Kicauan Twitter ditambah 280 karakter? - BBC Indonesia BBC660 × 371Search by image Hak atas foto Reuters

Kicauan Twitter ditambah 280 karakter? – BBC Indonesia BBC660 × 371Search by image Hak atas foto Reuters

Ciri khas Twitter yang “irit” kata sehingga memaksa penggunanya yang doyan “ngajar” untuk melakukan kuliah twitter alias kultwit, boleh jadi akan sedikit berkurang. Pasalnya mulai 7 November 2017, Twitter resmi meluncurkan tweet (cuitan) sebanyak 280 karakter. Penerapannya pada seluruh pengguna akan terjadi bertahap. Lucunya, pihak Twitter justru berharap pengguna akan sedikit lebih “gila” begitu mereka mendapatkan akses ke 280 karakter.

 

Twitter mengecualikan pembaharuan ini untuk Cina, Korea dan Jepang. Pasalnya bahasa ketiga negara ini dengan huruf kanjinya telah memungkinkan untuk memasukkan lebih banyak informasi ke dalam 140 karakter.

Namun, perusahaan memutuskan untuk tidak bergantung pada bahasa sistem atau lokasi pengguna untuk menerapkan berbagai batasan ini. “Banyak orang tinggal di luar negeri atau melakukan perjalanan secara teratur,” jelas perancang produk Twitter, Josh Wilburne, dalam sebuah posting blog.

Postcomended   Ada 875 Stasiun Pengisian Listrik, Namun Indonesia Masih 10 Tahun Lagi Terapkan Mobil Listrik

Selain itu, kata Wilburne, ini untuk mengantisipasi banyaknya orang menciap menggunakan beberapa bahasa dalam satu tweet. Karena itulah akhirnya Twitter memutuskan untuk mendeteksi bahasa setiap ciapan dengan cepat, dengan batas karakter yang tersisa akan ditampilkan dengan kombinasi isyarat visual dan numerik.

Twitter sepenuhnya mengharapkan orang untuk sedikit “gila” begitu mereka mendapatkan akses ke 280 karakter. Setidaknya itulah yang terjadi saat perusahaan tersebut pertama kali menguji fitur tersebut pada September lalu.

“Orang-orang yang ikut tes sangat tertarik dengan ruang ekstra di awal dan banyak tweet berjalan melampaui 140,” tulis manajer produk Twitter, Aliza Rosen, dalam sebuah posting blog pada Selasa.

“Orang (yang ikut tes) melakukan hal-hal konyol (kreatif!), seperti menulis beberapa karakter per baris untuk membuat tweet mereka lebih besar,” lanjutnya. Itu kata Rosen, adalah efek sementara dan tidak bertahan lama. Pihaknya berharap dapat melihat beberapa efek baru ini meningkat lagi dengan peluncuran fiturb280 karakter tersebut pada minggu ini dan berharap untuk segera kembali ke perilaku normal.

Postcomended   Alih-alih iPhone 8, Apple Unggulkan iPhone X

“Setelah semuanya tenang, hanya 5 persen tweet yang dikirim oleh orang-orang yang memiliki akses ke fitur ini selama tes terakhir, memiliki lebih dari 140 karakter. Hanya 2 persen tweet yang melebihi 190 karakter,” ujar Rosen.

Di sisi lain, lanjutnya, selama tes perusahaan, orang-orang yang memiliki akses ke tweet yang lebih panjang, lebih banyak terlibat. Bercuit dengan lebih banyak karakter, tampaknya lebih banyak disukai daripada tweet dengan karakter lebih sedikit.

Terlebih lagi, pengguna dengan akses ke tweet 280 karakter akan lebih sering manteng di laman Twitter; sebuah metrik yang seharusnya membuat investor senang.

Postcomended   Australia Tolak Kedatangan Pentolan Anti-vaksin

Omong-omong, Twitter memutuskan merilis fitur baru ini beberapa menit sebelum pesaingnya, Snap, dijadwalkan merilis laporan pendapatan Q3-nya.(***/variety)