Ekonomi

Cina Surplus, Tarif Tak Bikin Selera Orang Amerika Berkurang pada Produk Cina


Di tengah banyak tarif diterapkan Washington terhadap produk asal Cina, nilai perdagangan negeri Tirai Bambu ke negeri Paman Sam malah surplus; bahkan menembus rekor baru 31 miliar dollar AS (sekitar Rp 440 triliun) pada Agustus 2018 lalu. Ini bagai menyiram bensin ke api yang sedang berkobar. Tarif Trump seolah tidak merusak selera orang Amerika terhadap produk Cina, meskipun ini memancing Trump untuk makin mengancam penerapan tarif pada lebih banyak barang.

Angka-angka ini dirilis beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan menjatuhkan tarif pada semua barang-barang Cina yang diimpor ke AS senilai setengah triliun dollar alias Rp 7 juta triliun, jika Cina tak berupaya mengurangi surplus perdagangan dengan AS.

Dua ekonomi terbesar dunia ini telah terkunci dalam perselisihan perdagangan selama berbulan-bulan, dengan negosiasi ke mana-mana dan ketakutan bahwa itu dapat merusak ekonomi global.

Trump memberlakukan bea masuk hingga 25 persen pada barang-barang Cina senilai 34 miliar dollar AS pada Juli, dan 16 miliar dollar AS lainnya pada Agustus, dengan balasan Beijing yang  datang secepat kilat.

Dilansir laman Japan Today, data Bea Cukai melaporkan bahwa ekspor Cina ke AS naik menjadi 44,4 miliar dollar AS pada Agustus, naik 13,2 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sementara itu impor dari AS mencapai 13,3 miliar dollar AS, naik dua persen dari tahun sebelumnya.

Masih menurut Bea Cukai, surplus perdagangan Cina dengan AS mencapai 31 miliar dollar AS pada Agustus, naik 18,7 persen dari bulan yang sama tahun lalu dan naik dari rekor sebelumnya, 28,9 miliar dollar AS pada Juni tahun ini, Sementara surplus perdagangan Cina dengan AS tumbuh lagi, tetap stabil dengan seluruh dunia pada $ 27,9 miliar pada bulan Agustus.

Postcomended   Pyongyang Anggap Cuitan Trump Sebagai Deklarasi Perang

Kondisi ini berbeda dengan perdagangan Cina dengan seluruh dunia yang tetap stabil pada 27,9 miliar dollar AS pada Agustus 2018. Ekspor global meningkat 9,8 persen sementara impornya naik 20 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, menurut data bea cukai. Angka-angka itu jauh di bawah kinerja Juli, ketika ekspor melonjak 12,2 persen dan impor tumbuh 27 persen.

Sebelumnya Trump telah sesumbar bahwa perang dagang akan “mudah untuk dimenangkan” dan memperingatkan lagi bahwa dia akan memukul hampir semua impor Cina jika Beijing tidak mundur dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi surplus 335 miliar dollar AS dengan AS.

Postcomended   Horee, Makan Keju Ini Sebelum Tidur Nggak Bakal Bikin Gendut!

Trump mengancam Jumat bahwa tarif atas 200 miliar dollar AS barang-barang Cina lainnya sudah ada “dalam gerbong” dan bisa terjadi segera.

Beijing telah memperingatkan bahwa pihaknya akan membalas dengan bea masuk 60 miliar dollar AS terhadap produk-produk AS, jumlah yang jauh lebih kecil yang menunjukkan bahwa Cina tidak akan dapat menandingi tarif AS.

Namun, bisnis memperingatkan bahwa ada cara lain yang dapat dilakukan Cina, yakni melalui peraturan atau cara administratif lainnya, atau bahkan melalui penjualan kepemilikan besar utang Treasury AS.

Saat bepergian ke North Dakota Bersama wartawan, Trump mengatakan bahwa dia dia mau, masih akan ada 267 miliar dollar AS yang siap untuk diberlakukan dalam waktu singkat. Itu akan mencakup hampir semua barang yang diimpor dari ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Di Beijing, Kementerian Perdagangan Cina mengatakan Kamis bahwa mereka siap membalas.
“Jika AS secara dogmatis menerapkan tarif baru terhadap Cina, Cina harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan,” kata juru bicara perdagangan, Gao Feng, kepada wartawan.

Postcomended   1 September dalam Sejarah: Seorang Kapten Tentara 27 Tahun, Gulingkan Raja Libya

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, mengatakan, pembicaraan dengan Beijing terus dilakukan untuk meredakan konflik, dan bahwa dia berharap solusi dapat ditemukan. Upaya terakhir mencari solusi terjadi pada akhir Agustus dengan pertemuan antar pejabat tingkat rendah, tetapi tidak ada yang datang.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top