Ekonomi

Cina Membuat Kim Jong Un Berjanji Melakukan Denuklirisasi

China-Korut Bahas Isu Denuklirisasi — SERUJI SERUJI Xi Jinping dan Kim Jong Un (foto: istimewa)

China-Korut Bahas Isu Denuklirisasi — SERUJI SERUJI Xi Jinping dan Kim Jong Un (foto: istimewa)

Melalui pendekatan bersahabat, Cina sanggup membuat hati Kim Jong Un, luluh –mungkin sementara. Tapi setidaknya Cina berhasil memaksa Pemimpin Korea Utara (Korut) ini berjanji melakukan denuklirisasi, seperti yang dulu dikatakan kakek dan ayahnya, bahkan bersedia bertemu dengan pejabat Amerika Serikat (AS). Kabar ini disampaikan pihak Cina, Rabu (28/3/2018), setelah pertemuan Kim dengan Presiden Cina, Xi Jinping. Xi sendiri berjanji Cina akan menjunjung persahabatan dengan tetangganya yang terisolasi ini.

Setelah dua hari penuh spekulasi, Cina dan Korut menegaskan bahwa Kim telah melakukan perjalanan ke Beijing dan bertemu Xi selama apa yang disebut Cina sebagai kunjungan tidak resmi, dari Minggu hingga Rabu.

Kunjungan itu adalah yang pertama bagi Kim di luar Korut sejak ia mengambil alih kekuasaan pada 2011 dan dipercaya para analis sebagai persiapan Korsel mengikuti KTT yang akan dating dengan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS)

Kantor berita Korut, KCNA, tidak menyebutkan janji Kim untuk denuklirisasi, atau antisipasi pertemuannya dengan Presiden AS, Donald Trump, yang direncanakan untuk beberapa waktu pada Mei mendatang.

Cina secara tradisional telah diam-diam menjadi sekutu terdekat Korut, tetapi ikatan mereka telah usang oleh pengejaran senjata nuklir dan dukungan Cina atas sanksi keras PBB sebagai tanggapan.

Kunjungan Rahasia Kim Jong Un ke China Dikonfirmasi Mata Mata Politik Kunjungan Rahasia Kim Jong Un ke China Dikonfirmasi. Selanjutnya, Bertemu Trump!

Kunjungan Rahasia Kim Jong Un ke China Dikonfirmasi Mata Mata Politik Kunjungan Rahasia Kim Jong Un ke China Dikonfirmasi. Selanjutnya, Bertemu Trump!

Kementerian Luar Negeri Cina mengutip pernyataan panjang lebar Kim ketika memberitahu Xi bahwa situasi di semenanjung Korea mulai membaik karena Korut telah mengambil inisiatif untuk mengurangi ketegangan dan mengajukan proposal untuk pembicaraan.

Trump mengaku bahwa Xi mengatakan kepadanya pertemuannya dengan Kim  berjalan dengan baik. Pandangan berbeda tentang “denuklirisasi” disinyalir menjadi faktor yang menyulitkan pembicaraan dengan Korut. Sementara itu Rusia melihat pertemuan Xi-Kim sebagai langkah penting untuk menyelesaikan krisis Korea.

“Ini adalah sikap konsisten kami untuk berkomitmen terhadap denuklirisasi di semenanjung itu, sesuai dengan keinginan mendiang Presiden Kim Il Sung dan mendiang Sekretaris Jenderal Kim Jong Il,” kata Kim Jong Un, menurut kementerian tersebut. Korut, kata Kim, bersedia berbicara dengan AS dan mengadakan pertemuan tingkat tinggi antara kedua Negara.

“Masalah denuklirisasi semenanjung Korea dapat diselesaikan jika Korea Selatan dan Amerika Serikat menanggapi upaya kami dengan niat baik, menciptakan suasana damai dan stabilitas sambil mengambil langkah-langkah progresif dan sinkron untuk mewujudkan perdamaian,” kata Kim.

Pendahulu Kim Jong Un, kakek Kim Il Sung dan ayah Kim Jong Il, keduanya berjanji untuk tidak mengejar senjata nuklir tetapi diam-diam mempertahankan program untuk mengembangkannya, yang berpuncak pada uji coba nuklir pertama Korut pada 2006 di bawah Kim Jong Il.

INTELIJEN | Kim Jong-un Tak Butuh Bom Nuklir jika Keamanan Korut ... INTELIJEN Kim Jong-un Tak Butuh Bom Nuklir jika Keamanan Korut Terjamin

INTELIJEN | Kim Jong-un Tak Butuh Bom Nuklir jika Keamanan Korut … INTELIJEN Kim Jong-un Tak Butuh Bom Nuklir jika Keamanan Korut Terjamin

Korut mengatakan sebelumnya, perundingan gagal yang bertujuan untuk membongkar program nuklirnya dapat menjadi pertimbangan untuk menyerahkan persenjataannya, tapi jika AS menarik pasukannya dari Korsel dan menarik kembali apa yang disebut payung pencegahan nuklir dari Korsel dan Jepang.

Banyak analis dan mantan perunding percaya ini masih merupakan sikap Korut dan tetap sangat skeptis bahwa Kim bersedia menyerahkan senjata yang telah dikembangkan keluarganya selama beberapa dekade.

Pengumuman kunjungan Kim segera menjadi topik ketiga yang paling banyak dibicarakan di situs mikroblogging Weibo Cina, meskipun media pemerintah aktif memblokir komentar mereka.

Banyak yang membaca koran yang dikelola pemerintah Cina, Global Times, memuji pertemuan itu sebagai pembuktian yang salah tentang hubungan Beijing-Pyongyang. “Cina dan Korea Utara mempertahankan hubungan persahabatan mereka, memberikan kekuatan positif bagi seluruh kawasan dan mempromosikan stabilitas strategis di Asia timur laut,” kata media itu dalam editorialnya.(***/diolah dari Reuters)

 

Postcomended   Autopilot Tesla-S Harus Tetap di Bawah Kendali Pengemudi

#korea #korean #bts #exo #peace #meditation #seoul #spiritual #smtown #faith #spirituality #kpopf4f #hope #exol #goodvibes #kpopl4l #bangtanboys #happiness #jimin #namaste #jungkook #freedom #god #hippie #religion #unity #suga #soul #wisdom #jin #jhope #exok #consciousness #joy #exom #islam #got7 #universe #rapmonster #v #한국 #energy #snsd #truth #yoga #taehyung #zen #sehun #bangtan #enlightenment #pray #chanyeol #bigbang #compassion #meditate #yg #kai #shinee #baekhyun #calm #방탄소년단 #southkorea #서울 #kdrama #韓国 #ig_korea #asia #여행 #china #풍경 #사진 #seoul_korea #asian #koreanstyle

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top