Diduga Rugikan Negara Setengah Triliun, Karen Agustiawan Jadi Tersangka

Ekonomi Nasional
Share the knowledge

Karen Agustiawan, Sukses Besarkan Pertamina Tapi Jadi Tersangka ... Suara Karya Karen Agustiawan, Sukses Besarkan Pertamina Tapi Jadi Tersangka
Karen Agustiawan, Sukses Besarkan Pertamina Tapi Jadi Tersangka … Suara Karya Karen Agustiawan, Sukses Besarkan Pertamina Tapi Jadi Tersangka

Tak terdengar kabarnya sejak tidak lagi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, nama Karen Galaila Agustiawan kembali terdengar, namun dikaitkan dengan kerugian negara sebesar Rp 568 miliar. Atas hal ini, Kejaksaan Agung (Kejakgung) telah menetapkan mantan Dirut perusahaan minyak milik negara ini sebagai tersangka.

Karen dituduh terlibat dalam kasus korupsi terkait dengan investasi perusahaan di blok Basker Manta Gummy (BMG), Australia, pada 2009. Kasus ini dilaporkan telah merugikan negara sebesar Rp 568 miliar.

Dilaporkan situs Tempo, juru bicara Kejakgung, M. Rum, mengatakan, Karen telah ditetapkan sebagai tersangka bersama Genades Panjaitan, Kepala Penasihat Hukum dan Kepatuhan Pertamina, serta Frederik Siahaan, mantan Direktur Keuangan perusahaan. Para tersangka menghadapi dakwaan yang diatur dalam UU No. 20/2001 tentang korupsi.

Postcomended   "The Meg" Dongkel "Fallout" dari Posisi Satu Box Office

Kasus ini muncul pada Mei 2009 ketika Pertamina membeli saham di ROC Oil Company Ltd di Basker Manta Gummy Block, Australia.

Selama penilaian, Kejaksaan menemukan bahwa investasi tersebut telah melanggar pedoman investasi Indonesia. Investasi ini juga dilaporkan dilakukan tanpa persetujuan dari dewan perusahaan.

Dilansir Wikipedia, Karen adalah Dirut Pertamina periode 2009-2014. Pada 2011, Forbes menempatkan dia di posisi pertama dalam daftar “Asia’s 50 Power”. Setelah mengundurkan diri dari PT Pertamina pada 2014, wanita kelahiran Bandung 19 Oktober 1958 ini menjadi guru besar di Universitas Harvard, Boston, Amerika Serikat.

Anak dari utusan pertama Indonesia di Organisasi Kesehatan Dunia dan mantan Kepala Biofarma, Dr. Sumiyatno, ini, lulus dari jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung pada 1983. Ibu tiga anak ini menikah dengan Herman Agustiawan, seorang mantan pegawai di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang sekarang bekerja di Dewan Energi Nasional.

Postcomended   Ada Hotel Instagramable Guys Harga 150 Ribuan di Bali

Karen mulai berkarir di Pertamina sebagai staf ahli direktur utama perusahaan pelat merah ini, untuk bisnis hulu (2006-2008), kemudian dipercaya menjabat sebagai direktur hulu pada 2008 hingga akhirnya ditunjuk rapat dalam umum pemegang saham sebagai Dirut Pertamina pada Februari 2009.***


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work