Ridwan Kamil: Ini 6 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki Millennial di ... Hitsss.com828 × 556Search by image Ridwan Kamil: Ini 6 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki Millennial Era Digital

Ridwan Kamil: Ini 6 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki Millennial di … Hitsss.com828 × 556Search by image Ridwan Kamil: Ini 6 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki Millennial Era Digital

Terbesit sejenak jauh sebelum kertas ada bahkan sampai timbulnya kontroversi yang alih-alih membuat ramai dalam segala perbincangan tentang kertas. Hal tersebut tidaklah lepas dari pesona kertas akan peran serta kegunaannya dari waktu ke waktu di awal munculnya kertas.

Maraknya perbincangan peran dan kegunaan kertas di segala bidang membuat beberapa pihak terkait bahkan para ahli serta beberapa institusi mulai bergerak dengan tujuan yang sama, yaitu mengkaji ulang peran, kegunaan, serta dampak yang timbul di kemudian hari akibat penggunaan kertas.

Bahkan sampai saat ini di era Milenial tahun yang jauh telah berselang lama dari kemunculan kertas di era nya, Eka Tjipta Widjaja sempat membuat beberapa mata terbelalak akan inovasinya di bidang industri kertas.

Tahun 1972 dengan 12.000 ton setiap produksi per tahun itu adalah jumlah yang cukup fantastis dan patut mendapat apresiasi untuk membuat suatu perusahaan kertas tetap berdiri teguh sampai saat ini. Tidak mudah selama 46 tahun berkarya, berinovasi, dan tetap bertahan untuk tetap memberikan yang terbaik demi kebutuhan dan kemajuan bersama di segala bidang dengan pro-kontra yang dihadapi.

Santri Milenial, Santri Zaman Now - Islami[dot]co Islami.co680 × 380Search by image Santri Milenial, Santri Zaman Now

Santri Milenial, Santri Zaman Now – Islami[dot]co Islami.co680 × 380Search by image Santri Milenial, Santri Zaman Now

Sebelum memasuki era milenial seperti saat ini seyogyanya lah kita sebagai manusia insani yang berakhlak hendaknya bersyukur kepada sejarah terutama sejarah mengenai peran serta kegunaan kertas yang telah lama kita pakai, dimana apa yang telah kita pakai selama ini dari bermula yang hanya dari kertas dalam sebuah buku, kertas dalam bentuk alat tukar “uang”, kertas dalam bentuk kitab suci, bahkan sampai kertas dalam penggunaannya sebagai pembungkus.

Postcomended   Berbagi Karya Zaman Dulu vs Zaman Sekarang

Membuat kemajuan dalam berinovasi dan terus berkembang adalah hal yang biasa di mata orang awam, namun pada hakikatnya hal tersebut adalah adalah ide briliant di mata penciptanya.

Penghargaan sebesar-besarnya atas ciptaannya dinyatakan dengan penggunaan hasil ciptaannya yang dipakai untuk hajat orang banyak dan mampu memberi dampak dalam berbagai segi kehidupan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, inovasi yang tidak berkembang membuat segelintir manusia tergelincir akan ide briliantnya yang hanya itu-itu saja.

Oleh karena itu sampai dengan saat ini kertas selalu membuat inovasi dalam segi bentuk, jenis, bahkan kegunaannya, itulah yang menyebabkan kertas masih tetap eksis sampai zaman “now” saat ini.

Perjalanan yang tidak mudah bagi para industriawan bahkan pengguna kertas melewati tantangan untuk dapat membuat kertas tetap eksis di mata masyarakat atau penggunanya itu sendiri, perlu kesadaran yang matang untuk dapat menggeser alih fungsi kertas ke era milenial seperti ini.

Mengingat peran serta fungsinya yang telah melekat selama 46 tahun ini, membuat masyarakat di segala lapisan dan dalam segala bidang akan merasakan dampaknya apabila terjadi alih fungsi secara serentak dan tegas. Oleh karena itu sebenarnya kedudukan kertas pun akhirnya mengalami pergeseran secara bertahap dan tak terasa, namun tak terasa pula perannya mulai sedikit tergantikan oleh yang lain.

Postcomended   Korupsi dan Warisan Budaya Kolonial

Tergantikan oleh yang lain secara bertahap membuat peran serta fungsinya sebenarnya adalah terkikis oleh zaman. Dimana segala pengetahuan yang didapat dari sebuah kertas yang ada dalam buku membuat pengetahuan kepada seseorang yang akan membuat kertas tersebut pada akhirnya akan hilang pada peredarannya di era nya.

Millennials: más apps y menos ads | The Luxonomist - Lujo, economía, moda, lifestyle... theluxonomist.es1000 × 680Search by image Para los próximos 10 años por lo menos, está comprobado que el segmento de mercado al que las marcas de lujo deben poner el máximo de atención son los millennials, puesto que están obligando...

Millennials: más apps y menos ads | The Luxonomist – Lujo, economía, moda, lifestyle… theluxonomist.es1000 × 680Search by image Para los próximos 10 años por lo menos, está comprobado que el segmento de mercado al que las marcas de lujo deben poner el máximo de atención son los millennials, puesto que están obligando…

Di mana segala kertas dengan berbagai bentuk, ukuran, warna, jenis, bahkan kegunaannya pun mulai dialih fungsikan. Tidak hanya satu bidang saja akan merasakan dampak dari ketiadaan kertas, dalam berbagai bidang akan merasakannya pula.

Secara bertahap kertas sebagai surat menyurat, perangko, faksimile, kertas parkir, buku cerita, kertas origami, bahkan kertas ujian nasional tak akan terlihat lagi dan tergantikan oleh bentuk yang lain. Sekali lagi karena inovasi dan kegunaannya yang efisien membuat semua orang atau masyarakat tidak terasa yang akan memilih dengan sendirinya memilih bentuk tersebut. Cepat, aman, nyaman, serta efisien hal tersebut membuat alih fungsi bergerak lebih cepat.

Pada awalnya membaca sebuah pengetahuan hanya dapat dilakukan lewat buku, berkomunikasi dengan cara membuat surat-menyurat dan pada akhirnya menggunakan sms atau bahkan semakin berkembang dengan adanya whatsapp atau lainnya, beribadah dengan membaca beberapa surat-surat suci adalah dengan membawa dan membacanya lewat kitab suci namun saat ini dapat dilakukan dengan alat komunikasi yang terhubung oleh internet, tidak membawa uang ketika akan membeli sesuatu pada saat bepergian maka bisa melakukan penarikkan tunai uang pada alat mesin atm.

Banyak hal yang telah tergantikan fungsinya pada zaman milenial seperti saat ini, namun tidak dapat seutuhnya menggantikan fungsi dan peran kertas secara keseluruhan.

Postcomended   Mata Uang Kripto Terjun bebas, Warren Buffet: Bitcoin Akan Berakhir Buruk

Fungsi dan perannya mungkin tak terlintas bahwa sebenarnya membuat masyarakat hidup sehat, cerdas, dan bahagia dimana manusia dapat hidup sehat karena tumbuhan selain penghasil kertas juga sebagai penghasil utama oksigen di bumi terus dibudidayakan, salah satunya adalah mengingat Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terus berinovasi dan kooperatif terhadap hijaunya bumi pertiwi dan besar pula kontribusinya sebagai pemberi lapangan pekerjaan kepada masyarakat.

Tidak lepas dari itu pula berbagai segi kehidupan bergantung akan adanya dan tercipta kehidupan harmonis dalam kelangsungan di bumi. Hal tersebut tidak lepas pula akan peran serta masyarakat sebagai manusia sebagai makhluk yang paling mulia terhadap titipanNya tumbuhan yang diolah dan salah satunya berupa kertas olahannya untuk dapat dijaga dan dilestarikan.

Mengingat keberhasilan utama dari segala sesuatu baik usaha atau yang kita kenal dengan bisnis ataupun sebuah kehidupan konkret tidak lepas dari tindak tanduk dari makhluk mulia itu sendiri.

Maka dalam hal ini gaya hidup adalah penentu utama keberhasilan, keselarasan, dan keharmonisan sebuah hubungan baik sebagai pencipta, pengolah, maupun sebagai pemakai dalam sebuah lingkungan yang kecil atau bahkan yang lebih besar yaitu bumi kita.

Share the knowledge