Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah | APBD | Tempo.co Tempo.co650 × 371Search by image Dana APBD Kota Tangerang Rp 1,32 Triliun Mengendap di Bank

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah | APBD | Tempo.co Tempo.co650 × 371Search by image Dana APBD Kota Tangerang Rp 1,32 Triliun Mengendap di Bank

Praktik pengendapan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) oleh pemerintah daerah (pemda) sejatinya adalah kejahatan. Pasalnya, dengan tak tersalurkannya dana tersebut pada waktunya ke masyarakat, maka kesejahteraan yang seharusnya bisa lebih cepat terwujud, akan tertunda.

Jokowi Minta Pemda Tidak 'Pelit' Gelontorkan Dana... SINDOnews | Berita Ekonomi dan Bisnis620 × 413Search by image ... Jokowi Minta Pemda Tidak Pelit Gelontorkan Dana APBD

Jokowi Minta Pemda Tidak ‘Pelit’ Gelontorkan Dana… SINDOnews | Berita Ekonomi dan Bisnis620 × 413Search by image … Jokowi Minta Pemda Tidak Pelit Gelontorkan Dana APBD

Karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali para pemda agar dana yang sudah dikucurkan pemerintah pusat jangan hanya diendapkan di bank, tetapi harus digunakan secara optimal.

Postcomended   Vokalis LinkinPark "Memilih" Mati di Tanggal Lahir Sahabatnya

Dia mengungkapkan, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah memiliki kebiasaan mengeluarkan anggaran belanja di akhir-akhir periode. Akhirnya, belanja pemerintah pun tidak termanfaatkan secara optimal.

“Ini perlu saya ingatkan… Sudah bertahun-tahun berjalan seperti itu. Kalau sudah masuk November atau Desember, grojog-grojogan uang. Bayar ini itu,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis (27/7/2017). Akibat pengendapan ini, kata Presiden, peredaran uang di daerah yang bersangkutan menjadi kering.

Postcomended   Ngeri! Satu Ton Sabu Diselundupkan dari Cina ke Anyer

Oleh sebab itu mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta pemda mengubah kebiasaan dengan membelanjakan APBD di awal tahun.

Tahun lalu (2016), Jokowi mengumumkan ada dana APBD sebesar Rp 224 triliun yang masih mengendap di bank. Padahal jika terserap masyarakat, dana itu bisa digunakan untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Postcomended   Hari Angklung Sedunia, Saung Udjo Gelar Angklung Pride ke-7

Share the knowledge