Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Cabut Setelah Memorakporandakan Negara Lain, Kini AS Juga Mewacanakan Keluar dari NATO

Share the knowledge

https://www.youtube.com/watch?v=v03wZrP3y

Ribuan anggota militer AS mulai ditarik dari Suriah, dengan rencana serupa akan dilakukan di Afghanistan (gambar dari: YouTube)

Jika Donald Trump benar-benar mewujudkan idenya keluar dari NATO, seorang veteran perang menyebutnya sebagai “hadiah abad ini” bagi Vladimir Putin. Wacana ini menyusul dunia yang —urusan pertahanan dan keamanannya sudah terlalu lama dan biasa dicampuri Amerika Serikat (AS)– terkaget-kaget ketika negara adidaya ini menarik pasukannya dari negara-negara yang porak poranda akibat proxy war yang melibatan negara ini.

Presiden AS, Donald Trump, dalam percakapan dengan para pejabat tahun lalu berbicara tentang menarik AS keluar dari organisasi pertahanan Atlantik Utara, NATO, menurut sebuah laporan pada hari Senin (14/1/2019), dilansir laman Newsweek.

Pejabat administrasi senior AS yang tak ingin identitasnya diumumkan mengatakan kepada The New York Times bahwa Trump telah mengatakan kepada pejabat keamanan nasional, saat KTT NATO Juli 2018, bahwa dia tidak melihat suatu poin dalam perjanjian pertahanan Bersama itu.

Para pejabat mengatakan bahwa mereka pada awalnya tidak yakin Trump serius ketika mengajukan kemungkinan penarikan NATO, tetapi presiden telah berulang kali kembali ke gagasan itu. Para pejabat mengatakan kepada New York Times bahwa mereka takut Trump akan kembali lagi ke sana, karena anggaran militer anggota perjanjian NATO lain tertinggal dari AS.

Postcomended   19 April dalam Sejarah: Stasiun Ruang Angkasa Pertama, Salyut 1, Berhasil Mengorbit

Pertemuan NATO di Brussel, Belgia, Juli lalu, terjadi beberapa hari sebelum Trump bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Helsinki, Finlandia. Trump tampaknya menerima jaminan Putin bahwa Rusia tidak ikut campur dalam pemilihan presiden 2016; suatu upaya Trump menyangkal bukti dari agen intelijennya sendiri.

Perilaku presiden ini bahkan mendorong anggota partainya sendiri untuk mempertanyakan apakah Trump telah melakukan pengkhianatan. Hubungan Trump dengan Rusia telah berada di bawah pengawasan yang baru, setelah penerbitan laporan The New York Times, Jumat (11/1/2019) bahwa FBI telah membuka penyelidikan apakah Trump bekerja atas nama Rusia, setelah dia memecat Direktur FBI, James Comey, pada Mei 2017.

Hadiah Abad Ini untuk Putin

Postcomended   Ekuador Beri Ultimatum Kucing pada Pendiri WikiLeaks

The Washington Post melaporkan kesesokannya bahwa Trump telah berusaha melindungi konten percakapannya dengan Putin dari para pejabat administrasi. Pensiunan Laksamana, James Stavridis, mantan komandan sekutu tertinggi NATO, mengatakan kepada The New York Times bahwa penarikan AS dari NATO akan menjadi “hadiah abad ini untuk Putin.”

Dalam sebuah pernyataan kepada The New York Times, Gedung Putih mengulangi komentar yang dibuat Trump setelah pertemuan puncak Juli 2018 lalu, di mana ia menggambarkan komitmen AS terhadap NATO sebagai “sangat kuat”.

Perjanjian NATO 1949, dirancang di tengah kekhawatiran bahwa Uni Soviet sedang bersiap menguasai petak-petak Eropa Barat; ketika AS, Kanada, dan beberapa negara Eropa berjanji bahwa serangan terhadap salah satu anggota adalah serangan terhadap mereka semua. Hal ini telah dianggap sebagai benteng keamanan Barat selama beberapa dekade.

Desember lalu, para pejabat Inggris dan Perancis dibuat kebingungan ketika AS menarik pasukan daratnya dari timur laut Suriah. Ini belum termasuk rencana AS menarik beberapa ribu pasukannya dari Afghanistan sambil melanjutkan semua misi besar dalam perang terpanjang dalam sejarah AS ini.

Postcomended   Topan Harvey Mengubah Jalanan di Texas Menjadi Lautan

Perencanaan sedang berlangsung setelah Trump memerintahkan Pentagon mempersiapkan penarikan hingga setengah dari sekitar 14.000 tentara AS yang dikerahkan di Afghanistan, menurut sejumlah pejabat yang tak bersedia identitasnya diketahui.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top