Ekonomi

Daniel Zhang, Wajah Baru Alibaba

source: https://economictimes.indiatimes.com/news/international/world-news/who-is-daniel-zhang-meet-the-man-who-will-replace-alibabas-jack-ma/jack-ma-vs-daniel-zhang/slideshow/65754464.cms

Jack Ma dan Daniel Zhang (kredit: economictimes.indiatimes.com)

Jack Ma telah memilih penggantinya. Bukan orang baru. Dia bahkan orang yang menggantikan Ma sebagai CEO pada 2015. Dia adalah Daniel Zhang (46), yang telah bergabung dengan Alibaba sejak 2007. Namun Ma masih memegang tongkat estafet, setidaknya hingga September tahun depan.

Seperti banyak diberitakan sebelumnya, dengan pensiun, pendiri perusahaan yang kini bernilai 418 miliar dollar AS ini (sekitar Rp 5.900 triliun) berharap dapat melakukan lebih banyak pekerjaan filantropis di bidang yang menggairahkannya: pendidikan, di mana ia memulai karirnya .

Siapa Daniel Zhang?
“Yang berjiwa bebas”; semua karyawan di Alibaba memiliki nama panggilan ini yang dipinjam dari karakter fiktif yang mengilhami mereka, “Xiaoyao zi”. Xiaoyao digambarkan sebagai seorang pria tampan dengan janggut panjang dan rambut putih yang mendirikan Sekte Xiaoyao, atau Sekte Tak Terbatas, dalam seni bela diri klasik Tiongkok yang terkenal.

Postcomended   Bagai Ingin Kucilkan AS, Jepang dan Eropa Tandatangani Perjanjian Dagang Raksasa

Sedikit berbeda dari “kembarannya” yang berjiwa bebas itu, Zhang telah dipuji oleh Ma karena pemikirannya yang keras. “Pikiran analitisnya tak tertandingi, ia memegang misi dan visi kami, ia memikul tanggung jawab dengan semangat, dan ia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif,” Ma menulis tentang Zhang dalam surat serah terimanya, Senin (10/9/2018)..

Sebelum bergabung dengan Alibaba, Zhang adalah pejabat keuangan utama Shanda Interactive, yang merupakan kekuatan dalam industri game Cina sebelum tergelincir di belakang rivalnya seperti Tencent dan Netease selama dekade terakhir ini. Zhang lulus dari universitas top Cina di Shanghai dan mantan manajer senior di PricewaterhouseCoopers.

Zhang sebelumnya boleh jadi lebih dikenal karena mengawasi pengembangan Alibaba’s Tmall sebagai pasar yang berfokus pada merek yang terpisah dari Taobao. Tujuannya adalah untuk menghilangkan persepsi bahwa Alibaba penuh dengan barang tiruan setelah masalah dengan bazaar Taobao; marketplace favorit belanja orang Cina.

Postcomended   Istri Munir Ogah Pilih Jokowi Lagi

Zhang juga merupakan arsitek dari acara Hari Tunggal Sedunia Alibaba, yang telah berubah menjadi pusat belanja global dan medan perang yang menarik.

Pada awal 2010, Zhang memelopori transisi Tmall dari PC ke seluler. Dan pada tahun 2015, ia berperan dalam penciptaan Hema, jaringan supermarket Alibaba yang memadukan belanja online dan offline – strategi yang telah ditiru oleh para raksasa teknologi Cina dalam beberapa tahun terakhir.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top