Qatar bans goods from UAE, Saudi as embargo anniversary approaches ... Middle East Monitor A store attendant tidies the shelves at Al Meera market in Doha, Qatar on June

Qatar bans goods from UAE, Saudi as embargo anniversary approaches … Middle East Monitor A store attendant tidies the shelves at Al Meera market in Doha, Qatar on June

Hampir satu tahun diboikot oleh empat negara tetangganya, Qatar memutuskan melupakan mereka. Dengan nada dendam, Kementerian Ekonomi Qatar memerintahkan toko-toko membongkar rak-rak produk impor dari empat negara itu, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir, dan memastikan toko-toko itu patuh pada larangan tersebut.

Menurut surat edaran yang diterima toko-toko pada Sabtu (26/5/2018), negara kaya gas ini memutuskan berhenti mengonsumsi barang dari keempat negara tersebut. Sementara Saudi yakin ekonomi Qatar akan hancur akibat embargo tersebut, Qatar bertekad mengalahkan Saudi.

Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir, memangkas hubungan ekonomi dan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni 2017. Mereka menuduh negara ini membiayai kelompok teroris dan memiliki hubungan dekat dengan Iran. Qatar menolak tuduhan itu.

Postcomended   Masyarakat Kecamatan Cijeungjing, Kabupatén Ciamis akan menggelar prosesi Adat Ngikis

Keretakan hubungan ini memaksa Qatar mengalihkan rute impor ke Kuwait dan Oman, dan membeli barang dari Iran dan Turki. Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan susu dan daging sapi yang awalnya diimpor dari Saudi, kini mereka mendatangkannya dari Jerman dan Amerika Serikat (AS).

Qatar selama ini sangat bergantung pada bahan makanan impor yang sepertiganya berasal dari Arab Saudi dan UEA. Untuk itu, Qatar saat ini harus mencari alternatif demi memenuhi kebutuhan warganya selama mengalami embargo dari negara-negara tetangga tersebut.

Tak hanya embargo makanan, keempat negara tersebut juga menyetop hubungan transportasi dengan Qatar. Arab Saudi menutup satu-satunya perbatasan dengan Qatar, akibatnya membuat salah satu impor yaitu susu menjadi terkendala.

Postcomended   Penyuka Gulat Sumo Ini Menjadi Pria Tertua yang Masih Hidup

Ekonomi Qatar Bakal Kalahkan Saudi
Menurut data Dana Moneter Internasional (IMF), Qatar yang memiliki salah satu dana kekayaan sovereign terbesar di dunia, berhasil “menyerap” kejutan embargo ini. Ekonomi tumbuh lebih cepat dari sebagian besar negara tetangganya tahun lalu dan diperkirakan akan mengungguli tahun ini.

Qatar menanggapi embargo tersebut dengan membangun jalur perdagangan baru melalui Turki dan Iran. Kedua negara ini bersedia memberikan alternatif akses udara dan akses darat.

The Wall Street Journal melaporkan, Qatar telah berhasil menahan tekanan. Pemerintah Qatar mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menyerah kepada tetangga-tetangga mereka itu.

“Mereka tidak ingin kita membuat keputusan, mereka ingin membuat keputusan untuk kita, mereka pikir kami akan menyerah dan melakukan apa yang mereka katakan kepada kita. Itu tidak akan pernah terjadi,” kata direktur kantor komunikasi pemerintah, Sheikh Saif bin Ahmed Al-Thani. (***/Bloomberg/BBC/WSJ)

Share the knowledge