Meikarta Sebagai Pendobrak Properti Indonesia | Republika Online Republika830 × 556Search by image Sejumlah konsumen melihat letak posisi unit apartemen melalui maket kaca bawah saat peluncuran perdana Kota Baru

Meikarta Sebagai Pendobrak Properti Indonesia | Republika Online Republika830 × 556Search by image Sejumlah konsumen melihat letak posisi unit apartemen melalui maket kaca bawah saat peluncuran perdana Kota Baru

Sebuah kota baru berskala internasional akan segera berdiri tak jauh dari Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Megaproyek yang dikomandoi grup Lippo ini bernama Meikarta. Dengan total nilai proyek lebih dari Rp 278 trilliun, Meikarta akan menjadi proyek investasi Lippo terbesar yang pernah dikerjakan selama 67 tahun sejarah berdirinya kelompok ini.

Lokasi kota raksasa ini berada di jantung ekonomi Republik Indonesia (RI), yakni di koridor Jakarta-Bandung. Seperti diketahui, 60 persen ekonomi nasional RI berada di kawasan Jakarta-Botabek-Bandung.

Dari angka tersebut, 70 persennya berputar di kawasan Bekasi-Cikarang, yang jumlah penduduknya akan mencapai 15 juta dalam 20 tahun ke depan. Maka diperkirakan, keseluruhan pusat perekonomian RI akan berada di sini.

Kota raksasa modern Meikarta berada di tengah tengah koridor ini, yang dikelilingi
beberapa kota baru seperti Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, dll.

Di koridor ini pula pusat keseluruhan industrialisasi RI berada. Lebih dari satu juta mobil, 10 juta motor, dan jutaan kulkas, TV dan alat alat rumah tangga lainnya, diproduksi per
tahunnya di kawasan ini.

Ribuan perusahaan raksasa nasional dan multi-nasional memiliki basis di dalam koridor ini, sebut saja di antaranya Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung. Perusahaan-perusahaan ini mempekerjakan ratusan ribu staf dan karyawan, serta jutaan pekerja lainnya.

Tanpa disadari, di sinilah pulalah segala talenta, sumber daya manusia trampil, terpelajar,
dan hebat, bekerja dan berhuni.

Dengan dukungan itu semua, Meikarta akan menjadi kota modern terlengkap, terindah, dengan infrastruktur paling lengkap di Asia Tenggara.

CEO Kelompok Lippo, James Riady, mengatakan, Meikarta bagi Lippo adalah pembangunan kota baru yang ke-9. “Namun ini akan menjadi yang terindah dan lengkap,” ujarnya.

Postcomended   Istri Munir Ogah Pilih Jokowi Lagi

Mengenai Meikarta, pengamat ekonomi, Didik J. Rachbini, mengatakan, di tengah tengah kelesuan ekonomi global dan regional dan rendahnya semangat berinvestasi, Lippo sekali lagi hadir menciptakan ide ide baru, dan ketekunan terus membangun di dalam negeri serta menciptakan lapangan kerja yang meluas.

Nama Meikarta diambil, dengan suatu visi untuk menciptakan kota yang lebih indah daripada kota Jakarta. Meikarta dan sekitarnya, akan memiliki potensi riil menjadi kota terpenting di seluruh RI.

Saat ini, pemerintah pusat sedang bergerak cepat membangun beberapa infrastruktur penting di kawasan ini, dengan visi ingin menjadikan koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung ini bagai Shenzhen-nya Indonesia serta sebagai
pusat ekonomi terpenting di seluruh tanah air.

Pemerintah sedang mencukupi segala kebutuhan infrastruktur dasar untuk menunjang pembangunan di kawasan ini seperti dengan membangun jalur kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung dengan investasi Rp 65 trilliun, pembangunan Patimban Deep Seaport bernilai Rp 40 trilliun, pembangunan lapangan terbang baru Kertajati International Airport bernilai Rp 23
trilliun, pembangunan APM Monorail yang menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta, dan pembangunan Tol “Jakarta-Cikampek Elevated Highway” bernilai Rp 16 trilliun.

Direktur Lippo Design Institute, Alwi Sjaaf, mengatakan, Meikarta akan dibangun dengan menyajikan keunikan pola desain New York City dengan traffic-efficient grid system dan satu “Central Park” yang luas. “Desainnya akan sangat memperhatikan lingkungan hidup modern yang ramah lingkungan, serta infrastruktur yang sangat kekinian,” ujar Alwi.

Meikarta sendiri dalam tahap pertama sudah memulai pembangunan 250 ribu perumahan, yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan.

Pembangunan Meikarta seluas 22 juta meter persegi tahap pertama, sudah dirancang sejak
2014. Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016 dengan dibangunnya sekaligus
sampai seratus gedung pencakar langit masing masing 35 sampai 46 lantai. Kini, 50 gedung sudah akan siap dihuni pada Desember 2018.

Postcomended   Samsung, Perkasa di Tengah "Tradisi" Skandal Keluarga

Total pekerja yang akan mencapai 65 ribu orang merupakan penciptaan lapangan kerja tersendiri.
“Kondisi di lapangan menunjukan adanya dinamika pembangunan seperti pembangunan Shenzhen pada tahap awal,” demikian disebutkan dalam siaran pers Meikarta.

Ke depannya, Meikarta diharapkan dan diperkirakan bakal menjadi bagian dari solusi kemacetan, kepadatan, dan tekanan sosial yang biasa terjadi di Jakarta.

Mengenai kisaran harga tanah di sekitar koridor Bekasi-Cikarang, adalah sekitar Rp18-20 juta per meter persegi. Namun dalam penjualannya, pihak Meikarta akan memangkas harga tersebut sebesar 50 persen, yakni menjadi di bawah Rp 12,5 juta per meter persegi.

Kepemilikan rumah di Meikarta akan memakai skema kredit pemilikan rumah/apartemen 20-25 tahun dengan bunga dimulai dari 8,25 persen. Caranya, cukup menyerahkan booking fee Rp 2 juta, lalu selanjutnya membayar uang muka
sebesar 10 persen.

Meikarta menjamin investasi penghunian terbaik di Asia Tenggara karena investasi masif infrastruktur dan fasilitas yang dibangun.

Sebagai sebuah kota bertaraf internasional, Meikarta juga akan dilengkapi infrastruktur dan fasilitas berskala dan bertaraf dunia, seperti pembangunan tujuh pusat perbelanjaan dengan luas total 1,5 juta meter persegi, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional (International Financial Center), 10 hotel internasional berbintang lima, perpustakaan nasional, teater opera dan pusat seni, 100 sekolah dasar (SD) internasional dan nasional plus, lima puluj SMP/SMA nasional dan internasional, tiga universitas, pusat riset industri, international exhibition centre, dan Indonesian Silicon Valley.

Selain itu di Meikarta juga akan dibangun lima pilar dan pusat-pusat novasi, yakni:
1. Innovative Infrastructure & Transportation.
2. High Tech CBD & Research Hub.
3. Business & Commercial Hub.
4. Green Sustainable Living.
5. Center for the Arts, Culture & Education.

Tahap pertama pembangunan Meikarta direncanakan akan selesai dalam waktu tiga tahun walaupun akan mulai bisa dihuni pada Desember 2018.

Presiden Meikarta, Ketut Budi Widjaja menyebutakan bahwa pihaknya telah mendapatkan dukungan pemda (Pemprov Jawa Barat). “Kami senang bisa memiliki kesempatan ikut membangun sesuatu yang unik bagi bangsa dan masyarakat kita,” ujarnya.

Postcomended   Daging Merah Tidak "Haram", Kurangi Saja,

Total investasi Meikarta berasal dari kelompok Lippo sendiri dan mitra-mitranya. Selain itu, pada bagian tertentu akan didukung kemitraan investasi dari partner global seperti dari kelompok Mitsubishi, Toyota, dan Sanko Soflan.
Sementara untuk pekerjaan pembangunan dan konstruksi, akan dikelola oleh Lippo
sendiri bekerja sama dengan kontraktor kontraktor nasional seperti Total Bangun Persada,
Wika, PP, dll.

Presiden Kelompok Lippo, Theo Sambuaga menyebutkan, Meikarta merupakan bagian dari
pembangunan bangsa yang memperhatikan peningkatan standar hidup yang baru. “Kami
bangga tim kita sendiri mampu mempersembahkan konsep baru yang dinamis.”

Sementara itu, mantan menteri pertambangan era Soeharto, Ginanjar Kartasasmita, mengatakan salut atas terobosan baru yang dipelopori
Lippo dengan keberanian investasi yang besar seperti yang dilakukan untuk Meikarta.

Kelompok Lippo adalah salah satu kelompok nasional terkemuka di Indonesia yang telah
berbakti secara konsisten selama 67 tahun yang didukung 112 ribu staf dan karyawan, serta melayani lebih dari 60 juta nasabah dan pelanggan.***