Internasional

Cina Siap Produksi Senapan Laser Berdaya Jangkau Mengerikan

senjata laser ZKZM-500 (The Sun)

Cina sedang mengembangkan senapan yang selama ini hanya ada di film-film fantasi dan futuristik semacam Stars Wars, senapan serbu laser ZKZM-500. Mengerikannya, ini bukan sekadar pamer konsep, melainkah siap diproduksi. Presiden Cina sebelumnya pernah bersumpah menjadikan Cina sebagai kekuatan tempur paling kuat sedunia pada 2050.Senapan ini dilaporkan mampu mencapai target sejauh satu kilometer, menyulut benda-benda yang mudah terbakar, hingga membakar kulit manusia.

Para peneliti di Institut Xian Optik dan Mekanika Presisi (di Chinese Academy of Sciences) mengatakan kepada The South China Morning Post (SCMP), mereka telah mengembangkan senapan laser yang kuat yang akan segera berada di tangan polisi Cina yang fokus pada anti-terorisme.

Senjata kaliber 15mm ini memiliki berat tiga kg, hampir sama dengan AK-47, memiliki jangkauan 800 meter, dan dapat dipasang pada mobil, kapal, dan pesawat .

Jika terjadi situasi penyanderaan, senjata ini bisa digunakan untuk membobol jendela pada target dan secara sementara melumpuhkan penculik, sementara unit lain masuk untuk menyelamatkan tawanan.

Postcomended   Produsen Mobil Cina Bakal Merangsek ke Pasar Eropa Timur dan Malaysia

Senjata ini juga bisa digunakan dalam operasi militer rahasia. Sinar lasernya cukup kuat untuk membakar tangki bensin atau menyalakan fasilitas penyimpanan bahan bakar di bandara militer, misalnya.

Selain itu, senjata ini tidak berisik. Sorotan lasernya tidak terlihat. Suatu target tidak akan tahu apa yang terjadi, sampai sebuah lubang membakar pakaian mereka dalam sekejap mata, dan kulit serta jaringan kulit mereka mengalami “karbonisasi instan” yang dalam skenario terbaik, akan meninggalkan bekas luka permanen.

Seorang peneliti mengatakan kepada SCMP bahwa rasa sakit yang ditimbulkannya bakal tak tertahankan. “Jika target mengenakan pakaian yang mudah terbakar, mereka bisa ikut terbakar,” menurut laporan itu.

Dengan harga 15.000 dolar AS (setara Rp 200 juta) per unit, ZKZM-500 terdengar relatif murah, terutama jika Anda menganggap bahwa ini adalah senjata yang memerlukan amunisi tradisional.

Batere lithium senjata ini tampaknya dapat menangani lebih dari 1.000 semburan laser yang bertahan masing-masing sekitar dua detik. Namun meskipun harganya relatif terjangkau bagi sejumlah warga sipil, teknologi ini diharapkan akan dibatasi untuk penggunaan militer dan polisi saja.

Postcomended   Seorang Pria Cina Terbangun Setelah Koma Selama 12 Tahun #FacebookDown

Dilarang PBB
Jikapun Cina siap memproduksi senjata ini, PBB mungkin akan melarangnya. Protokol PBB tentang Blinding Laser Weapons mulai berlaku pada 1998 dan telah ditandatangani oleh 108 negara di seluruh dunia.

Protokol ini melarang penggunaan senjata yang secara khusus dirancang untuk menyebabkan kebutaan permanen. Namun sebagai bagian dari Konvensi tentang Senjata Konvensional Tertentu, ia tidak memiliki mekanisme nyata untuk penegakan hukum.

Sementara situasi penyanderaan dan anti-teroris sedang dibahas sebagai skenario paling mungkin bagi senjata-senjata ini untuk digunakan dalam jangka pendek, dokumen promosi yang diunggah ke situs web pemerintah Cina juga menyoroti potensi penggunaannya terhadap demonstrasi illegal.

Presiden Cina, Xi Jinping, sebelumnya pernah bersumpah menjadikan Cina sebagai kekuatan tempur paling kuat sedunia pada 2050 dan telah menetapkan target pertumbuhan 8,1 persen. Seiring dengan gencarnya investasi Cina, dalam beberapa tahun terakhir militer Cina telah berubah menjadi semakin kuat

Menurut laporan bom yang dikeluarkan saat pembukaan pertemuan tahunan parlemen Cina pada Maret 2018, anggaran pertahanan 2018 adalah 1,11 triliun yuan (127 miliar dolar).

Postcomended   Penamaan "Laut Natuna Utara" Bikin Beijing Gerah

Para pejabat militer Amerika Serikat mengklaim “ratusan” rudal, pangkalan udara, dan pelabuhan angkatan laut, telah dibangun di tujuh pulau buatan di daerah yang disengketakan oleh Beijing.(***/SCMP/thesun)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top