Uncategorized

Deep Blue, Hiu Putih Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap Kamera

Deep Blue (sumber foto: Fox News)

Hiu monster secara ukuran seperti dalam film “Jaws” atau “Deep Blue Sea”, benar-benar ada di dunia nyata. Dia diberi nama Deep Blue. Saat ditangkap kamera tiga tahun lalu oleh seorang konservasionis, Deep Blue sedang hamil. Usianya diperkirakan 50 tahun. Mengapa hiu putih besar jarang ditemukan di perairan tropis?

Deep Blue dianggap sebagai hiu putih terbesar yang pernah tertangkap kamera. Adalah konservasionis hiu, Mauricio Hoyos Padilla, yang menangkap rekaman gambar binatang besar itu hampir tiga tahun lalu. Panjangnya diperkirakan mencapai 20 kaki, atau sekitar 5-6 meter. Padilla berhasil merekam penampakan Deep Blue saat bekerja untuk program “Shark Week” Discovery Channel.

Saat dipotret, “Deep Blue” yang ukurannya tampak lebih dari 10 kali manusia dewasa, berenang menuju kurungan dengan tenang, sebelum akhirnya berenang menjauh. Hoyos Padilla menangkap rekaman yang luar biasa ini di dekat Pulau Guadalupe, lepas pantai barat Baja, California Peninsula, Meksiko, Amerika Selatan.

Postcomended   Pemilik Perusahaan Genetika Klaim Telah Mengedit DNA Bayi yang Ayahnya Mengidap HIV

Menurut sebuah studi tahun 2014, hiu putih besar memiliki umur rata-rata 70 tahun, meskipun bervariasi antara jantan dan betina. Gavin Naylor, direktur program di Program Florida untuk Penelitian Hiu, kepada Fox News mengatakan, Deep Blue menjadi begitu besar diduga karena usianya yang cukup tua.

Meskipun ukuran badan Deep Blue mencengangkan, namun menurut Naylor, predator alami hiu putih, yakni paus pembunuh orca, yang ukurannya umumnya lebih besar, tidak akan kesulitan membetot Deep Blue ke kedalaman.

“Orcas sangat pintar dan mereka bekerja Bersama, mereka adalah pemburu paket,” tambah Naylor.
Meskipun serangan hiu jarang mereka telah menjadi berita baru-baru ini, sesuatu yang dikaitkan oleh Naylor dengan kepadatan penduduk. Untuk diketahui, sepanjang 2017 ada 88 serangan yang tidak beralasan dan 30 sengaja diprovokasi.

Postcomended   Empat Wanita Kembangkan Kanker Setelah Terima Organ dari Donor Sama, Tiga Meninggal

“Gigitan ikan hiu hampir merupakan konsekuensi dari kepadatan manusia di air dan (juga) kepadatan hiu di air,” kata Naylor. “Hanya dalam keadaan ketika orang ingin berada di air selama musim panas dan hiu mengikuti pakan mereka ketika gigitan yang tidak disengaja terjadi.”

Pekan lalu, dua anak dari Long Island New York diserang oleh hiu. Ini menyusul insiden awal bulan ini ketika dua orang dilaporkan dirawat di rumah sakit dengan gigitan ikan hiu yang menyebabkan Fernandina Beach di Florida ditutup.

Dilansir laman Sharksider, meskipun hiu putih besar mencintai daerah pantai di semua samudera dari seluruh dunia, mereka biasanya hidup di pinggiran perairan pantai. Kadang-kadang, mereka menyimpang ke laut dalam dan bahkan ditemukan di kedalaman 1000 meter atau lebih.

Selain itu, sebagian besar waktu mereka berada di perairan dangkal dan dekat permukaan. Tetapi mereka lebih cenderung menyukai suhu air sejuk yakni antara 15-24 Celcius. Tak heran jika hiu ini jarang berada di perairan tropis yang hangat.***

Postcomended   Ilmuwan Temukan Energi Tak Terduga yang Masih Misterius dari Luar Bimasakti

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top