Mahathir Mohamad Segera Dilantik sebagai PM ke-7 Malaysia - Global ... Liputan6.com Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad Segera Dilantik sebagai PM ke-7 Malaysia – Global … Liputan6.com Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad mengejutkan dunia dengan membuat “comeback” politik di usia ke-92 tahun; mencatatkan diri sebagai perdana menteri (PM) tertua di dunia yang terpilih. “Sukarno Kecil” ini Kamis (10/5/2018) dilantik sebagai PM negeri jiran ini untuk keduakalinya.

Kemenangan kembali Mahathir ini adalah 15 tahun setelah dia mundur, setelah kepemimpinan 22 tahun sebelumnya secara agak tangan besi. Dalam periode pensiunnya, Mahathir keluar dari partai yang membesarkannya, Partai Persatuan Nasional Bangsa Melayu (UMNO) pada 2016, menyusul tuduhan korupsi terhadap PM Najib Razak.

Mahathir kemudian mendirikan partai baru dan bergabung dengan oposisi koalisi Pakatan Harapan (Aliansi Harapan) yang dipimpinnya, yang artinya berhadapan langsung dengan Barisan Nasional (BN) dengan niat melengserkan Najib.

Kemenangan Mahathir bagaimanapun bagai “escape” warga Malaysia dari kejenuhan kepemimpinan koalisi BN yang telah berkuasa sejak kemerdekaan pada 1957. Kepada media, Mahathir berjanji bahwa Malaysia akan tetap menjadi “negara perdagangan yang ramah” dan akan bekerja untuk menjaga mata uang ringgit semantap mungkin.

Postcomended   Keindahan alam Pulau Pahawang besar & kecil

Dunia tak dapat memungkiri ketika krisis moneter melanda dunia pada 1998, Mahathir berhasil membawa Malaysia dalam kondisi ekonomi yang relatif stabil ketika perekonomian negara-negara tetangganya, termasuk Indonesia, rontok.

Analis investasi Aninda Mitra mengatakan kepada kantor berita Reuters, hasil pemilu Malaysia ini mirip kemenangan Donald Trump dan Brexit. Meningkatnya biaya hidup dan tuduhan korupsi yang telah berlangsung lama, telah sangat membebani banyak pemilih Malaysia. “Akhirnya kita bisa percaya kepada negara ini lagi,” ujar Fahmi Fadzil, seorang anggota parlemen dari koalisi pemenang, kepada BBC.

Pada 2017, Mahathir mengatakan bersedia menjadi perdana menteri lagi jika tidak ada kandidat dari partai oposisi yang bisa diterima. “Kalau tidak calon yang perdana menteri dari oposisi yang menang maka mungkin untuk sementara waktu saya mau mencoba lagi jabatan itu. Tapi dengan syarat yang semua orang setuju,” kata Mahatthir waktu itu, seperti dilansir Channel News Asia, 6 Juni 2017.

Postcomended   Wisata Petik Strawberry

Mahathir menjadi perdana menteri selama 22 tahun sampai dia mundur pada 2003. Namun dirinya masih menjadi sosok berpengaruh di Malaysia dan beberapa tahun belakangan dia menjadi pengritik keras kepemimpinan Najib Razak yang sempat tersangkut kasus dugaan korupsi lembaga keuangan badan usaha pemerintah 1MDB.

Sukarno Kecil
Mahathir dujuluki Sukarno Kecil atau “Little Sukarno” oleh pers Australia, karena keberanian dan kevokalannya sebagai pemimpin Asia yang berani menantang Barat. Inggris, Amerika, dan Australia pernah dilabraknya.

Namun sebagaimana jargon “power tends to corrupt”, Mahathir juga tak lepas dari isu KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). Dikutip dari Chaidir.net, ketika gerakan reformasi melanda Indonesia dan membuat Presiden Soeharto jatuh, Mahathir yang dianggap sukses membawa Malaysia keluar dari krisis moneter 1998, tetap terkena imbasnya.

Postcomended   Istri Gus Dur Masuk "100 Tokoh Berpengaruh" Bersama Donald Trump dan Pangeran Harry

Ujuk rasa di Kuala Lumpur yang menentang kepemimpinannya tidak terhindarkan. Dia dituduh diktator, sekuler, dan terlibat KKN. Apalagi Mahathir dengan berbagai cara termasuk tuduhan sodomi, menjebloskan oposannya yang sempat menjadi Wakil PM-nya, Anwar Ibrahim, ke penjara. (***/BBC/detik)

Share the knowledge