Ekonomi

Diberi Trump Tarif Curam, Uni Eropa Menyiapkan Pembalasan

Harley-Davidson Terancam Dampak Perang Tarif Trump-Uni Eropa ... Kompas Otomotif Donald Trump dengan dua unit Harley Davidson.

Harley-Davidson Terancam Dampak Perang Tarif Trump-Uni Eropa … Kompas Otomotif Donald Trump dengan dua unit Harley Davidson.

Tak hanya kepada Cina, Presiden AS Donald Trump, rupanya berani juga cari gara-gara terhadap para sekutu tradisionalnya, setelah pada Kamis dia mengumumkan akan memberlakukan tarif curam pada produk baja dan aluminium asal Kanada, Meksiko, dan Uni Eropa (UE). Negara-negara ini pun segera merancang pembalasan. Jeans Levi’s, motor Harley-Davidson, dan wiski bourbon, bakal kena getahnya. Perang dagang skala penuh siap meletus.

Besaran tarif yang ditetapkan AS terhadap dua komoditas impor tersebut adalah 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium. Ketentuan ini menurut Menteri Perdagangan, Wilbur Ross, Kamis, akan mulai berlaku pada tengah malam Jumat (masuk tanggal 1/6/2018).

Kanada, Meksiko, dan UE, pun menyatakan akan membalas perlakuan Trump ini dengan akan segera mengumumkan tarif mereka sendiri terhadap produk-produk Amerika Serikat (AS).

Postcomended   Wujudkan WBK, Badan Litbangkes Bangun Zona Integritas

Presiden komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, menyebut langkah AS ini “tidak adil” dan mengatakan UE tidak punya pilihan selain membalas. “Kami akan membela kepentingan Union, sesuai hukum perdagangan internasional,” tambahnya. Brussels bersiap menyasar tarif terhadap jeans Levi’s, motor Harley-Davidson, dan wiski bourbon.

Inggris, yang memiliki harapan menyetujui kesepakatan liberalisasi perdagangan dengan AS setelah Brexit, mengungkapkan kekhawatirannya. Liam Fox, sekretaris perdagangan internasional, mengancam AS membawa Washington ke pengadilan WTO.

Berbicara kepada Sky News, Fox mengatakan tarif “benar-benar tidak masuk akal” dan mendesak AS untuk berpikir lagi. “Akan sangat disayangkan jika kita berakhir dalam perselisihan perdagangan dengan rekan-rekan terdekat kita.”

Theresa Mei dikabarkan akan mengangkat masalah ini pada pertemuan negara-negara industri G7 di Kanada,minggu depan.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menyebut tarif AS itu ilegal dan salah. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, penetapan tarif AS ini selain menyangkut baja dan aluminium, juga akan berdampak pada jeruk, wiski dan produk makanan lainnya.

Postcomended   Kotawaringin Barat Jadikan Pariwisata Sebagai Leading Sektor

Trump mengumumkan tarif baja dan aluminium di seluruh dunia pada Maret, terkait kekhawatiran pemerintah tentang keadaan produksi baja dan aluminium dalam negerinya sendiri.

Keputusan Trump ini disinyalir dapat menaikkan harga berbagai produk sehari-hari di AS, selain akan menempatkan AS dalam sengketa perdagangan di lebih dari satu front. Secara terpisah, AS telah bergerak maju menerapkan tarif pada barang-barang Cina.

Trump memberlakukan penetapan tarif baja dan aluminium ini di bawah undang-undang tahun 1962 yang memberi presiden kekuasaan yang luas untuk meningkatkan atau menurunkan tarif atas barang-barang yang dianggap penting bagi keamanan nasional.

Pengumuman Trump mengangkat stok baja dan aluminium lokal karena memperoleh manfaat dari denda terhadap pesaing asing mereka. Baja AS naik 3%, tetapi pasar yang lebih luas tenggelam karena ketakutan perang perdagangan. Dow jatuh sekitar 200 poin.(***/CNN/theguardian)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top