Kontelasi planet-planet di Galaksi Bimasakti

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, sedang mencari “Petugas Perlindungan Planet”, istilah kerennya Officer. Mereka menjanjikan gaji untuk posisi tersebut hingga 187 ribu dolar AS atau setara Rp 2,5 miliar per tahun. Posisi ini akan bekerja penuh waktu (full time), berdasarkan kontrak, bertempat di kantor pusat NASA. Apakah Bumi sedang dalam ancaman makhluk luar angkasa bermata hitam besar?Planetary Protection

Ternyata tak semenegangkan seperti di film-film Holywood itu. Petugas yang direkrut nantinya akan berusaha mencegah setiap mikroba asing menyebar ke Bumi, juga memastikan manusia tidak mengotori Bumi, bulan, dan benda-benda luar angkasa lainnya.

Postcomended   Wallace Biarkan Darwin Menikmati Popularitas sebagai Penemu Teori Evolusi

Konkretnya, dia akan bertanggung jawab memastikan astronot dan robot tak kembali ke Bumi membawa oleh-oleh berupa materi organik berbahaya yang diambil dari luar angkasa. Sebaliknya, dia juga harus memastikan astronot tak mencemari planet lain dengan materi biologis dari Bumi.

Mengenai pekerjaan ini, Catharine Conley, petugas perlindungan planet NASA satu-satunya sejak 2014, mengatakan, hanya ada dua pekerjaan penuh waktu untuk peran itu di dunia, satu di NASA dan yang lainnya di European Space Agency.

Petugas ini nantinya akan berkesempatan melakukan kunjungaj dinas ke pusat antariksa di seluruh dunia dan menganalisis robot planet.

Postcomended   Hanya 13% Bumi Rusak Akibat Tumbukan Asteroid: Bagaimana Dinosaurus Bisa Musnah?

Menurut Business Insider, posisi serupa sebenarnya sudah ada sejak 1969 ketika pemerintah ASl pertama kali mengesahkan UU Eksplorasi Luar Angkasa.

Dalam info lowongan kerjanya, yang bisa dilihat di sini: https://www.usajobs.gov/GetJob/ViewDetails/474414000#btn-add-info, NASA mensyaratkan kandidat yang memiliki latar belakang ilmu teknik yang tak terbatas pada satu disiplin saja.

Gaji yang dijanjikan berkisar antara 124.406 dolar AS (setara Rp1,6 miliar) hingga 187.000 dolar AS (setara Rp 2,4 miliar) per tahun, dengan kontrak minimal selama 3 tahun. Berkas lamaran ditunggu sampai 14 Agustus 2017. ***(ra)

Postcomended   Bintang Kejora Hiasi Langit Subuh Juni 2017