Politik

Donald Trump Diduga Curang Lagi dengan Mendiktekan Sendiri Catatan Kesehatannya

4 Hal yang Disorot dari Pidato Suram Presiden Donald Trump - Global ... Liputan6.com Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya usai dilantik menjadi presiden di Capitol Hill, Washington DC, AS, Jumat (20/1).

4 Hal yang Disorot dari Pidato Suram Presiden Donald Trump – Global … Liputan6.com Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya usai dilantik menjadi presiden di Capitol Hill, Washington DC, AS, Jumat (20/1).

Satu per satu kecurangan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terungkap. Setelah terkuaknya skandal surat elektronik (surel) dari pengacara Rusia 

kepada anak tertua Trump terkait isu bantuan informasi negatif mengenai Hilary Clinton dari Rusia untuk memenangkan Trump, disusul kegemparan panen data Facebook oleh konsultan politik Cambridge-Analytica, kini seorang dokter mengaku telah didikte untuk mengesahkan catatan kesehatan Trump sebagai “sangat baik”.

Dilansir CNN, ketika Dokter Harold Bornstein mendeskripsikan kesehatan Trump –yang kala itu, 2015, masih sebagai kandidat Presiden AS– dalam suatu catatan yang membosankan dan dibesar-besarkan, bahasa yang digunakannya sangat mirip dengan gaya yang disukai oleh pasiennya. Tak heran, karena menurut Bornstein, pasiennya itu sendiri yang mendiktekannya.

“Dia (yang) mendiktekan seluruh surat itu,” aku mantan dokter pribadi Trump ini kepada CNN, Selasa (2/4/2018). Dalam surat yang dirilis oleh tim kampanye Trump pada Desember 2015 itu, tertulis bahwa “kekuatan fisik dan stamina Trump luar biasa”.

“Jika Pak Trump terpilih, saya dapat menyatakan dengan tegas, (dia) akan menjadi individu paling sehat yang pernah terpilih menjadi presiden,” tulis Bornstein dalam surat tersebut.

Postcomended   Komisi Persaingan Usaha Singapura Mencurigai Modus Uber

Surat itu tak banyak menawarkan bukti medis selain mengutip tekanan darah 110/65, yang dijelaskan oleh Bornstein sebagai “luar biasa sangat baik”. Surat tersebut juga mengklaim Trump telah kehilangan 15 pon (sekitar 7 kg, berat badan) selama tahun sebelumnya. Dan itu menggambarkan kesehatan jantungnya “sangat baik”.

Dia mengatakan, Trump mendiktekannya ketika Bornstein mengemudi melintasi Central Park. “(Trump) mendiktekan surat itu dan saya akan mengatakan kepadanya apa-apa saja yang tidak bisa dia masukkan ke sana,” katanya.

Sebelumnya Bornstein pernah mengungkapkan bahwa kantornya pada Februari 2017 digerebek oleh pengawal pribadi Trump, Keith Schiller. Schiller disebut menyita rekam medis Trump. Penggerebekan itu terjadi dua hari usai Bornstein mengatakan kepada satu surat kabar AS bahwa Trump selalu meminta resep obat penyubur rambut selama beberapa tahun terakhir.

Insiden tersebut kata Bornstein membuatnya seperti habis “diperkosa”, dan merasa takut dan sedih. Gedung Putih tak menyangkal peristiwa itu, namun seperti dikatakan Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, pihaknya menolak diksi “penggerebekan dan penyitaan”.

Peristiwa itu, kata Sanders, bisa jadi sebuah prosedur standar bagi Gedung Putih untuk memperoleh semua dokumen catatan medis presiden terpilih. “Jadi, dokumen itu hanya dipindahkan ke Gedung Putih, atas permintaan tim kesehatan kepresidenan,” lanjut Sanders.

Postcomended   Kunjungan ke destinasi Chil Cove Bintan Treasure bay

Kecurigaan ihwal kondisi kesehatan Trump telah mencuat sejak masa kampanye 2015. Kecurigaan itu kembali menghangat akhir 2017, yakni jelang pemeriksaan rutin tahunan presiden AS oleh dokter Gedung Putih.

Tahun lalu, dokter Gedung Putih, Ronny Jackson, menyebut Presiden AS (Donald Trump) menerapkan pola hidup tak sehat; kelebihan berat badan, serta jarang berolahraga. Namun hasil pemeriksaan rutin tahunan dokter Gedung Putih yang dirilis Januari 2018 menyatakan bahwa Trump sehat. “Presiden dalam kondisi kesehatan sangat baik, sangat sehat,” kata Jackson, 15 Januari 2018.

Namun sebuah buku yang dirilis awal tahun ini, memicu kembali spekulasi tentang kesehatannya, khususnya kesehatan mental Trump yang dinilai tak layak memimpin negara. Michael Wolff, penulis buku tersebut, mengatakan, semua staf dan asisten Gedung Putih melihat Trump seperti anak-anak. Trump menanggapi tudingan itu dengan mengatakan buku Wolff penuh kebohongan.

Kecurangan-kecurangan Trump

Di awal-awal Trump menduduki jabatan Presiden AS, terkuak satu informasi bahwa anak tertua Trump, Donald Trump Jr, sempat diberi tahu bahwa pemerintahan Rusia membantu ayahnya dalam memenangi pemilu Presiden AS 2016 silam.

Postcomended   Wonderful Indonesia Tebarkan Pesonanya di Dua Event Perancis

Trump Jr mengakui telah bertemu seorang pengacara Rusia setelah dijanjikan akan diberi informasi yang bisa merugikan Hillary Clinton, rival Trump dalam pemilu tersebut. Sebelum pertemuan, Trump Jr sudah diberi tahu melalui surat elektronik bahwa informasi yang dijanjikan itu adalah bagian dari upaya pemerintah Rusia mendukung ayahnya.

Kecurangan lainnya tak lain adalah skandal yang melibatkan situs jejaring sosial Facebook, dimana konsultan politik Cambridge Analytica menambang data 50 juta pengguna Facebook secara tidak sah, untuk kepentingan pemenangan Trump.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top