Digital Branding lewat jasa Digital Agency: Sebagai solusi tepat Bisnis yang Terdampak Social Distancing covid-19

Digital Branding lewat jasa Digital Agency: Sebagai solusi tepat Bisnis yang Terdampak Social Distancing covid-19

Ekonomi Top Trending Berita hari ini
Share the knowledge

Anomali Cyber Media – anomali.my.id – is a Digital Marketing Agency Based In Jakarta, Indonesia. We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign

Pandemi Covid-19 banyak mengubah perilaku masyarakat. Mulai dari belajar secara online di rumah, bekerja secara virtual menggunakan berbagai aplikasi, hingga berbelanja secara online.

Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemasar harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya.

Kondisi ini sebenarnya menantang perusahaan untuk juga mulai mengubah cara berbisnis. Jika Anda saat ini masih menggunakan cara-cara jualan tradisional, kini saatnya mulai belajar dan beralih secara online ke digital marketing.

Atau jika sebelumnya Anda masih menggunakan dua cara yaitu online dan offline, maka saat inilah waktu yang tepat mengalihkan seluruh strategi dan bujet pemasaran Anda ke digital marketing.

Dari dari Forbes menunjukkan, 82% konsumen di dunia saat ini melakukan riset online. Dan, Tech Crunch melaporkan 79% orang perkotaan sudah pernah berbelanja secara online.

Virus corona memang begitu mudah menular dan menyebar, tetapi kita bisa ikut berpartisipasi mencegah dan mengurangi penyebarannya, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menerapkan “Social Distance”. Apa itu social distance?

Social distance adalah tindakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain dan menghindari melakukan kegiatan di keramaian. Berikut 3 bentuk social distancing yang perlu dilakukan?

  • Menghindari keramaian, misalnya situasi, kegiatan, atau acara besar yang dihadiri oleh orang banyak (berdesakan).
  • Mengurangi penggunaan transportasi publik.
  • Dan belajar atau bekerja di rumah untuk sementara waktu.

    Detik Finance Begini Jenis dan Contoh Digital Marketing agar Bisnis Berkembang Images may be subject to copyright. Learn More Related images
    Detik Finance Begini Jenis dan Contoh Digital Marketing agar Bisnis Berkembang Images may be subject to copyright. Learn More Related images

Lalu bagaimana jika mengharuskan kita berada di tempat umum? Tetap waspada dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Serta melakukan pemeriksaan ke rumah sakit bila menunjukkan gejala sakit.

Di Indonesia, hal ini juga sudah diterapkan dan dianjurkan oleh pemerintah, sudah banyak yang berdiam diri dirumah, belajar dan bekerja dari rumah (work from home).

Namun, tahukah kamu banyak pebisnis yang mengeluh dengan adanya social distancing, karena aktivitas bisnis mereka terganggu dan permintaan menjadi menurun akibat berkurangnya interaksi “people to people” (banyak yang melakukan aktifitas di rumah).

Jangan khawatir, “digital marketing” hadir sebagai solusi yang tepat dan efektif untuk untuk menangani social distancing. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat elektronik. Melalui digital marketing, kamu masih bisa mempromosikan bisnis kamu tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen.

Untuk melakukan digital marketing, ada 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan, diantaranya Social Media Marketing, membuat website, SEO (Search Engine Optimization), Content Marketing, atau Google Ads.

Jadi bagaimana Anda menjangkau konsumen ini? jawabannya: Digital Branding lewat jasa Digital Agency.

Hal ini yang dilaksanakan oleh Ivan Garda, S.H, sebagai salah satu direksi dari Garda Law Office dengan menggandeng Anomali Cyber Media dalam mengkampanyekan salah satu produknya yakni Restrukturisasi. Sebagai salah satu Pengacara senior dibidang restrukturisasi mendirikan pusat advokasi bisnis dan resturukturisasi yang dikenal dengan Pabri.id. Didukung oleh beberapa rekan sejawatnya yang juga sudah senior dibidang ini antara lain Dwiguntia Dondy, S.H.

Untuk tetap dapat bertahan di tengah pandemi ini, Ivan Garda Menjelaskan, “para pelaku brand harus bisa menyiasatinya, kalau anda bukan bagian dari solusi artinya anda bagian dari masalah”. “Saya lihat, ditengah pandemi virus corona ini ada ancaman sekaligus peluang.” jelasnya.

SEO (Search Engine Optimization)

Mengingat banyaknya lalu lintas pencarian pada mesin pencari, tentu dapat menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website kamu. Karena semakin banyak yang datang ke website, semakin banyak pula calon konsumen yang bisa kamu dapatkan, tidak terkecuali di tengah kasus  COVID-19 saat ini.

Tetapi untuk mewujudkannya, kamu juga perlu melakukan optimalisasi SEO. SEO adalah optimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik atau “gratis”.

Ada 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website:

  • Optimalisasi website untuk Google Mobile First Index.
  • Tingkatkan kecepatan website.
  • Buat konten yang berkualitas.
  • Buat meta description yang menarik.
  • Lakukan evaluasi kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan.

4. Content Marketing

Selain SEO, content marketing juga menjadi salah satu cara meningkatkan trafik website (jumlah pengunjung) yang datang ke website kamu.

Content marketing adalah pemasaran online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian banyak orang (pembaca) sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ada beberapa jenis konten yang bisa kamu gunakan, seperti artikel, video, audio, atau infografis. Lalu, bagaimana content marketing dapat meningkatkan traffic website?

Setiap pemilik website tentunya menginginkan website mereka memiliki banyak jumlah pengunjung (traffic website) untuk membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

Dengan menyediakan berbagai informasi penting dan bermanfaat pada website, misalnya melalui artikel (blog), akan membuat mereka tertarik untuk datang ke website kamu. Dan konten yang kamu buat juga harus relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan

Sebelum melakukan content marketing, ada 5 strategi yang perlu kamu ketahui:

  • Tentukan tujuan marketing yang jelas, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awareness.
  • Tentukan buyer persona (target audiens).
  • Buat konten yang berkualitas dan sesuai dengan tren.
  • Distribusikan konten yang sudah kamu buat, misalnya pada media sosial, blog pribadi atau berbagai forum diskusi yang sesuai dengan bisnis kamu.

Evaluasi konten yang telah kamu buat untuk melihat perkembangan website kamu setelah melakukan content marketing. Disini kamu bisa memanfaatkan tools Google Analytic.


Share the knowledge

Leave a Reply