Cucu Kaisar Jepang Putri Mako Akan Menikah, Warga Berdebat,... Netralnews.com775 × 477Search by image Putri Mako (kiri) akan menikahi teman sekelas universitasnya Kei Komuro pada 2018. (

Cucu Kaisar Jepang Putri Mako Akan Menikah, Warga Berdebat,… Netralnews.com775 × 477Search by image Putri Mako (kiri) akan menikahi teman sekelas universitasnya Kei Komuro pada 2018. (

Hampir sama dengan tradisi di Jawa, putri Jepang jika menikah dengan orang biasa maka dia akan mengikuti status sang suami. Inilah yang akan terjadi pada cucu perempuan pertama Kaisar Akihito, Putri Mako (25).

Putri Mako adalah anak perempuan dari Pangeran Akishino dan Putri Kawashima Kiko. Akishino adalah anak kedua Kaisar Akihito.

Dilansir CNN, 17 Mei 2017, pihak Rumah Tangga Kekaisaran menjelaskan, Putri Mako, cucu Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko akan bertunangan dengan Kei Komuro (25).

Kei Komuro dikabarkan bekerja di firma hukum dan seorang mahasiswa pascasarjana yang pernah berperan sebagai “Prince of the Sea” dalam sebuah iklan pariwisata.

Pasangan ini bertemu lima tahun lalu saat keduanya menempuh pendidikan di International Christian University di Tokyo. Demikian laporan radio Jepang NHK. 

Mako Naishinno lahir pada 23 Oktober 1991 di Tokyo. Dia memiliki dua adik yakni Putri Kako dan Pangeran Hisahito. Mako menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA di lembaga pendidikan bergengsi Gakushuin.

Postcomended   Jangan takut bermain harmoni

Dia belajar bahasa Inggris di perguruan tinggi di Dublin, Irlandia, pada 2010, lalu dilanjut di Universitas Edinburgh pada 2012. Tahun 2014, dia lulus kuliah di Universitas Kristen Internasional (ICU) di Tokyo, daru jurusan seni dan penelitian warisan budaya. Mako lalu mengambil gelar masternya di Universitas Leicester di Inggris, mengambil jurusan pelayanan publik selama satu tahun.

Warga Jepang banyak yang ingin mencari tahu tentang Komuro dengan membanjiri situs Pangeran Laut Kota Fujisawa, di mana Komuro pernah menjadi bintang iklannya.

Reaksi publik cukup positif namun sebagian mempertanyakan dampak pernikahan Mako dan Komuro terhadap masa depan monarki.

Sebelum melepaskan status kebangsawanan dan menjadi warga biasa setelah menikah dengan Komuro, Mako akan menjalani sejumlah ritual. Ritual melepaskan kebangsawanan ini mengangkat isu dinasti kekaisaran yang semakin menyusut.

Postcomended   Para Minions Masih Digemari: "Despicable Me 3" Rajai Box Office

Komuro sendiri menolak menjawab pertanyaan tentang rencana pertunangannya ini. “Saya akan membicarakannya saat waktunya tiba,” kata dia.

Media Jepang, Mainichi, menulis, sejumlah ritual yang akan dijalani Mako antara lain “Nosai no Gi”, yakni utusan Komura mengunjungi Istana Kaisar dengan membawa hadiah untuk secara resmi bertunangan. Kemudian, tanggal pernikahan akan diumumkah oleh utusan Komuro saat mengunjungi istana.

Berdasarkan undang-undang Jepang, negara harus membayar tunjangan setelah status bangsawan perempuan hilang menyusul pernikahan dengan orang biasa.

Mako bukan keluarga kerajaan pertama yang melepas kebangsawanannya. Tante Mako, yakni Putri Sayako, yang adalah anak perempuan satu-satunya Kaisar Akihito, juga menikah dengan warga biasa pada 2005.

Begitu juga dengan Noriko Senge, putri sepupu kaisar, Pangeran Takamado, yang menikah dengan putra pendeta Shinto pada 2014. Saat itu, Sayako menerima sekitar 150 juta yen, sementara Noriko mendapatkan 100 juta yen.

Postcomended   Takut Sesat di Jalan? Unduh Aplikasi Moovit!

Sayako menikah dengan Yoshiki Kuroda, karyawan tata kota Pemda Tokyo, dalam upacara Shinto di satu hotel di Tokyo, proses yang mengakhiri status bangsawannya. Ia pindah ke apartemen satu kamar, harus belajar menyetir, belanja di supermarket dan membeli perabotan sendiri. .***(ra)