Loading...
Wisata

Danau Ranau Diagendakan Gelar Festival Bergengsi “Tour de Ranau”

Share the knowledge

 

Danau Ranau (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=u6O2SaFXyNQ)

Danau Ranau (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=u6O2SaFXyNQ)

Danau terbesar kedua di Sumatra, Danau Ranau, bersiap menyelenggarakan festival internasional bertajuk Tour de Ranau dengan biaya mencapai Rp 1,5 triliun. Dengan festival ini, diharapkan kunjungan wisatawan ke Sumatra Selatan akan meningkat.

 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyepakati rencana Pemprov Sumatra Selatan, yang ingin menjadikan Danau Ranau sebagai situs untuk mengadakan festival internasional Tour De Ranau.

Rencana mengadakan agenda bergengsi ini disampaikan Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, kepala Arief di Palembang, Kamis (7/2/2019), dilaporkan laman Antaranews.

Herman mengonfirmasi bahwa setelah mendapatkan persetujuan lisan dari menteri luar negeri, dia kemudian akan mengadakan pertemuan koordinasi dengan pemerintah daerah, dan berharap bahwa paling lambat sebelum akhir 2019 agenda kelas dunia akan terwujud.

Postcomended   Diberkahi Hujan, Ibu Iriana Jokowi Tanam Pohon Mangrove

“Saat ini kami sedang mempersiapkan infrastruktur yang kami sisihkan anggaran untuk mencapai hampir Rp 1,5 triliun tahun ini,” jelasnya. Dia menargetkan pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi dapat direalisasikan lebih cepat, di nataranya berupa akses ke transportasi dan akomodasi, seperti hotel, villa, restoran, dan fasilitas pendukung lainnya.

Pembangunan indfrastruktur tersebut juga diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Menteri pariwisata mengatakan, Tour De Ranau diharapkan selain akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan asing, agenda internasional ini juga (memang) diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan pembangunan infrastruktur.

Menurut menteri, terobosan dalam mengadakan Tour De Ranau ini sesuai dengan visi pemerintah untuk menjadikan sektor pariwisata penghasil devisa terbesar di Indonesia.

Postcomended   Mau Souvenir Asian Games 2018, Cari Aja di Tempat Ini

Menteri menunjukkan bahwa pariwisata Indonesia mencatat pertumbuhan tercepat di dunia, tumbuh tiga kali lipat dari pasar perjalanan global, dengan dampak langsung dirasakan oleh masyarakat.

Dikutip dari laman Wikipedia, Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera, setelah Danau Toba. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan.

Danau Ranau merupakan danau yang tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik gunung berapi yang menciptakan cekungan besar. Luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi, dengan elevasi permukaan danau mencapai 540 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman maksimal 229 meter.***

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top