Ikut Patungan, Foto Donatur Bakal Terpampang di Badan Pesawat R80 ... Kompas Ekonomi780 × 390Search by image Hanya dengan berdonasi Rp 100.000, foto donatur bisa nampang di badan pesawat purwarupa R80 rancangan

Ikut Patungan, Foto Donatur Bakal Terpampang di Badan Pesawat R80 … Kompas Ekonomi780 × 390Search by image Hanya dengan berdonasi Rp 100.000, foto donatur bisa nampang di badan pesawat purwarupa R80 rancangan

Ingin wajah anda terpampang di badan pesawat R80 rancangan BJ Habibie? Menyumbanglah untuk pembuatannya. Sumbangan minimal Rp 100 ribu hingga 700 ribu yang digalang Kitabisa.com, situs penggalangan dana masal (crowdfunding). Penggalangan dana secara crowdfunding ini diakui merupakan bagian dari upaya mempercepat pengumpulan dana untuk membangun R80 yang membutuhkan Rp 200 miliar. Data terakhir menunjukkan dana yang terkumpul sudah sekitar Rp 500-an juta dari target Rp 5 miliar.

Menurut pihak PT Regio Aviasi Industri (RAI), crowdfunding ini di luar yang dibutuhkan perusahaan milik keluarga Habibie ini untuk mengembangkan usahanya sebesar Rp 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 20 triliun. Presiden RI ke-3 ini yang langsung mengumumkan program crowdfunding tersebut, Kamis (28/9/2017).

Situs Kitabisa.com adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online. Dikutip dari situs resminya, situs ini mulai beroperasi sejak 2013, yang memfasilitasi para penggagas penggalangan dengan para calon donaturnya. Tak melulu untuk bantuan kemanusiaan tapi bisa juga untuk tujuan kreatif termasuk pengembangan pesawatnya Habibie ini.

Soal Bikin Pesawat, Indonesia Masih Di Atas China - Indo Defense Blog Indo Defense - blogger1000 × 750Search by image Soal Bikin Pesawat, Indonesia Masih Di Atas China

Soal Bikin Pesawat, Indonesia Masih Di Atas China – Indo Defense Blog Indo Defense – blogger1000 × 750Search by image Soal Bikin Pesawat, Indonesia Masih Di Atas China

Situs ini bersifat open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa.com selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa klik di sini: Syarat & Ketentuan dan FAQ.

Postcomended   R80: Pesawat Rancangan Habibie yang Bakal Lebih Canggih daripada Buatan Prancis

Salah seorang yang pernah memanfaatkan situs ini adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil dengan judul “Ridwan Kamil untuk Rohingya”. Dari target Rp 1 miliar, dia berhasil mengumpulkan hingga sekitar Rp 5 miliar.

Selain menjanjikan wajah kita nampang di badan pesawat, PT RAI juga memberikan hadiah lain tergantung jumlahnya. Untuk donasi Rp 100.000, hanya mendapat peluang foto donatur nampang di badan pesawat. Untuk donasi Rp 200.000, juga akan mendapatkan satu kaos eksklusif R80. Menyumbang Rp 300.000, akan mendapatkan hoodie eksklusif R80. Sedangkan donasi Rp 700.000, juga bakal dapat jaket bomber eksklusif R80.

Postcomended   R80: Pesawat Rancangan Habibie yang Bakal Lebih Canggih daripada Buatan Prancis

Hingga 28 September 2017, sudah terkumpul 1.592 donatur dengan total donasi Rp 465.911.035. Penggalangan dana akan berlangsung hingga 63 hari ke depan.

Dengan cara crowdfunding ini, Habibie yang juga Presiden PT RAI ini berharap R80 akan menjadi pesawat dari rakyat untuk rakyat yang sebenarnya. “Ini saya buat untuk anak cucu kita, bukan untuk saya sendiri,” ujar Habibie, dikutip dari Tempo.

Pesawat R-80 akan terbang tahun 2019? JakartaGreater673 × 373Search by image ... kita harus melihat juga bagaimana kapasitas PT DI, bantuan apa yang bisa diberikan PT DI, bagaimana positioning-nya. Ini belum ada keputusan masih dalam ...

Pesawat R-80 akan terbang tahun 2019? JakartaGreater673 × 373Search by image … kita harus melihat juga bagaimana kapasitas PT DI, bantuan apa yang bisa diberikan PT DI, bagaimana positioning-nya. Ini belum ada keputusan masih dalam …

Pihak PT RAI mengatakan, penggalangan dana untuk pesawat “reinkarnasi” N250 ini tidak bertumpu pada crowdfunding tersebut, melainkan juga dari investment bankers, maupun dicarikan oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Postcomended   R80: Pesawat Rancangan Habibie yang Bakal Lebih Canggih daripada Buatan Prancis

Menurut Habibie, dunia dirgantara Indonesia saat ini mengalami kemunduran, padahal sumber dayanya tersedia. “Kalau R80 tidak mengudara maka dengan itu kita boleh anggap sejarah dirgantara Indonesia berakhir,” ujarnya.

Dilansir Kompas, prototipe R80 akan diujiterbangkan pada 2020. Produksi masal baru akan dilakukan pada 2025 setelah melewati proses sertifikasi. R80 dirancang untuk penerbangan jarak pendek-menengah.

Pada Juni 2017, program yang dibesut PT RAI ini telah ditetapkan sebagai satu dari 248 Program Strategis Nasional (PSN) dengan sudah terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No.58/2017 tentang PSN.***