Wisata

Deepspot dan Blue Abyss Bersiap Pecahkan Rekor Kedalaman Kolam Renang

Share the knowledge

Penampang Deepspot (gambar dari: https://www.yahoo.com/lifestyle/worlds-deepest-swimming-pool-open-poland-later-summer-103543001.html)

Penampang Deepspot (gambar dari: https://www.yahoo.com/lifestyle/worlds-deepest-swimming-pool-open-poland-later-summer-103543001.html)

Kolam buatan manusia terdalam di dunia semakin dalam saja. Kolam terdalam awalnya dimiliki Belgia, lalu rekor kedalamannya dipecahkan Italia. Dalam waktu dekat ini, rekor akan kembali dipecahkan oleh Polandia. Namun inipun tak akan bertahan lama.

Kolam terdalam di dunia yang dilengkapi gua-gua dan overhang, akan segera dibuka di Polandia akhir tahun ini (2019). Deepspot, nama kolam renang ini, akan memecahkan rekor kolam renang Y-40 The Deep Joy di Italia, yang sebelumnya juga telah memecahkan rekor Nemo 33 di Belgia.

Kedalaman Deepspot akan mencapai 45 meter; lima meter lebih dalam dari Deep Joy yang kedalamannya “hanya” 40 meter. Sementara itu Nemo 33 hanya 34,5 meter. Deepspot akan menampung 8.000 meter kubik air; 27 kali volume rata-rata kolam 25 meter.

Postcomended   19 Agustus dalam Sejarah: Inggris Secara Memalukan Sponsori Penggulingan Mosaddeq, Pemimpin Iran Demokratis

Dilansir CNN, kolam renang yang masih dibangun ini berlokasi di kota Mszczonow; kota berjarak sekitar 50 km dari ibukota Polandia, Warsawa. Sekitar 1.100 ton baja digunakan untuk memperkuat strukturnya, yang mencakup simulasi “lubang biru” yang jatuh ke titik terdalamnya.

Desainer kolam mengatakan, Deepspot cocok untuk tempat latihan bagi penyelam pemula dan untuk yang lebih berpengalaman seperti peselam scuba. Seperti halnya Deep Joy, kolam Deepspot juga dilengkapi terowongan transparan untuk para penonton.

Deepspot juga dirancang dengan tempat konferensi dan pelatihan yang akan menghadap ke interior kolam, yang akan membuatnya seperti kamar dengan pemandangan bawah laut.

Namun jika semua berjalan sesuai rencana, Deepspot tidak akan lama memegang rekor terdalam karena Inggris saat ini juga dikabarkan sedang membangun Blue Abyss. Kolam dengan kedalaman lima meter lebih dalam dari Deepspot ini diharapkan akan dibuka pada 2020; terletak di Colchester.

Postcomended   Galangan Kapal yang Membangun Kapal Titanic Gagal Diselamatkan

John Vickers, direktur pelaksana Blue Abyss, mengatakan, proyek kolam ini akan “lebih dari sekadar kolam berukuran super”. Blue Abyss akan dioperasikan sebagai “pusat pelatihan astronot komersial dan pusat kinerja untuk membantu manusia mencapai puncak kemampuan fisiknya.

Kolam-kolam Terdalam di dunia:

1. Nemo 33: berlokasi di Brussel-Belgia. Memili kedalaman 34,5 meter. Dibangun pada 2004.

2. Y-40 The Deep Joy: berlokasi di hotel Terme Milepini, Padua, Italia. Memiliki kedalaman 40 meter. Diresmikan pada 2014.

3. Deepspot: berlokasi di Mszczonow, Polandia. Memiliki kedalaman 45 meter. Akan diresmikan 2019.

5. Blue Abyss: berlokasi di Colchester, Inggris. Memiliki kedalaman 50 meter. Akan diresmikan 2020

(***/dariberbagaisumber)

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top