Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia - AnakRegular.com ... AnakRegular.com1549 × 897Search by image Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia – AnakRegular.com … AnakRegular.com1549 × 897Search by image Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Kondisi kesehatan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, kembali dispekulasikan. Hal ini karena diktator yang telah memerintah Zimbabwe sejak 1980 ini, pada 9 Juli 2017, dikabarkan oleh surat-surat setempat sedang berada di Singapura untuk perawatan kesehatan.

Namun di usia yang sudah 93 dan dalam kesehatan menurun, Mugabe malah berancang-ancang untuk kembali berkuasa pada 2018.

Dia terakhir berada di Singapura pada Mei 2017. Juru bicara presiden, George Charamba, mengatakan, Mugabe sedang melakukan “pengobatan masalah mata”.

Menanggapi rekaman televisi yang menunjukkan ia tertidur, pemerintah mengatakan ia sedang mengistirahatkan matanya.

Kejadian Mugabe tertidur adalah setelah dia “membela” negaranya dari tudingan sebagai negara gagal, Kamis (4/5/2017), dalam acara Forum Ekonomi Dunia di Afrika, yang berlangsung di Durban.

Dia malah menyebut Amerika Serikat (AS) sebagai negara yang rapuh karena kondisi perekonomiannya sangat bergantung kepada Cina.

Postcomended   28, 29, 30 Agustus: Referendum Bikin Timor Timur Lepas dari Indonesia

“Kami bukan negara miskin, dan kami tak akan bisa menjadi negara yang rapuh,” ungkap Mugabe. “Saya malah bisa menyebut, AS-lah yang rapuh, mereka akan berlutut di hadapan Cina,” kata Mugabe, seperti dikutip AFP.

Direktur Eksekutif LSM Oxfam, Winnie Byanyima, yang hadir di acara sama, seolah menyindir Mugabe. Menurut dia, pemimpin yang menindas harus disalahkan atas masalah di benua tersebut.

“Para pemimpin kita mengatakan kita kaya, mereka mengatakan kita berkembang, mereka mengatakan kita merupakan sumber daya, namun banyak orang tak melihat hal itu,” kata Winnie. Winnie lalu mendorong untuk suatu pemilihan presiden yang bebas dan adil, yang mencerminkan kehendak rakyat.

Presiden 93 tahun ini pun tampak tertidur di akhir sesi diskusi ini.

Meski mengalami kekhawatiran tentang kesehatannya, Mugabe melakukan lebih dari 10 perjalanan ke luar negeri pada 2017 dan berupaya mendapatkan masa jabatan lima tahun lagi pada 2018. Ia memerintah Zimbabwe sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1980.

Postcomended   Soal Legalisasi Ganja yang Berlarut-larut

April 2016, secara mengherankan ribuan warga dibiarkan berunjuk rasa di Ibu negeri ini, Harare, menuntut Mugabe lengser. Ini adalah pemandangan langka, mengingat pemerintah biasanya selalu menekan kelompok oposisi yang berani mengritik pemerintah.

Peserta demonstrasi sudah tidak tahan dengan krisis ekonomi yang memburuk dari hari ke hari di Zimbabwe. Namun Mugabe selalu menolak mundur.

“Saya masih hidup. Untuk apa mencari presiden penerus. Saya tidak pernah bilang periode ini adalah yang terakhir sebelum pensiun,” kata Mugabe saat diwawancara satu televisi.

Dikabarkan, penggerak demonstrasi tersebut adalah Morgan Tsvangirai. Morgan pernah memenangi pemilihan presiden pada 2008. Namun Mugabe ogah keluar istana. Dia memaksa memerintah bersama, sebelum kemudian mendepak Tsvangirai pada 2013.

Selama dua dekade terakhir, kemiskinan merata di semua provinsi. Kekayaan alam berupa tambang berlian dikelola dengan koruptif.

Postcomended   Tempe Siswa Indonesia Terbang ke Antariksa

Hiperinflasi ribuan persen menimpa negara ini delapan tahun lalu. Mata uang negara di selatan Afrika itu sontak tak berharga lagi. Dilaporkan, uang senilai 35 ribu triliun Dolar Zimbabwe cuma bisa dipakai membeli sepotong roti.

Anehnya, di tengah rakyatnya yang kelaparan, Mugabe malah pernah menggelar pesta ulang tahunnya senilai Rp 10 miliar..***(ra)

 

 

Share the knowledge