Ekonomi

Diboikot Coinbase, Wikileaks Serukan “Blokade Global” terhadap Broker Bitcoin Ini

Coinbase is launching instant purchases and ditching the 3-5 day ... TechCrunch coinbase-instant

Coinbase is launching instant purchases and ditching the 3-5 day … TechCrunch coinbase-instant

WikiLeaks kelimpungan. Setelah diembargo Visa, MasterCard, dan PayPal, yang secara efektif memotong dukungan finansial bagi organisasi whistleblower ini, baru-baru ini tanpa alasan jelas broker bitcoin terbesar di dunia, Coinbase, menyatakan akun Wikileaks telah

melanggar persyaratan pihak Coinbase, sehingga aksesnya ke Coinbase ditutup. Padahal sejak boikot Visa dkk itu, Wikileaks praktis hanya mendapat dukungan finansial dari donasi bitcoin melalui Coinbase. Mereaksi hal ini, Wikileaks melalui Twitter menyerukan “blokade global” atas Coinbase. Bagaimana tidak, satu alamat toko online Wikileaks diketahui bisa memberi Wikileaks hingga Rp 300 miliar.

Gerai dagang resmi Wikileaks, @WikiLeakShop, mengatakan, Coinbase telah menyalahkan suspensi (penangguhan) atas peraturan keuangan Amerika Serikat (AS), meskipun tidak jelas pelanggaran apa yang terjadi, jikapun ada pelanggaran.

Meminta tanggapan atas seruan “blokade global” dari @WikiLeakShop tersebut, seorang juru bicara Coinbase mengatakan kepada The Independent, “Untuk melindungi privasi pelanggan, kami tidak mengomentari akun-akun individu.”

Organisasi whistleblower (pelapor pelanggaran) ini mengumumkan di Twitter: “WikiLeaks akan meminta blokade global Coinbase minggu depan sebagai anggota tidak sah dari komunitas kripto.”

“Coinbase, prosesor bitcoin California terbesar, telah memblokir @WikiLeaksShop yang tidak berbahaya dalam keputusan yang disetujui oleh manajemen.” WikiLeaks Shop lalu menerbitkan tangkapan layar (screenshot) pesan yang disebut telah diterima dari Coinbase.

Postcomended   Boss Korean Air Pecat Dua Anak Perempuan Pemarahnya: Ketika Chaebol Menguasai Ekonomi Korea

Pesan dari Coinbase itu menyatakan, “Setelah meninjau dengan saksama, kami yakin akun Anda telah terlibat dalam penggunaan terlarang yang melanggar Persyaratan Layanan kami dan kami menyesal untuk memberitahu Anda bahwa kami tidak dapat lagi memberikan Anda akses ke layanan kami.”

Pesan selanjutnya, “Kami dengan hormat meminta Anda untuk mengikuti petunjuk di layar yang disajikan saat Anda masuk ke akun Coinbase Anda, untuk mengirim sisa saldo ke luar ke alamat eksternal.”

WikiLeaks telah menerima donasi bitcoin untuk membantu mendukung platform-nya dan mendanai biaya hukum pendirinya, Julian Assange, yang telah menghabiskan hampir enam tahun di kedutaan Ekuador di London.

Mata Uang Kripto

Organisasi ini pertama kali mulai menerima sumbangan cryptocurrency (mata uang kripto) pada tahun 2010 setelah embargo ekstra yudisial oleh Visa, MasterCard, dan PayPal, yang secara efektif memotong dukungan keuangan untuk WikiLeaks. Satu alamat bitcoin yang digunakan oleh WikiLeaks untuk menerima donasi telah menerima lebih dari 4.000 bitcoin, senilai sekitar 25 juta pounsterling (sekitar Rp 370 miliar) dengan harga hari ini.

Postcomended   10 Event Lebaran untuk Mengisi Liburan Di Jakarta

Cryptocurrency, seperti dikutip dari Medium.com, adalah teknologi mata uang digital yang menggunakan kriptografi; suatu ilmu yang mempelajari cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga, sehingga data tidak dapat dipalsukan. Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan beli dan jual dari para pengguna teknologi ini.

Boikot Visa dkk itu terjadi seminggu setelah Jaksa Agung New York meluncurkan penyelidikan ke Coinbase dan 12 bursa cryptocurrency utama lainnya. Investigasi ini diduga merupakan pendahuluan untuk regulasi yang lebih ketat pada pertukaran bitcoin, karena pihak berwenang berusaha untuk memastikan perlindungan yang lebih besar bagi pelanggan mereka.

“Dengan cryptocurrency yang meningkat, konsumen di New York dan di seluruh negeri memiliki hak untuk transparansi dan akuntabilitas ketika mereka menginvestasikan uang mereka,” kata Jaksa Agung Schneiderman.

“Namun belakangan ini terlalu sering konsumen tidak memiliki fakta dasar yang mereka butuhkan untuk menilai keadilan, integritas, dan keamanan dari platform perdagangan. Inisiatif Integritas Pasar Virtual kami menetapkan untuk mengubah kondisi itu, dan mempromosikan akuntabilitas dan transparansi di pasar mata uang virtual bahwa investor dan konsumen layak menerimanya.”

Postcomended   Dengan Memunguti Sampah Kota, Miliarder ini Merasa Stabil

Coinbase

Menurut situs bitcoin.co.id, Coinbase adalah nama sebuah bursa pertukaran (exchange) Bitcoin yang bermarkas di San Fransisco, AS. Coinbase muncul sebagai salah satu Bitcoin Exchange terbesar di dunia yang memperdagangkan Bitcoin dengan dolar AS. Tempat pertukaran (jual beli) ini juga beroperasi sebagai penyedia dompet Bitcoin dengan platform cloud.

Coinbase didirikan oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam pada Juni 2012. Pada Oktober 2012, perusahaan tersebut meluncurkan layanan jual-beli Bitcoin melalui transfer bank.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top