Internasional

Dakwaan Pedofilia pada Seorang Pimpinan Gereja Tak Surutkan Ribuan Umat untuk Dibaptis

Share the knowledge

Pemimpin Gereja Pantekosta Meksiko, Cahaya Dunia, Naason Joaquin Garcia, saat melakukan proses pengadilan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=z4OEuLRg48A)

Pemimpin Gereja Pantekosta Meksiko, Cahaya Dunia, Naason Joaquin Garcia, saat melakukan proses pengadilan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=z4OEuLRg48A)

Ribuan umat dari seluruh dunia, bagai tak peduli dengan informasi yang beredar, tetap melakukan perjalanan ke satu gereja di Meksiko untuk dibenamkan di kolam pembaptisan raksasa. Padahal sang pimpinan gereja telah didakwa dalam kasus kejahatan seksual dan pemerkosaan anak.

Pemimpin Gereja Pantekosta Meksiko, Cahaya Dunia, Naason Joaquin Garcia, ditangkap di Los Angeles, Juni 2019, atas tuduhan kejahatan pedofilia. Joaquin, yang mengaku sebagai rasul terakhir Yesus, dan tiga terdakwa lainnya, dituduh memaksa gadis-gadis kecil melakukan tindakan seksual dengan mengatakan kepada mereka bahwa melawan keinginannya akan melawan Tuhan.

Tetapi skandal keji ini tidak mengurangi semangat lima juta anggota gereja dari seluruh dunia –jumlah yang diklaim gereja tersebut– untuk melakukan pertemuan tahunan Cahaya Dunia minggu ini di kantor pusatnya di kota kedua terbesar Meksiko, Guadalajara.

AFP melaporkan, ratusan ribu peziarah dari 58 negara telah turun ke kota barat ini untuk mengambil bagian dalam “pertemuan suci” selama seminggu, acara utama gereja tahun ini yang akan berujung pada “perjamuan suci” pada Rabu (14/8/2019).

Postcomended   Pesona Tuna Sebagai Penggerak Bisnis Perikanan Indonesia

Dengan pembaptisan massal, 2.000 roti raksasa dan 28.000 liter anggur, umat beriman untuk berpegang teguh pada gereja mereka; dengan pemimpinnya absen untuk pertama kalinya tahun ini.

“Saya memberi tahu Anda dengan kepastian 100 persen: Dia tidak bersalah. Dia pria terhormat. Hatinya adalah karya Allah yang berharga,” kata Andres Riquelme (48), yang bepergian dari kampung halamannya di Panama untuk dibaptis bersama dengan lebih dari 2.000 penganut lainnya, Senin (12/8/2019), hari pertama dari tiga hari pembaptisan massal.

Joaquin (50), meskipun dia tidak ada di lokasi, telah menjadi kehadiran yang kuat. Satu foto luar biasa besar tergantung di atas paduan suara gereja, namanya terus-menerus ada di bibir para pengikutnya, dan dia bahkan menulis surat dari sel penjaranya di California, untuk disampaikan pada pertemuan itu.

Dalam teks, yang dibacakan pada pertemuan itu, dia meyakinkan para pengikutnya bahwa ketika dia menunggu persidangan atas 26 tuduhan kejahatan, dia sedang memenuhi “misi ilahi” lainnya; berkhotbah kepada sesama tahanan.

“Rencana Tuhan itu sempurna, meskipun itu tidak selalu menyenangkan,” katanya dalam pesan itu. Dia mengatakan kepada jemaatnya bahwa dia “memberitakan firman” kepada sesama tahanan dari Rusia, Ukraina, dan Kroasia, berusaha untuk menyebarkan imannya ke negara-negara mereka.

Postcomended   AS Desak Para Sekutunya Memboikot Produk Huawei

Hakim dalam kasus tersebut menetapkan uang jaminan Joaquin sebesar 25 juta dollar AS –kemudian berlipat ganda menjadi 50 juta dollar AS– memutuskan bahwa dia memiliki “risiko penerbangan” (risiko melakukan perjalanan sebelum sidang). Para pengikutnya menyebut ini merupakan bukti penganiayaan agama.

Gereja Pantekosta Meksiko, Cahaya Dunia, didirikan pada 1926 oleh Eusebio Joaquin Gonzalez, ayah Joaquin, yang mengklaim telah mengalami “wahyu ilahi”.

Semangat religius yang ekstrem telah dipamerkan di Guadalajara minggu ini, dengan orang-orang yang percaya menangis, berteriak dan berdoa dengan wajah bengkok dan jeritan penuh.

“Apakah Anda percaya pada Yesus Kristus?” seorang menteri bertanya kepada anggota yang baru dibaptis, yang menjawab “Amin!” dengan tangan kanan terangkat sebelum seluruh tubuh diceburkan ke kolam baptisan.

Atas kasus yang menimpa pimpinannya, mereka terkadang harus bertemu permusuhan di Guadalajara. Akhir pekan lalu, pengunjuk rasa melemparkan batu ke satu bus yang membawa peziarah berpakaian serba putih ke gereja yang luas itu. Gereja mengklaim memiliki 1,8 juta anggota di Meksiko dan lima juta di seluruh dunia.

Postcomended   Mobil Paling Populer di Dunia dengan Desain Baru Siap Ramaikan Lagi Jalanan

“Gereja tidak pernah ragu untuk sesaat bahwa Tuhan akan memberikan jawabannya. Kita tahu bahwa (Joaquin) adalah orang yang terhormat, orang yang tidak bersalah. Kami sedang menunggu Tuhan, dengan sabar dan dalam doa,” kata Elpidio Acevedo (60), seorang Pria Meksiko yang termasuk di antara yang baru dibaptis.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top