut sampah bukan hanya untuk kebersihan taman –karena para pengunjung umumnya juga sudah cukup peduli untuk menjaga kebersihannya– tetapi juga untuk menunjukkan bahwa alam itu sendiri dapat mengajarkan manusia untuk menjaga lingkungan.

Postcomended   Soal Buang Sampah, Orang Indonesia Harus Disadisi

Gagak telah dilatih untuk mengumpulkan barang-barang lain dengan cara yang sama. Pada 2008 seorang pria menciptakan “mesin penjual otomatis burung gagak” — kotak yang akan mengeluarkan kacang setiap kali burung gagak menemukan koin dan menaruhnya di slot mesin.

Penemunya, Josh Klein, menduga bahwa jika seekor gagak dapat dilatih untuk mengumpulkan koin, ia dapat dilatih untuk membantu meningkatkan kehidupan manusia, seperti mengambil sampah atau memilah elektronik.

“Jangan membenci burung gagak,” kata Klein pada NPR pada 2008. “Biarkan mereka menyelamatkan Anda,” kata Klein.***

Share the knowledge