Demonstran Hong Kong Serukan Boikot “Mulan”, Pemerannya Dituding Warga AS Naturalisasi

Demonstran Hong Kong Serukan Boikot “Mulan”, Pemerannya Dituding Warga AS Naturalisasi

Internasional
Share the knowledge

Liu Yifei, aktris yang akan membintangi film Disney remake, “Mulan”, memancing kontroversi ketika dia menyatakan mendukung polisi Hong Kong, di tengah protes para demonstran yang menuduh polisi menggunakan kekuatan berlebihan untuk memadamkan kerusuhan.

“Saya mendukung kepolisian Hong Kong. Anda semua dapat menyerang saya sekarang. Sayang sekali bagi Hong Kong,” tulis Liu di Weibo, medsos Cina mirip Twitter. Segera saja orang-orang mulai memposting #BoycottMulan di Twitter, medsos yang dilarang di Cina, CNN melaporkan Jumat (16/8/2019).

Pengguna Twitter menuduh aktris itu mendukung kebrutalan polisi, dan menyebut fakta bahwa dia adalah warga negara Amerika Serikat (AS). “Liu adalah warga negara AS yang dinaturalisasi. Pasti menyenangkan. Sementara itu dia marah pada orang-orang yang memperjuangkan demokrasi,” cuit seseorang.

Namun di sisi lain, dia juga menerima banyak pujian di Weibo. Hampir semua komentar di postingan Liu menggemakan dukungan untuk polisi Hong Kong dan Beijing. “Percaya pada pemerintah, percaya pada pusat (pemerintah Cina), percaya pada negara,” tulis satu komentar.

Postcomended   6 Agustus dalam Sejarah: Pria Rendah Hati Ini Bidani Kelahiran WorldWideWeb

Protes yang dimulai pada Juni sebagai demonstrasi massa damai yang menentang RUU ekstradisi yang sekarang ditangguhkan, telah berubah menjadi sesuatu yang jauh lebih gelap dan lebih keras, dengan sering terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi.

Liu bukan satu-satunya selebritas Cina yang cemas. Jackie Chan, ikon film seni bela diri dan penduduk asli Hong Kong, menyerukan perdamaian, Kamis (15/8/2019), dalam sebuah wawancara dengan penyiar stasiun TV CCTV Cina.

Dia, juga, diledakkan di Twitter karena nada nasionalis pada pesannya. Pada satu titik, dia berkata dalam bahasa Mandarin, “Saya merasa bangga menjadi orang Cina di mana-mana. Bendera merah berbintang lima dihormati di mana-mana.”

Tokoh-tokoh publik lainnya, aktor dan penyanyi seperti Tony Leung Ka-fai dan Daniel Chan telah berbicara menentang kekerasan dan vandalisme yang dilakukan pemrotes. Sementara itu bintang pop, Denise Ho, keluar dengan dukungan kuat dari para pengunjuk rasa. Dia bahkan memberikan pidato tentang protes di pertemuan PBB bulan lalu.

Postcomended   Penampakan Mobil Terbang Uber di Ajang CES 2018

Selebritas di luar Hong Kong dan Cina juga ikut nimbrung. Kim Eui Sung, aktor Korea Selatan yang membintangi film kiamat zombie 2016, “Train to Busan”, menyatakan dukungan untuk para pengunjuk rasa di akun Instagram-nya.

Di medsos berbagi foto dan video itu, Kim menulis, “Kami melihat Anda, berdoa untukmu. #freehongkong.” Setelah dibombardir komentar kritis pro-Beijing, dia memposting foto lain, foto “Tank Man” yang terkenal dari peristiwa pembantaian Lapangan Tiananmen.

Merek minuman olahraga Pocari Sweat juga disemangati oleh para pengunjuk rasa namun diboikot pihak oposisi setelah perusahaan tersebut menarik iklan dari penyiar lokal yang dianggap pro-Beijing.

Diutip dari laman Variety, film “Mulan” remake dijadwalkan akan tayang pada Maret 2020. Sejumlah nama besar turut terlibat mulai Eddie Murphy sebagai Mushu naga, hingga actor kungfu kawakan Jet Li sebagai Kaisar Cina, dan Gong Li sebagai penyihir.

Postcomended   Terseok-seok Digempur Persaingan, Bayer Berencana Menjual Dr Scholl

Film “Mulan” baru ini adalah film live-action remake dari film animasi klasik 1998 tentang seorang pejuang Cina wanita, yang disutradarai Niki Caroi.***


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work